14 Oct

Menikmati Malam Jogja Ngangkring Bareng Sahabat

Guys! Aku mau share petualangan sederhana tapi berkesan bareng sahabat.. πŸ˜€

Apalagi, aku masih di Jogja..

Dan wahh, malam cerah ini menyenangkan sekali ngumpul bareng sahabat.

Kita kumpul bareng di Angkringan dekat Stasiun Lempuyangan.

img_20161014_221903

Suasana malam Jogja yang tenang dan dingin, menambah berkesannya momen kumpul-kumpul kita yang rame dan hangat..

Sederhana saja suasananya, nongkrong di alas tikar di pinggir jalanan Jogja yang sepi. Tawa kebersamaan kita terdengar seru sekali, mengusir sunyinya udara malam. Dan juga, melepaskan penat beban pikiran.. πŸ˜€

Wedang kopi, jahe, teh, mie rebus dan gorengan, mereka menemani kebersamaan kita πŸ™‚

Sungguh, momen seperti ini akan selalu dirindukan πŸ˜‰

Ya karena kita memang sudah jarang sekali bisa ketemu karena kesibukan masing-masing..

Kebiasaanku selama ini memang begitu, suka sekali ngumpulin kawan-kawan untuk ciptain momen kebersamaan. Ya emang sih sering kali susah banget buat ngumpul. Kalau udah kayak gitu, aku biasanya langsung aja samperin mereka di rumahnya, hehe..

So, kalau kalian saat ini ingat para sahabat yang lama tak berjumpa, segera ciptakan lagi momen kebersamaan itu, kawan.. πŸ™‚

16 May

Berusaha Menjadi Kawan yang Menyenangkan

Guys! Apa kabar hari ini? πŸ™‚

Semoga hari yang menyenangkan, seperti ekspektasi dari judulnya ya πŸ˜‰

Well.. Kali ini aku mau sedikit share tentang persahabatan, sobat!

Nah aku share begini karena aku sedang merasakan tantangan persahabatan, maupun pembelajaran yang menurutku menarik πŸ˜€

Ya.. Tentang menjadi sahabat yang menyenangkan, itu nggak mudah juga lho.. So, mari sama-sama terus belajar, terus berusaha! πŸ™‚

Aku merasakan akhir-akhir ini jadi orang yang agak menyebalkan, misalnya saja sikapku yang cuek, sulit senyum, males ngobrol sama kawan-kawanku, baik itu sahabat dekat maupun kawan baru.. Nah menyebalkan banget kan πŸ˜€

Ya setelah kurefleksikan memang aku perlu terus belajar dan berusaha lagi πŸ™‚

Dan juga, aku merasa ada saja teman-temanku yang juga sama menyebalkannya seperti aku πŸ˜€ Lengkap deh! Sensitif lah, suka marah, nggak banyak ngobrol, bahkan kalau ngobrol nggak menatap mata *cieh*.

Tapi itu semua kan sangat penting dalam persahabatan yang menyenangkan πŸ™‚

Well, setelah akuΒ refleksi diri untuk belajar, aku menemukan beberapa pembelajaran ini, kawan..

Nggak perlu diambil pusing! Wah kalau kita jadi seseorang yang menyebalkan itu ya, percaya lah, itu bukan sejatinya diri kita.. Sejatinya kita itu adalah pribadi yang menyenangkan, ramah, murah senyum πŸ™‚

Jadi sebenarnya pikiran kita yang lagi kacau saja yang membuat kita juga jadi kacau, jadi menyebalkan. Hmmm, tenangkan pikiran dulu, kawan πŸ™‚ nggak perlu terlalu banyak berasumsi, tentang dia emosian lah, aku kok cuek sih, dan sebagainya.. Feel calm πŸ™‚

Setelah tenangkan pikiran, tenangkan hati. Hati adalah cerminan diri. Hati yang murni cerminkan pribadi yang mengagumkan. Menenangkan hati juga perlu berusaha, dan yang terpenting juga, diiringi berdoa πŸ™‚

Doa menjadi sangat penting untuk kebutuhan spiritual, jiwa kita, kawan. Karena kita berusaha menenangkan keadaan batin kita, jadi berdoa adalah obatnya πŸ™‚

Setelah keadaan batin jadi lebih baik, selanjutnya tentu harus diaplikasikan pada tindakan.

