15 Feb

Touring Jawa Tengah – Kembali ke Jogja

Sobat!

Setelah belajar dan terlibat pengabdian di masyarakat bersama beberapa kawanku di Solo, saatnya aku balik lagi ke Jogja 😀

_20160228_162154

Kali ini aku nggak melanjutkan perjalanan naik motor, kawan 😀

Motorku tetap di Solo karena ada sobatku yang butuh untuk dia selama bertugas di Solo. Yah, jadi aku titipkan ke dia dulu 🙂 Lagian aku juga mau ke Malaysia, jadi sekalian titip motor, hehe..

Wah, ada apa ke Malaysia hanz? Ntar pasti aku ceritakan, kawan! 😀

Jadi petualangan hari ini temanya perjalanan naik kereta prameks Solo-Jogja, kawan! 🙂

IMG_20160215_085427

Menuju Jogja, seperti biasa.. Selalu ada rasa semangat untuk melanjutkan berkarya 🙂

IMG_20160215_091338

Sebenarnya dimanapun berada, aku sedang berjuang untuk membiasakan diri berkarya, kawan.. Memang tak mudah..

Ya saat mengabdi di masyarakat di suatu kota tertentu, di pedesaan, di rumah kerabat, saudara, maupun kawan-kawan yang juga jadi mitra kerja sama denganku untuk mengabdi di masyarakat 🙂 Bertualang kemanapun, berusaha berkontribusi melalui karya..

Inilah perjuangan! 😀

Setelah sampai di kostku di Lempuyangan.. Saatnya melanjutkan berkarya!

_20160215_153640

Jadi.. Ayo bersemangat lanjutkan berkarya! 😀

14 Feb

Melanjutkan Touring Jawa Tengah – Pati ke Solo

Hi sobat!

Touring Jawa Tengah berlanjut hari ini 😀

_20160215_092541

Setelah dari Pati, aku menuju Solo kawan 🙂 Melewati jalur Purwodadi..

Selain minta petunjuk GPS untuk mencari jalan, kita harus teliti dengan papan petunjuk jalan, kawan :D
Selain minta petunjuk GPS untuk mencari jalan, kita harus teliti dengan papan petunjuk jalan, kawan 😀

Perjalanan sekitar 3 jam, sobat.. Itu kata om GPS 😀 Tapi perjalanan tadi aku tempuh selama 4 jam 😀

Yaa aku nggak terlalu ngebut sih, jadi sesekali berhenti untuk istirahat dan sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.. 😀

Hamparan sawah luas, wilayah perbukitan, sampai perkebunan kujelajahi.. Bersama motorku-sobat petualang! Aku nikmati perjalanan dengan panorama yang lumayan keren 😀

Nih beberapa yang kuabadikan, kawan 🙂

Jalanan dan persawahan membentang!
Jalanan dan persawahan membentang!
Sapaan perbukitan di kejauhan..
Sapaan perbukitan di kejauhan..
Rindangnya perkebunan sejukkan perjalanan *bikin ngantuk, hehe
Rindangnya perkebunan sejukkan perjalanan *bikin ngantuk, hehe

Yah meskipun fotonya nggak keren-keren amat ya, hehe.. setidaknya selama perjalanan aku cukup terpukau dengan alam Jawa Tengah 🙂 Jadi nggak kerasa capek pas perjalanan, tapi malah ngantuk karena asri dan rindangnya alam 😀

Total perjalanan yang menempuh jarak sekitar 112 km dan menghabiskan waktu selama 4 jam itu nggak sampai menghabiskan bahan bakar premium (yang per liternya sekitar Rp. 7ribuan) Rp. 20ribu, kawan 😀 Irit banget kan motorku-sobat petualanganku..

Sesampainya di Solo aku langsung menuju tempat salah satu sobatku. Yang rumahnya di sekitar Universitas Sebelas Maret Solo (UNS).

Ngga ketemu Gapura Selamat Datang Solo :D Foto Plang Penunjuk Arah aja :D Bukti sudah di Solo, hehe..
Ngga ketemu Gapura Selamat Datang Solo 😀 Foto Plang Penunjuk Arah aja 😀 Bukti sudah di Solo, hehe..

Kita langsung bermusyawarah dan berdiskusi merencanakan upaya pengabdian kita untuk membangun kesatuan di masyarakat, kawan 🙂

Yah, seperti yang sering aku ceritakan, sobat! 🙂 Tetap bertualang, tetap mengabdi pada masyarakat..

