06 Apr

Daftar Festival Sastra UGM

Petualangan hari ini lanjutkan berkarya di Yogyakarta, sobat!

_20160407_122509

Tepatnya aku ke UGM, Fakultas Ilmu Budaya, untuk mendaftar Festival Sastra yang diadakan selama bulan April-Mei 2016 ini.

_20160407_120446

Festival Sastra? Ya, kawan.. Minatku akan karya fiksi fantasi coba kusalurkan pada momen keren karya mahasiswa UGM, Festival Sastra 2016.

Event yang sudah membudaya setiap tahun di Fakultas Ilmu Budaya ini jadi kesempatan bagus bagi kawan-kawan pecinta sastra untuk mengekspresikan karya sastranya.

Hari ini sih niatku daftar Festival Sastra kategori Lomba Cipta Cerpen. Karena aku sedang di Jogja, ya langsung saja aku ke UGM. Sekalian jelajah kampus.

_20160407_120523

Ehh ternyata.. Daftarnya nggak cuman isi formulir sama biaya registrasi.. Tapi juga udah harus kumpulkan karya sastranya. 😀 Ya aku.. Belum lah! 😀

Kukirain, daftar dulu, book dulu yang penting, daripada telat, hehe.. Eh ternyata sistemnya langsung sekalian kumpulkan karya sastranya.

Pelaksanaan Lomba Cipta Cerpen sih tanggal 21 Maret – 7 Mei 2016. Jadi deadline pendaftaran maupun kumpulkan Cerpennya tanggal 7 Mei. Tapi bisa juga ditutup panitia kalau pesertanya udah sesuai kuota yang ditetapkan.

Okey! Begitu juga bagus! Jadinya aku punya target untuk segera menyelesaikan karya sastraku! 🙂

Oya guys.. Kalau butuh info, bisa langsung lihat blog Festival Sastra ya! Ini nih!

Petualangan hari ini sih, masih lanjutkan menulis.. Tapi tak perlu kuceritakan apa yang kutulis 😉

Hope you guys have a good day ya!

31 Mar

Tantangan Imaginasi dan Tantangan Plank!

Sobat!

Petualangan hari ini di Jogja saja! 😀

Aku melanjutkan berkarya, kawan.. Mengarang Fiksi Fantasi. Dan sedang terus berproses, proses perjuangan, dan hidup adalah perjuangan, jadi mari sama-sama hidup terus berjuang!

IMG_20160331_132454

Tantangan kali ini tentang daya imaginasiku dan bagaimana menerapkannya ke dalam karya yang konsisten, tekun, dan sistematis. 😀 Yah ini sih inti utama permasalahan, hehe..

Iya sobat! Aku sedang terus berusaha menerapkan hal itu.

Terlebih lagi, fokus pada berimaginasi dan berkarya juga tak kalah pentingnya. Tantanganku saat ini adalah bagaimana lebih fokus, lebih bekerja keras dan bekerja cerdas.

Okey, siap lanjutkan!

Dan semangat berusaha ini kucerminkan juga dengan terus lanjut olahraga. Push up dan plank yang terus kulatih. Dan mulai rutin juga buat jogging. 😀 pokoknya dibuat semangat terus!

Tapi plank pun aku juga mengalami tantangan. 😀

PicsArt_03-22-08.42.03

Yang mana programnya adalah seperti ini, progresif tiap harinya, peningkatan tiap hari diikuti peningkatan lamanya waktu (dalam detik) saat plank!

Tapi aku sadar nggak cukup hanya plank saja. Dibutuhkan faktor lain, seperti olahraga teratur, makan sehat dan teratur, juga istirahat atau tidur yang berkualitas.

Dan tantanganku saat ini, aku belum ideal melakukan hal-hal itu, sobat! 😀

Itu sebabnya progres plank yang jadi programku juga belum maksimal.

_20160330_114334

Untuk saat ini, aku jaga stabilitas dan konsistensinya dulu saja. 60 detik plank konsisten tiap hari!

Dan seiring peningkatan kualitas olahraga, makan, dan istirahat.. Aku yakin program plank juga akan progresif!

Jadi ini tantangannya.. Imaginasi maupun olahraga. Jadi terus lanjutkan saja! Dan terus menikmatinya 😀

05 Mar

Menuju Semarang Melanjutkan Pengabdian

Hi kawan!

