02 Apr

Tetaplah Berpengharapan

Hari-hari selalu dihiasi kisah sedih dan bahagia. Itu memang yang telah dikehendaki Sang Pencipta pada kehidupan manusia, yaitu kehidupan insani yang dimaksud, kawan! 🙂

Keduanya memang ada, sedih-bahagia, pada kehidupan insani. Realita yang tentunya tersimpan makna di balik itu. Kenapa ada keduanya, sedih-bahagia, dalam kehidupan insani manusia? Apa makna dari ini?

_20160406_113537

Kita coba hayati.. apa itu kehidupan insani. Kehidupan sementara di dunia ini, yang batasannya adalah seluruh dan seisi bumi. Inilah kehidupan insani.

Saat kehidupan insani adalah sementara, maka tentunya sedih-bahagia juga sementara sifatnya. Saat kita dihina, dicerca orang lain.. sedih sekali rasanya. Saat kita dihormati, dimuliakan sesama manusia.. bahagia dan bangga tak terkira. Saat kita hayati lagi.. keduanya itu hanya sementara saja di dunia insani, kan? 🙂

Lantas apa yang perlu kita lakukan, kita cari, sebagai manusia insani yang sementara ini. Seolah saja, hidup menjadi tanpa harapan jika sudah pahami bahwa sedih-bahagia hanya sementara. Toh apa guna bersedih, apa guna berbahagia.. tak ada harapan hidup ini.

Tetaplah berpengharapan. 🙂 Ini untukku maupun untuk kalian para sahabatku..

Saat kita mulai hayati makna ini, kita mulai membuka lembaran baru Buku petunjuk kehidupan ini.

Buku kehidupan tak hanya menuntun kita rasakan sedih-bahagia yang sementara. Ada lembaran-lembaran berikutnya. Mungkinkah kita tau dan pahami lembaran-lembaran selanjutnya seandainya kita nyaman saja dengan lembaran saat ini? 🙂 Buku kehidupan inilah Ajaran Tuhan.

Kita semua sedang terus berusaha pahami dan hayati makna. Memang tak mudah, makanya mari bersama tetap berpengharapan 🙂

Manusia tak hanya wujud fisik saja. Manusia adalah makhluk spiritual. Manusia mempunyai potensi kerohanian. Itulah karunia Sang Pencipta yang mencipta manusia yang memiliki raga dan jiwa.

Bukti adanya raga nampak nyata: tubuh manusia, jasmani yang hidup di dunia insani. Bukti adanya jiwa seolah tak nyata tetapi tak terpungkiri: roh manusia, yang pancarkan sinar Ilahi cahaya Surgawi, sehingga kita manusia mampu pahami dan terapkan cinta, kasih, kejujuran, kemuliaan, tanda sifat rohani.

Tapi realita saat ini, banyak manusia keji yang tak pancarkan cinta kasih. Itu bukan lah hakikat sejatinya roh manusia, kawan. 🙂 Ibarat magnet yang sejatinya mengarah ke utara dan selatan, seandainya ada pengaruh yang sangat kuat dari besi-besi di sekitar magnet itu, sehingga akan mempengaruhi medan magnet, magnet itu akan melenceng dari sifat aslinya, dia akan mengarah ke arah pengaruh kuat di sekitarnya itu. Sama persis dengan tubuh jasmani. Apakah sakit adalah sifat sejati tubuh jasmani? Sejatinya jasmani adalah sehat. Sakit terjadi karena tubuh jasmani melenceng dari hidup sehat.

Kembali ke kehidupan manusia 🙂

Inilah petunjuk selanjutnya Buku kehidupan, kawan..

Kehidupan manusia tak hanya kehidupan insani. Sebagaimana manusia adalah makhluk spiritual, kehidupan sejati manusia adalah kehidupan rohani, kehidupan Ilahi. Dan kehidupan ini kekal. Kehidupan yang membawa kebahagiaan sejati, baik ketika di dunia ini maupun di akhirat.

