06 May

Ikut Serta Festival Sastra UGM 2016 dan Bertualang sama Kawan Remaja Jogja

Hi sobat!

Aku mau share petualangan hari ini nih.. Petualangan hari ini seru abis!

Masih di Jogja istimewa 🙂

Anyway, hari ini, pagi hari agenda utamaku adalah kumpulin Cerpen hasil karyaku yang masih perlu terus belajar 🙂 ya, semangat belajar! Ke Festival Sastra UGM 2016.
IMG_20160507_110002
Jadi.. Setelah selesai karyanya, segera kukirimkan ke panitia Festival. Menurutku sih, event Sastra seperti ini menarik sekali, karena membuka ruang kesempatan bagi para pecinta sastra untuk ekspresikan karyanya. Termasuk aku, pendatang baru pecinta Sastra 😀
_20160507_110036Dan juga, keikutsertaan Festival ini bisa dibilang terjangkau. Biaya registrasi cuman 30 ribu rupiah saja! Cocok buat mahasiswa, ataupun orang-orang seperti saya yang masih merintis berkarya, hehe..

Acaranya pun banyak yang menarik, ada Lomba Cipta Cerpen, Cipta Puisi, Cipta Naskah Drama, yang mana itu Lomba Non-Live. Ada juga Lomba Live seperti Pembacaan Puisi, Musikalisasi Puisi, juga Monolog yang akan diadakan tanggal 21 Mei besok. Menarik! 😉 Aku coba upayakan untuk datang.

Hmm.. Proses bikin Cerpen yang aku kirimkan sih, bikin baper yah! haha. Karena memang bagiku ini pengalaman baru, tapi aku rasakan semangat belajar! 🙂 Jadi kemarin itu ada perasaan males nulis, perasaan seneng saat dapet ide, trus perasaan semangat saat mulai nulis dan keterusan. Ternyata nulis itu kayak kisah cinta ya, baper aja bawaannya! 😀

So, that’s it! Seneng rasanya selesaikan satu langkah awal. Selanjutnya, lanjutkan berkarya!

Sore harinya aku ajak beberapa kawan remaja di sekitar kosanku, Tegal Lempuyangan, buat bertualang jalan kaki telusuri kota Jogja. Apalagi liburan Long Weekend nih! Sekalian ngeramein Jogja lah 😀
IMG_20160506_172218Nah kan, seru kan berjalan kaki telusuri jalanan gang-gang kecil khas Jogja! Jogja lagi rame banget! Macet di mana-mana. Jogja berasa Jakarta.
_20160507_110206Makanya, seru kalo jalan kaki kayak begini. Nggak mikirin kendaraan. Paling cuman mikirin capek-haus-lapar. Haha!

Dan di sini lah kita!
_20160507_110239Icon Jogja yang selalu dituju pelancong dari mana-mana. Buat jalan-jalan, belanja, makan, dan juga foto monumental di plang Malioboro itu tentunya! 😉

Kita nggak terlalu lama sih di Malioboro. Ramainya sih udah biasa. Tapi kita pengen coba cari suasana lain. Kita jalan menuju TBY! Taman Budaya Yogyakarta.

Nah pas ke sana, ada pameran yang cukup seru juga, Pameran Tata Kota! Karya mahasiswa jurusan Tata Kota UGM.

_20160507_111057Di sini, kita belajar mengapresiasi ide dan karya seni Tata Kota!

Apa saja hal seru yang kita lihat? Nih guys..