Petualangan hari ini berlanjut dalam perjalanan! Perjalanan menuju Semarang, sobat! 🙂

Yah, masih dalam hari puasa ke #5, melanjutkan perjalanan, melanjutkan pengabdian 🙂

Aku berangkat dari Jogja setelah makan pagi sobat! (Lho kok makan pagi? Hehe.. Iya jadi memang Hukum Puasa Baha’i rentang waktunya untuk berpuasa adalah sejak matahari terbit sampai matahari terbenam. Matahari terbit di Jogja kan sekitar jam 5.43 pagi. Jam segitu bisa disebut makan pagi lah 😀 -> agak panjang ya penjelasannya, hehe..)

Jam 6.30 an berangkat.. Bersama motor sobat petualangku!

Langsung disapa pemandangan keren di pagi hari!

_20160306_173114

_20160306_173843

Ya, kawan.. Jalur Jogja-Semarang selain melewati perkotaan, juga melewati wilayah pedesaan yang hijau, dan juga perbukitan. Makanya pemandangannya keren 🙂 Apalagi masih fresh di pagi hari. Sedep!

Karena sudah beberapa kali melintasi jalur ini, aku sudah mulai agak hafal 😀

_20160305_175431

Tapi masih tetap hati-hati dan waspada, kawan.. Daripada nyasar 😀 jadi masih terus mengamati papan plang petunjuk jalan 🙂 *minggir dulu, trus difoto deh*

Nah setelah sampai di Semarang, aku langsung menuju sobatku sepengabdian, Adit dan Hujjat namanya.. 🙂

Hari ini kita ketemu sama salah satu sahabat kita, namanya Mas Laga. Beliau dosen muda di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Menarik, kawan! 🙂 Kita ketemuan di salah satu Gazebo di dekat Fakultas Teknik Unnes.. Mulai diskusi beberapa hal terkait hukum, masyarakat, pengabdian, serunya masa muda dan juga masa depan (apalagi kalau bukan soal nikah) 😀

Saking serunya diskusi, aku sampe lupa nggak ambil foto kebersamaan kita. Yah daripada nggak ada sama sekali :D ini saat berjalan kaki di jalan Unnes..
Saking serunya diskusi, aku sampe lupa nggak ambil foto kebersamaan kita. Yah daripada nggak ada sama sekali 😀 ini saat berjalan kaki di jalanan Unnes..

Buat aku, juga Adit dan Hujjat belajar lebih lagi tentang Hukum Tata Negara, karena Mas Laga adalah Dosen Hukum Tata Negara 🙂 Tentang bagaimana realitas dan penerapan hukum di masyarakat kita.

Dari diskusi itu, kita mendiskusikan tentang banyaknya tantangan dalam penerapan hukum, misalnya lemahnya penerapan hukum, yang mana memang sudah realita dimana-mana..

Dari situ kita juga berbagi perspektif kita dalam Ajaran Agama Baha’i, bahwa memang ini adalah proses manusia menjadi dewasa, yaitu memahami hakikat bahwa manusia adalah makhluk mulia.

Menuju pemahaman akan kemajuan spiritual dan material. Masyarakat saat ini lebih menekankan aspek meterialnya, dan menjadi lemah dalam ajaran spiritual.

Konkretnya, nilai spiritual seperti kejujuran, kemurnian, kerendahan hati, ketaatan, menjadi lemah penerapannya dalam masyarakat. Ya, kita memang sedang sama-sama terus berusaha 🙂 makanya kita saling mengabdi untuk kebaikan masyarakat.

Diskusi yang sangat menarik, kita juga akan berencana untuk melanjutkan diskusi dan kita coba buat program bersama, yang mana bisa berkelanjutan sebagai upaya konkret kita untuk mengabdi di masyarakat.

Ya, kita akan terus saling belajar dan berbagi..

So, enjoy the day ya fellas!

03 Mar

Puasa Hari #3 dan Semangat Berkarya

Kawan! 🙂

Petualangan hari ini aku masih di Yogyakarta!

Dan.. Masih suasana rohani 🙂 suasana puasa!