Ayo kita coba tindakan yang sederhana dulu: mulai tersenyum πŸ™‚

Ini jadi hal mudah yang terkadang ya nggak mudah-mudah amat, hehe.. Tapi, percayalah pasti bisa πŸ™‚

Saat senyum sudah menghiasi suasana, persahabatan yang menyebalkan akan berubah jadi menyenangkan.

Lalu mulailah kita ngobrol dengan nyaman.. Karena pikiran, hati dan senyuman sudah membuat kita menjadi nyaman, percakapan dengan sahabat pun jelas akan menyenangkan.

Dan satu hal yang juga penting, sobat. Tunjukkan dengan perbuatan. Karena persahabatan nggak hanya kata-kata saja! Perbuatan yang membuktikan kalau kita peduli dengan sahabat, kita menyayangi sahabat kita..

Ayo kita terus berusaha menjadi sahabat baik yang selalu menggembirakan kawan-kawan kita, sobat! πŸ™‚

Berusaha, bukan berarti mudah, juga bukan berarti sulit πŸ˜€

08 May

Masak dan Makan Kapurung

Sobat!

Petualangan hari ini kita akan bertualangan kuliner! πŸ˜€

Tapi kali ini nggak beli di warung, resto, atau kafe.. Kita masak sendiri! Wah seru kan πŸ˜‰

Apalagi yang bikin seru, kita masaknya makanan khas dari Sulawesi, bareng kedua kawanku dari Palopo, Uli dan Rina. Kapurunggg!!! Nama makanannya guys! πŸ˜€

IMG-20160508-WA0008

Sayang banget sih teman-teman lainnya pada nggak bisa ikutan.. Padahal pasti seru banget kalo pada kumpul rame-rame, masak bareng-makan bareng.

So.. Dimulai dari, belanja ke pasar! πŸ˜€ tapi sayang nih kelupaan difoto, soalnya ribet belanjanya, nggak kepikiran foto πŸ˜€ Belanja di pasar dekatnya Mall Ambarukmo Plaza Yogyakarta.

Belanja lah kita bahan-bahan Kapurung, kayak ikan laut: kita beli ikan kembung, sagu: ini yang khas dari Kapurung (soalnya nyari sagu ya susah, untung pas dapet), juga bumbu-bumbu dan sayur-sayuran. Nggak lupa, beli jeruk buat es jeruk! πŸ˜€

Trus, lanjut masak dah kita!

_20160518_102832

Seru juga nih masak-masakannya, berasa inget masa kecil pas main masak-masakan πŸ˜€ tapi ini masak makanan beneran, tapi ya kayak mainan, haha!

Daann.. Bukan sulap bukan sihir, masak-masakan yang kayak mainan ini langsung jadi kayak gini…

_20160518_102748

Hahaha! Mantab kan πŸ˜€

Itu tuh, sagunya jadi warna putih menurut Rina dan Uli itu nggak sesuai biasanya, karena biasanya warnanya bening πŸ˜€

Tapi nggak apa lah, toh rasanya juga mantab! Apalagi sambal khas Kapurungnya: sambal kacang dan teri, maknyus!

Kapurung maknyus!

Kapurung maknyus!

Buat percobaan pertama, seru juga! πŸ˜€ enjoy masak-masakan, enjoy makan bareng juga..

Petualangan kuliner yang seru! Next time coba masakan yang seru lainnya, guys! πŸ˜‰

13 Apr

Wednesday Forum CRCS UGM

Hari ini bertualang ke Pasca Sarjana UGM, kawan!

_20160414_205147

Tepatnya di program studi CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies), yang mana program studi ini secara aktif dan konsisten membuka ruang dialog yang terbuka untuk umum. Ruang ini bernama Wednesday Forum.

_20160411_215612

Wednesday Forum membahas topik-topik yang sesuai ranah CRCS, yaitu terkait agama, kepercayaan, dan keragaman dalam masyarakat. Menarik! πŸ™‚

Tema untuk hari rabu kali ini adalah tentang agama Baha’i, sobat..

_20160414_205212

Ya.. Aku datang karena ingin berbagi dan berdiskusi bersama kawan-kawan di sini tentang agama Baha’i, dan juga ingin melihat ruang pembelajaran Wednesday Forum!

