15 Feb

Touring Jawa Tengah – Kembali ke Jogja

Sobat!

Setelah belajar dan terlibat pengabdian di masyarakat bersama beberapa kawanku di Solo, saatnya aku balik lagi ke Jogja πŸ˜€

_20160228_162154

Kali ini aku nggak melanjutkan perjalanan naik motor, kawan πŸ˜€

Motorku tetap di Solo karena ada sobatku yang butuh untuk dia selama bertugas di Solo. Yah, jadi aku titipkan ke dia dulu πŸ™‚ Lagian aku juga mau ke Malaysia, jadi sekalian titip motor, hehe..

Wah, ada apa ke Malaysia hanz? Ntar pasti aku ceritakan, kawan! πŸ˜€

Jadi petualangan hari ini temanya perjalanan naik kereta prameks Solo-Jogja, kawan! πŸ™‚

IMG_20160215_085427

Menuju Jogja, seperti biasa.. Selalu ada rasa semangat untuk melanjutkan berkarya πŸ™‚

IMG_20160215_091338

Sebenarnya dimanapun berada, aku sedang berjuang untuk membiasakan diri berkarya, kawan.. Memang tak mudah..

Ya saat mengabdi di masyarakat di suatu kota tertentu, di pedesaan, di rumah kerabat, saudara, maupun kawan-kawan yang juga jadi mitra kerja sama denganku untuk mengabdi di masyarakat πŸ™‚ Bertualang kemanapun, berusaha berkontribusi melalui karya..

Inilah perjuangan! πŸ˜€

Setelah sampai di kostku di Lempuyangan.. Saatnya melanjutkan berkarya!

_20160215_153640

Jadi.. Ayo bersemangat lanjutkan berkarya! πŸ˜€

15 Jan

Menuju Jember untuk Belajar Bersama Muda-Mudi

Perjalanan berlanjut, kawan!

Petualangan hari ini menuju Jember, Jawa Timur. Aku akan mengikuti pembelajaran dengan beberapa pemuda-pemudi tentang mengabdi pada masyarakat dan berusaha menyumbang pada kesatuan di masyarakat πŸ™‚

By the way.. sudah tak ada foto lagi πŸ˜€ semenjak HP ku hilang kemarin πŸ™

Tapi tak apa lah! Dengan bercerita, semoga aku bisa memberikan gambaran tentang petualanganku, kawan πŸ™‚

Kadang, keterbatasan memunculkan ketakterdugaan, kawan!

Yang terpenting, lanjutkan berkarya.. bersemangat jalani hari, jalani petualangan.

Nah, hari ini, seperti yang sudah aku bilang kalau aku akan pergi ke Jember.. aku pergi ke sana pagi ini jam 9 pagi naik kereta api Logawa, kawan. Murah! Rp. 80 ribu saja!

Aku pergi ke Jember dengan salah satu sobatku, Reza namanya, mahasiswa UGM yang dia juga bersemangat untuk mengabdi di masyarakat.

Aku akan sedikit bercerita tentang pemuda-pemudi yang bangkit untuk mengabdi ini, kawan πŸ™‚

Para pemuda-pemudi ini, bangkit mengabdi dalam menanggapi pesan dari Baha’u’llah akan kesatuan umat manusia, kawan.

Sehingga dengan terus belajar dan berusaha menerapkan Ajaran dari Baha’u’llah, teman-teman muda ini juga terus mengabdikan diri.

Dengan keyakinan dan pemahaman akan kesatuan umat manusia, hal ini bersumber dari proses pendidikan. Oleh karena itu, pengabdian yang mereka lakukan adalah belajar dan juga memahami bersama, menggali pemahaman tentang kesatuan umat manusia. Dan juga menerapkannya dalam hidupnya. πŸ™‚

Memang penuh tantangan, sobat! Nah memang itulah pengabdian. Bahwa memang kita akan terus belajar dan berusaha. Ketika realita di masyarakat kita sekarang ini, perselisihan bahkan perpecahan, kebingungan di masyarakat, oleh sebab itu kita harus bersama-sama menghadapinya πŸ™‚

Selain mengabdi bersama, kita juga bergembira bersama, kawan πŸ˜€

Yah, sesama anak muda, meskipun kita melakukan tindakan pengabdian yang bermakna, kita juga bisa bersenang-senang. Karena pada saat kita mengabdi, kita juga merasakan kebahagiaan.

Kita belajar, sebagai anak muda yang penuh energi dan penuh potensi, untuk hidup mengabdikan diri pada kemajuan bersama, baik kemajuan spiritual dan kemajuan material.

Anyway. Petualangan hari ini dimulai pagi hari, dan seharian ada di dalam kereta πŸ˜€

Ya, malam ini tadi baru sampai di Jember jam 8 malam. Dan teman-temanku baru saja menjemput kita di Stasiun Jember.

Duduk seharian di kereta, berinteraksi dengan sekitar, juga berimaginasi untuk berkarya, membuatku cukup lelah.

Saatnya istirahat, kawan! πŸ™‚

Selamat istirahat ya! Ayo anak muda, bangkit mengabdi untuk kebaikan bersama!

20 Dec

Kembali Pulang untuk Melanjutkan Petualangan

Sobat!

Petualanganku hari ini, pulang! πŸ˜€

Pulang adalah petualangan paling berkesan bagi para petualang, karena dari sana lah petualangan mereka dimulai πŸ™‚

Aku, bertualang pulang ke Surabaya, naik kereta api Sritanjung, dari Lempuyangan – Jogjakarta.
IMG_20151220_100436-1Menariknya, perjalanan pulang selalu diiringi rasa ‘nggak sabar buat segera sampai’ karena kangen keluarga, pengen segera ketemu.