Karena serunya diskusi kita, sampai nggak sempat kita foto-foto.. Terkadang nggak semua hal harus difoto ya 😀

Serunya hari ini nggak cuman petualangan perjalanan, kawan.. Tapi juga pengalaman spiritual malam ini 🙂

Setelah aku musyawarah dengan beberapa teman di Solo, kita diundang salah satu kerabat kita di Karang Anyar untuk menghadiri Doa Bersama di rumahnya 🙂

Suasana bersahabat dalam Doa Bersama. Dihadiri umat Islam, Katolik dan Baha'i.

Suasana bersahabat dalam Doa Bersama. Dihadiri umat Islam, Katolik dan Baha’i.

Menarik sekali, bagaimana ruang-ruang untuk membina keharmonisan dan kesatuan mulai dibangun di masyarakat itu.

Karena kekuatan doa juga bisa mengilhami dan memberi Rahmat untuk masyarakat tersebut menjadi lebih bersatu, menjadi lebih rohani dan bisa mengatasi tantangan masyarakat dengan musyawarah bersama.

Ya sobat.. Itulah sebenarnya yang aku pelajari dari petualangan-petualanganku ke beberapa wilayah 🙂 Semangat bertualang dan semangat untuk mengabdi dan membangun kesatuan di masyarakat kita.

Ya, memang inspirasinya bersumber dari Ajaran Baha’u’llah, dan memang untuk kita semua apapun latar belakangnya. Karena kesatuan umat manusia itu keniscayaan, kawan.. 🙂

Well, hari yang indah..

Malam ini saatnya terlelap! 😀

28 Dec

Bedah Buku Agama Baha’i di IAIN Surakarta

Kawan.. Hari ini aku akan share petualanganku di Solo.

Tepatnya di IAIN Surakarta, sobat! 🙂
IMG_20151228_075904-1Yess.. Aku menghadiri acara Bedah Buku tentang Agama Baha’i dalam Lintasan Sejarah di Jawa Tengah. Acara ini, yang kemarin aku juga sempat sharing, juga diadakan di beberapa kota (Kudus, Semarang, Jogjakarta) dan Universitas Islam lainnya, seperti UIN, STAIN, termasuk IAIN.
IMG_20151228_092145-1Acara Bedah Buku ini diselenggarakan berkat kerja sama antara pihak Universitas dan pihak penulis atau peneliti dari STAIN Kudus, yaitu Dr. Moh. Rosyid, yang merupakan peneliti Agama Baha’i khususnya di wilayah Pati, Jawa Tengah.

Ya.. Dr. Moh. Rosyid memang memfokuskan isi bukunya pada sosialisasi Undang-Undang terkait perlindungan umat beragama yang ada di Indonesia, serta mensosialisasikan Agama Baha’i sebagai agama berdiri sendiri sesuai pernyataan dari Kementrian Agama tahun 2014.
IMG_20151228_092154-1Menariknya, terbuka ruang diskusi yang saling belajar dan saling berdialog, kawan 🙂 antara para mahasiswa dan akademisi dengan para umat Baha’i yang datang dari beberapa wilayah seperti Pati, Solo, Jakarta, Jogja, dan Sulawesi 😀

Well.. I got interesting learnings today 🙂

Saat kita berdialog dan berdiskusi bersama, tak akan ada prasangka. Karena prasangka ada karena ketidaktahuan. Saat kita berdialog dengan penuh cinta, kita semakin sadar kalau kita semua bersaudara, saudara sesama manusia, kawan 🙂

Well.. Hari yang sempurna kalau aku akhiri dengan berjalan-jalan kaki di sore hari 🙂
IMG_20151228_161637-1Have a good day everyone! 😀

07 Nov

Saat Bertualang Naik Kereta Prameks ke Solo, Teringat Masa Kecil

Perjalanan dilanjutkan kawan..

Menuju Solo!

Dengan 8ribu perak, naik Prameks. IMG_20151107_132323-1-1 Sebenarnya kali ini ke Solo untuk main ke temanku, Azamat, kawan..

Yes.. Sebagai salah satu sobat baiknya, jelas asik aja kan kalo main ke tempatnya. Apalagi dia juga petualang, pendaki gunung.

Dia berbisnis juga, bisnis gelang prusik 😀 @artventuregift check instagramnya.

Yah sekalian promoin temen 😀

Well.. Kali ini aku belum share banyak hal kawan.. Nggak tau, lagi nggak mood buat jeprat-jepret dalam perjalanan dan petualangan hari ini.