Menarik pembahasan tentang agama Baha’i kali ini, karena yang berbagi adalah seorang Ph.D candidate, yaitu Amanah Nurish, yang sedang terus meneliti agama Baha’i. Lingkup penelitiannya adalah agama Baha’i di wilayah Asean.

IMG-20160414-WA0000

Topik-topik utamanya terkait sejarah agama Baha’i di Iran hingga persebarannya, terutama ke wilayah Asia Tenggara. Tentang tantangan-tantangan yang diterima umat Baha’i di masyarakat karena perbedaan keyakinannya, sebagaimana tantangan masyarakat saat ini yang sensitif terhadap perbedaan.

Peneliti juga menemukan pembelajaran menarik tentang masyarakat Baha’i yang berusaha berkontribusi pada kesatuan di masyarakat yang merupakan salah satu tujuan agama Baha’i. Ruang-ruang kesatuan yang diupayakan masyarakat Baha’i melalui aktivitas yang dibangun dimana masyarakat Baha’i berada.

Misalnya pendidikan yang memajukan kapasitas spiritual, intelektual dan material untuk anak, remaja, pemuda, hingga dewasa. Yang merupakan sistem pendidikan yang memberdayakan kapasitas masyarakat untuk mengabdi dan mewujudkan nilai-nilai kesatuan dan kemuliaan manusia. Sistem pendidikan ini disebut Institut Ruhi, dan terbuka bagi siapa saja apapun latar belakangnya untuk terlibat. Juga ruang-ruang pembangun kesatuan seperti pertemuan doa bersama dengan siapapun dan latar belakang apapun.

Itulah bentuk kontribusi yang sedang terus diupayakan masyarakat Baha’i untuk mewujudkan kesatuan di masyarakat.

Yeap! Itu sekilas petualangan hari ini sobat!

Semoga hari kita selalu penuh petualangan ya!

26 Mar

Bertualang ke Pantai Ngandong – Yogyakarta

Ke pantai hari ini, sobat!

_20160331_125817

Mainstream-nya mantai. Tapi tetep seru.

Pantai Ngandong yang letaknya di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta! πŸ™‚

Mantai mainstream sih! πŸ˜€ tapi kita pada lagi butuh vitamin sea πŸ˜€

Yasudah it’s okey lah.. Kita menuju ke pantai laut selatan. Nggak ada rencana khusus hari ini. Beberapa dari kita sedang off, dan langsung saja kita berangkat. Mantai!

Memang petualangan yang nggak direncanakan sebelumnya bisa jadi keseruan tersendiri! πŸ˜‰

_20160331_123743

Untuk menuju Pantai Ngandong, kita melewati jalur mainstream untuk menuju ke pantai laut selatan. Lewat Wonosari (ibukota Kab. Gunung Kidul).

Biasa sih.. Ya suasana pantai kan ya begitu-begitu sahaja..

Tapi kebersamaan kita di waktu yang singkat ini yang membuat persahabatan jadi berkesan πŸ™‚

Ya, memang perlu hal unik dan seru untuk keseruan persahabatan. Tapi sering kali hal yang sudah biasa-biasa saja juga bisa ciptakan persahabatan yang bermakna πŸ™‚ *misalnya saja nongkrong buat makan bareng di cafe favorit (kan mainstream tuh, tapi tetep kesannya dalem di hati)

Sudah, gitu aja deskripsinya πŸ˜€ Ini sedikit saja share kebersamaan kita..

Vitamin sea...
Vitamin sea…
Kepanasan. Narsis di tenda aja.
Kepanasan. Narsis di tenda aja.
Ga jelas banget kan, nyari apa juga. Tapi ya seru aja.
Ga jelas banget kan, nyari apa juga. Tapi ya seru aja.
Selfie boys.
Selfie boys.
Selfie girls.
Selfie girls.
Berasa kafer boi.
Berasa kafer boi.
sok serius mah.
sok serius mah.
Aslinya sih ceria.
Aslinya sih ceria.
Awalnya dijaili sih. Mainstream sih. Tapi asik juga sih.
Awalnya dijaili sih. Mainstream sih. Tapi asik juga sih.

Seru juga kan? πŸ˜€ So segera ajak sobat-sobat kalian bertualang, kawan.. Ya meskipun mainstream, percaya deh.. Akan tetap seru!