Semua orang pasti mengalami itu πŸ™‚ Ya.. Keluarga begitu spesial, kawan πŸ™‚

Hmm.. Perjalanan kali ini belum ada cerita khusus atau unik. Yah masih perjalanan biasa, di dalam kereta api, ngobrol dan kenalan sama teman baru, asik bareng πŸ™‚

Aku termasuk orang yang suka bersahabat dengan orang yang baru kukenal sekalipun πŸ™‚ So.. Dibuat asik aja..

Tadi aku kenalan sama 3 orang mahasiswa dari Situbondo yang kuliah di salah satu Universitas di Jogja. Mereka naik kereta api sampai tujuannya di Probolinggo.

Yang buatku tertarik, adalah daya tarik Yogyakarta yang menarik begitu banyak pelajar dari berbagai daerah, bahkan hampir seluruh Indonesia, mulai dari Barat hingga Timur Indonesia. Termasuk sobat baruku tadi, dari Situbondo, salah satu kota ujung timur di Jawa Timur πŸ˜€

Well.. Selain ngobrol banyak hal sama sahabat baru, aku juga menikmati berjalan-jalan di dalam kereta api.

Jalan-jalan di dalam kereta api
Jalan-jalan di dalam kereta api

So, bagiku, jalan-jalan nggak hanya di jalanan ataupun di mall atau pertokoan, di dalam kereta api pun jadi πŸ˜€ So, nggak bosen juga, sambil melemaskan badan dan kaki yang kaku kalau duduk berjam-jam.

Nah, karena beberapa hal itu kulakukan selama perjalanan, jadinya ya nggak kerasa juga perjalanannya. Tau-tau udah nyampe aja πŸ˜€

Jadi dari Jogja jam 7 pagi, sampai Surabaya jam 2 siang.
IMG_20151220_141209-1-1Dan aku langsung disambut hangat oleh udara Surabaya yang dikenal panas. Kalau bagiku, hal ini seperti sambutan hangat πŸ™‚ Udara panas ini juga salah satu hal yang buatku kangen dan berkesan dari Kota Pahlawan ini..

Surabaya, aku pulang.
πŸ’•

29 Oct

Diantar Sritanjung dari Jogja ke Banyuwangi

Siapa Sritanjung hanz?

Judulnya kayaknya heboh πŸ˜€
Haha.. Ya sesekali aja pengen bikin judul gitu πŸ˜€

Yang pasti sih kayaknya kalian banyak yang kenal sama Sritanjung, sob.. πŸ˜€

Yiuukk.. Ini dia Sritanjung..
IMG_20151029_065133-1Dia sobat yang selalu baik hati mengantarkan perjalananku dari Jogjakarta ke Banyuwangi, dan sebaliknya.

Kereta api juga sobatku, kawan! πŸ™Œ

Tapi Sritanjung hari ini tak seceria biasanya.. Muram, sedih.. Itu karena dia kesepian kawan..

Nih dia kesepian..
IMG_20151029_065201-1Sepi kan? πŸ˜€

“Santai, Njung.. Sritanjung πŸ˜€ aku bakal enjoy kok selama kamu anter dalam perjalananku”

Dan memang bener, sepinya nggak hanya pas dari Lempuyangan, stasiun awal keberangkatan di Jogja, tapi juga hampir sepanjang perjalanan dari Jogja-Banyuwangi.

Hmmm.. Unlucky day for you bro Sritanjung..

Tapi sepanjang perjalanan aku tetep enjoy kok.
Meski memang nggak banyak foto yang kuambil, tapi dua hal utama ini yang kulakukan dalam perjalanan..

Bersahabat dan belajar dari teman baru, dan berimaginasi untuk berkarya..

Saat bersahabat dengan teman baru di kereta, aku ngobrol banyak hal dengan salah satu Bapak yang duduk di depanku.

Kita ngobrol tentang spiritual, pekerjaan, dan pengabdian.
Aku berbagi tentang makna spiritual bahwa kita umat manusia adalah satu keluarga, keluarga umat manusia πŸ™‚

Aku juga belajar pada beliau, yang mana beliau adalah Konsultan Agrobisnis, wah keren! Aku belajar bisnis pertanian dan perkebunan organik dari beliau.

Yah, ada impian sih, suatu saat aku mau berinvestasi dan berkontribusi dalam bidang pertanian atau perkebunan πŸ™‚ semoga suatu saat nantiπŸ™

Dan nggak lupa, aku berimaginasi untuk berkarya.. Yah aku lanjutin imaginasiku untuk karya yang akan selalu aku bagikan di Blog ini πŸ™‚

Hmmm.. Kedua hal itu memang nggak akan membuat perjalananku membosankan, kawan.. πŸ˜€

Lamanya perjalanan sekitar 13 jam.. Wah itu termasuk lebih cepat daripada naik bis yang bisa-bisa 16-20 jam, kalo macet πŸ˜€

Berangkat dari Jogja jam 7 pagi, sampai Banyuwangi jam 8 malam. Gitu juga jadwalnya kalo rute Banyuwangi-Jogja.
Tarif Sritanjung 100ribu. Murah! 😁

Well.. Perjalanan hari ini, menyenangkan.

Sampe juga di Banyuwangi! πŸ™Œ

Setelah naik kereta.. Aku menuju rumah kawanku naik bis kota. Kasihan kalo minta dia jemput malem-malem..

Gini nih naik bis kota malam hari di Banyuwangi..
IMG_20151029_195503-1Gimana? Horor ya 😁

Keep happy keep healthy ya guys, have a beautiful night!