Kita disuguhkan peta dan sekilas realita kota Jogja..
Kita disuguhkan peta dan sekilas realita kota Jogja..
Display edukasi yang mempromosikan gerakan Go Green!
Display edukasi yang mempromosikan gerakan Go Green!
Pameran, penjelasan, dan perhatian. Menarik!
Pameran, penjelasan, dan perhatian. Menarik!
Display tentang Kepadatan Kota. Dan kawan-kawan berlagak seolah Raksasa pengganggu kota :D
Display tentang Kepadatan Kota. Dan kawan-kawan berlagak seolah Raksasa pengganggu kota 😀
Kata mereka tentang Jogja (1)
Kata mereka tentang Jogja (1)
Kata mereka tentang Jogja (2)
Kata mereka tentang Jogja (2)
Kata mereka tentang Jogja (3)
Kata mereka tentang Jogja (3)
Kata mereka tentang Jogja (4)
Kata mereka tentang Jogja (4)
Maket karya mahasiswa. Jl. Sudirman Yogyakarta.
Maket karya mahasiswa. Jl. Sudirman Yogyakarta.
Maket karya mahasiswa. Kawasan Kali Code.
Maket karya mahasiswa. Kawasan Kali Code Yogyakarta.
Maket karya mahasiswa. Jl. Malioboro.
Maket karya mahasiswa. Jl. Malioboro.

Bagi mahasiswa Tata Kota UGM, konsep utama yang mereka bangun saat merancang kota adalah bagaimana keseimbangan antara pembangunan yang modern dan juga harmoni kelestarian alam, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup warga kotanya. Nice! 🙂 Lanjutkan perjuangan karya-karya kalian, sobat!

Kata-kata tentang kota. (1)
Kata-kata tentang kota. (1)
Kata-kata tentang kota. (2)
Kata-kata tentang kota. (2)
Kata-kata tentang kota. (3)
Kata-kata tentang kota. (3)

Menarik juga ya ilmu Tata Kota! 🙂 Buat kalian, sobat, yang tertarik pada bidang ini, teruskan eksplorasi minat dan kapasitas kalian, sehingga bisa berkarya dan berkontribusi untuk kemajuan bersama. Nice!

dan harapan kita bersama.. mari bersama jadikan nyata.
dan harapan kita bersama.. mari bersama jadikan nyata.

Seru kan petualangan hari ini! 😀

So guys! Have a nice long weekend ya! Everyone of you, everywhere, everytime.. Enjoy Life!

06 Apr

Daftar Festival Sastra UGM

Petualangan hari ini lanjutkan berkarya di Yogyakarta, sobat!

_20160407_122509

Tepatnya aku ke UGM, Fakultas Ilmu Budaya, untuk mendaftar Festival Sastra yang diadakan selama bulan April-Mei 2016 ini.

_20160407_120446

Festival Sastra? Ya, kawan.. Minatku akan karya fiksi fantasi coba kusalurkan pada momen keren karya mahasiswa UGM, Festival Sastra 2016.

Event yang sudah membudaya setiap tahun di Fakultas Ilmu Budaya ini jadi kesempatan bagus bagi kawan-kawan pecinta sastra untuk mengekspresikan karya sastranya.

Hari ini sih niatku daftar Festival Sastra kategori Lomba Cipta Cerpen. Karena aku sedang di Jogja, ya langsung saja aku ke UGM. Sekalian jelajah kampus.

_20160407_120523

Ehh ternyata.. Daftarnya nggak cuman isi formulir sama biaya registrasi.. Tapi juga udah harus kumpulkan karya sastranya. 😀 Ya aku.. Belum lah! 😀

Kukirain, daftar dulu, book dulu yang penting, daripada telat, hehe.. Eh ternyata sistemnya langsung sekalian kumpulkan karya sastranya.

Pelaksanaan Lomba Cipta Cerpen sih tanggal 21 Maret – 7 Mei 2016. Jadi deadline pendaftaran maupun kumpulkan Cerpennya tanggal 7 Mei. Tapi bisa juga ditutup panitia kalau pesertanya udah sesuai kuota yang ditetapkan.

Okey! Begitu juga bagus! Jadinya aku punya target untuk segera menyelesaikan karya sastraku! 🙂

Oya guys.. Kalau butuh info, bisa langsung lihat blog Festival Sastra ya! Ini nih!

Petualangan hari ini sih, masih lanjutkan menulis.. Tapi tak perlu kuceritakan apa yang kutulis 😉

Hope you guys have a good day ya!