Bukankah sifat-sifat Ilahi seperti cinta, kasih, kejujuran, kedermawanan, kebaikan hati pada sesama manusia dan seluruh makhluk hanya akan mendatangkan kebahagiaan? Ya, meskipun bisa saja secara fisiknya mengalami pertentangan dan kepedihan, tapi tak terpungkiri jiwa akan merasakan kebahagiaan sejati.

Untuk itu, mari kita tetap berpengharapan akan kehidupan Ilahi dan selalu berusaha menerapkan sehari-hari. Dan mari meraih kebahagiaan sejati 🙂

“Tetaplah berpengharapan. Hidup tak hanya sedih-bahagia sementara bentuk kehidupan insani. Mari berusaha raih kebahagiaan sejati sumber dari kehidupan Ilahi.” lukmanhanz

20 Feb

Teman Membuat Kita Bahagia

teman membuat kita bahagia

teman membuat kita bahagiaHeeeyyyy kawan! I miss you guys, sobat-sobat baikku, teman-teman seperjuanganku! Aku mau cerita, tentang teman membuat kita bahagia!

Ya! kenapa teman membuat kita bahagia, sobat?

Aku akan share beberapa hal..

Bisa dibilang pengalamanku, dan juga pengalaman teman-temanku 🙂

Teman membuat kita bahagia, saat…

Saat bingung

Gak bingung, semua senang semua tenang :)

Gak bingung, semua senang semua tenang 🙂

Nah kita semua pasti pernah mengalaminya kan 😀 aku bingung, pusing, gak tau harus berbuat apa, solusinya gimana! Sering kali, hal-hal seperti itu mengganggu kita. Yang kita butuhkan bukan solusi!

Yang dibutuhkan, ketenangan! Gimana bisa dapat solusi kalau bingung, pusing, panik? Tenaaaang 🙂 Nah di sinilah pentingnya teman! Ayo temui mereka, ceritakan keluh kesah kita..

Kalau sudah tenaaaang 🙂 dijamin bisa menemukan jalan terbaik deh!

Itulah teman.. teman membawa ketenangan..

Saat takut

Gak takut camping di hutan, karena ada teman :D

Gak takut camping di hutan, karena ada teman 😀

Takut itu biasanya karena sendirian, bener kan? 😀 ya misalnya takut sendirian di rumah, takut pulang malam sendirian, atau malah yang paling menakutkan, ke toilet sendirian, hahaha! 😀

Teman pun siap beraksi! Gak ada deh pahlawan yang ngalahin teman kalian dalam kondisi seperti ini. Mereka udah melebihi pahlawan yang menolong kita di saat kita sendirian dan ketakukan. Padahal teman kita itu juga ketakutan, hahaha! 😀

Tapi, karena ada teman! meskipun sama-sama ketakutan, entah kekuatan apa yang membuat mereka bisa mengatasinya.

Ya.. kekuatan persahabatan, mengalahkan ketakutan! 🙂

Saat sedih galau dan kawan-kawannya

Gak galau! Malah lompat-lompatan :D

Gak galau! Malah lompat-lompatan 😀

‘Terkadang saya merasa sedih’, ‘Aku galauuuu.. auuuuu’ lho kok jadi serigala 😀 *if you know what I mean! Hahaha, inspired by Meme Comic nih! Iya, hampir semua tema di dalam Meme bercerita tentang kegalauan, kerisauan, kesedihan..

Jadinya, curahan kesedihan itu cuman buat lucu-lucuan. Bagi orang yang membaca Meme itu, ya merasa terhibur sih.. tapi bagi yang merasa galau? Ya akan tetap galau! 😀

Ayo kawan, datangi teman kita, atau minta dia datangi kita, *gak modal, hehehe.. Ya, ayo coba tunjukkan gimana sebagai teman yang baik, sebagai teman membuat kita bahagia, bebas dari galau dan nestapa! cieh! 😉

Bahagia itu sederhana, temui teman kita, berbagi cinta dengan mereka, karena teman membuat kita bahagia.

Ya itulah mereka, teman-teman terbaik kita!

“Teman membuat kita bahagia! Ayo datangi mereka, datangi kebahagiaan kita!” hanz