Ya sobat.. Puasa Baha’i, Agama yang aku percayai dan sedang terus berusaha menerapkannya 🙂

Aku mau sedikit berbagi Tulisan Suci Baha’i tentang puasa 🙂 ..

“Puasa jasmani ini adalah lambang lahiriah dari puasa rohani dan merupakan simbol menahan diri yaitu menahan diri dari semua hawa nafsu” Abdul-Baha.

Ya, kawan! Puasa sebenarnya adalah menahan diri, baik secara jasmani yaitu dari makan dan minum, juga secara rohani yaitu dari keakuan dan hawa nafsu 🙂

Dan sesungguhnyalah, puasa meningkatkan kekuatan-kekuatan rohani seperti cinta dan kasih sayang, kejujuran, kebaikan hati, kemurnian dan keikhlasan.. Yang mana itulah hakikat kita sebagai makhluk rohani, kawan! 🙂

Oya, hari ini aku lanjutkan berkarya.. Untuk melanjutkan merangkai kisah fiksi fantasi..

IMG_20160304_155906

Memang tak mudah, kawan.. Pada saat peranku juga mobile ke beberapa wilayah sebagaimana tugasku dalam membangun kapasitas kesatuan di masyarakat, mengabdi di masyarakat, yang sedang berusaha menerapkan Ajaran Baha’u’llah untuk memajukan aspek material maupun spiritual masyarakat 🙂

Yaa.. Karena tantangannya adalah mobilitas dari kota ke kota lainnya, tempat ke tempat lainnya.. Tapi ternyata, aku melihat sebenarnya juga menjadi potensiku untuk terus meningkatkan kapasitas 🙂 kapasitas untuk terus berkarya, dimanapun berada..

Wah menarik! Itu kenapa, aku sedang berusaha konsisten untuk bisa berkarya merangkai kisah fiksi fantasi dimanapun berada.. Dan semoga bisa memberikan manfaat untuk kebaikan bersama 🙂

Hehe.. Curhat nih ya.. Gak apa lah, sedikit berbagi visi dan misi 😀

Well.. Have a good day ya fellas!

Ayo sama-sama semangat berkarya! 🙂

10 Feb

Touring Jawa Tengah – Menuju Semarang

Sobat!

Hari ini aku memulai petualangan menjelajahi beberapa wilayah di Jawa Tengah dengan motorku-sobat petualangku 😀

_20160213_132321

Ya! Dimulai dengan menuju Semarang, sobat!

Perjalanan menuju Semarang ini bertujuan untuk proses belajar dan pengabdian bersama beberapa sahabatku di Semarang, kawan..

Kita sama-sama sedang berusaha menerapkan pengabdian pada sesama manusia dan berkontribusi pada membangun kesatuan di masyarakat sesuai Ajaran Baha’u’llah 🙂

Ya, sobat.. Sedang terus belajar dan berusaha, untuk mengabdi pada kebaikan dan kemajuan bersama, baik secara spiritual maupun material 🙂

Petualangan naik motor petualanganku ternyata seru juga 😀 Motorku bukan motor trail kayak petualang sejati, sobat.. Motorku cuman Supra tahun 2001 😀 Motor boleh apa adanya, tapi spirit tetap petualangan 😀

Jadi berangkat dari Jogja sekitar jam 12 siang. Sampai Semarang sekitar jam setengah 4. Cukup cepat lah, yang mana tadi aku juga sambil istirahat makan siang di Magelang. Bensin kuisi 20 ribu juga masih sisa 😀 Ini salah satunya aku mencintai motorku, irit beud! 😀

Nah sesampainya di Semarang aku janjian sama temanku. Tinggalnya dia di sekitar kampus UNDIP, Universitas Diponegoro.

IMG_20160210_151721

Yah aku sempetin menjelajah kampusnya.. Buatku merindukan nuansa kuliah 😀 Keren juga kampusnya. Hijau nuansanya. Itu yang kusuka, kawan.

Well.. Malamnya ini sudah di tempat sobatku, kita ngobrol akrab dan diskusi buat persiapan besok. Ada apa besok? Aku akan cerita, kawan 🙂 Besok ya..

Okeh, serunya petualangan hari ini.. Memulai touring Jawa Tengah. Siap menjelajah lagi, untuk mengabdi 🙂

Have a good day ya Fellas!