So.. Foto ini saja yang buatku terkesan. Ada memori indah masa kecilku yang masih teringat sampai kini.. IMG_20151107_153318-1Ini ingatkanku tentang perjalanan masa kecilku. Perjalanan pertama kali aku naik kereta api. Diajak Bapakku, dari Surabaya menuju Bojonegoro.

Aku ingat betul.. Kereta api saat itu bangku duduknya di sisi-sisi gerbong. Memanjang sepanjang sisi gerbong. Suasana saat itu cukup lengang. Jadi buatku duduk nyaman amati pemandangan.

Saat kuamati pemandangan, dengan polosnya kuberkata, “Pak, pohonnya jalan..”

“Iya..” Begitu jawab Bapakku.. Dan kuyakin jawaban itu untuk menyenangkan hatiku. 😀 😀 😀

Okey.. Memori itu ingatkan kisah perjalanan awal masa kecilku, dimana sampai sekarang pun aku masih mencintai perjalanan.. 🙂

Happy day ya kawan! 🙂

26 Oct

Dari Solo Menuju Kajoran, Magelang

Hari ini petualangan berlanjut kawan 🙂

Setelah kemarin ikut belajar dan mengabdi di Solo, hari ini perjalanan dilanjutkan.

Balik dulu ke Jogja! 😀

Wiihh, jalan-jalan terus hanz! Semangat jalankan amanat! 🙂

Oya, pagi hari.. Dari tempat temanku, di daerah Jebres Solo, aku langsung menuju Stasiun Balapan Solo. IMG_20151026_064947-1-1Naik Batik Solo Trans (BST). Keren, kan.. Ikutan berdiri 😀 ya.. jamnya pelajar masuk sekolah 🙂 Tarif 3ribu rupiah, bayar langsung ke kondektur 😀

Aku belum terlalu ngerti rute jalanan di Solo sob.. Eh nggak lama kemudian udah sampe Stasiun Balapan Solo aja. IMG_20151026_065943-1-1SOLOBALAPAN rasane koyo wong kelangan *lho malah nyanyi*

Yah sampe sini langsung beli tiket ke Jogja! Sayangnya, telat belum beruntung beli tiket Prameks, jadinya mesti beli tiket lainnya yang lebih mahal dikit. IMG_20151026_082409-1Naik kereta Madiun Jaya. Yaelah hanz beda 7rebu doang sama Prameks! *eh 7rebu di Jogja bisa beli nasi telur di Burjo 😛

Sambil nunggu Kereta Madiun Jaya.. IMG_20151026_081101-1-1Ing Setasiun Balapan Kuto Solo sing dadi kenangan… Nyanyi lagi 😀

Ya sob, aku enjoy banget denger lagu-lagu Jawa. Serasa terbang melayang terbuai dendangannya 😀

Nunggu sambil nyanyi gak kerasa yang ditunggu udah nongol.. IMG_20151026_082441-1Keretanya berasa kayak di Jepang ya 😀 haha.. Keren! Di dalam kereta pun, lanjut lagi berdiri. Kereta penuh. But I enjoy it 🙂

Moodku lagi pengen denger musik, nyari inspirasi, jadi nggak terlalu ngobrol banyak sama kenalan baru, hal yang juga sering kulakukan selama perjalanan.

2 hal itu, selalu temani perjalananku, berinteraksi dengan teman baru dan berimaginasi tentang hal baru.

Setelah sekitar 1 jam, sampai juga di Jogja. Take a break bentar. Sambil persiapan.

Persiapan mau kemana hanz?

Lanjutkan perjalanan, kawan.. Ke Magelang! Tujuannya sih ke Desa Kajoran Kabupaten Magelang, kawan.

Sama seperti tujuanku ke Solo kemarin, di Magelang aku dan partnerku sedang berusaha untuk mengabdikan diri di masyarakat sekitar kita.

Melalui proses belajar bersama dan musyawarah, kita sedang terus belajar berkontribusi untuk kebaikan bersama.

Anyway, untuk proses belajar kali ini nggak aku abadikan lewat gambar kawan.. Sayang sekali..

Tapi ini nih pemandangan yang awesome *menurutku, semoga juga menurutmu 😀

Hijau bentangkan damai
Hijau bentangkan damai
Pembibitan hiasi pinggir jalan
Pembibitan hiasi pinggir jalan
Apa yang kau rasakan, kawan.. Damai, sepi, atau ngeri? :D
Apa yang kau rasakan, kawan.. Damai, sepi, atau ngeri? 😀

Well.. Have a beautiful day guys! Enjoy your day!