27 Nov

Belajar dan Bermusyawarah Bersama tentang Peran Muda-Mudi di Masyarakat, Lawang – Malang

Sobat!

Petualanganku hari ini berkumpul dan belajar bersama beberapa kawan muda-mudi dari beberapa daerah di Jawa Timur πŸ˜€

1480262305791

Kita berkumpul bersama di Lawang, Malang.. Sungguh menggembirakan πŸ˜€

Kita belajar tentang peran pemuda-pemudi dalam menyumbang pada membangun persatuan di masyarakat, sobat..

Berdiskusi dan belajar bersama dalam kelompok besar

Berdiskusi dan belajar bersama dalam kelompok besar

Karena sebenarnya, kita semua manusia adalah satu keluarga.

Kita belajar memahami arti dari satu itu, kawan..

Kita semua sedang belajar. Diskusi dalam kelompok kecil untuk lebih meningkatkan partisipasi setiap orang dalam mengeksplorasi pemahaman bersama.

Kita semua sedang belajar. Diskusi dalam kelompok kecil untuk lebih meningkatkan partisipasi setiap orang dalam mengeksplorasi pemahaman bersama.

Diskusi kelompok kecil (2)

Diskusi kelompok kecil (2)

Diskusi kelompok kecil (3)

Diskusi kelompok kecil (3)

Dari ajaran Baha’u’llah, kita belajar bahwa sejatinya manusia adalah makhluk rohani, ciptaan yang sebenarnya mencerminkan sifat-sifat rohani seperti cinta, kejujuran, dan kesatuan.

Manusia mempunyai dua kehidupan, kehidupan jasmani dan kehidupan roh.

Bahwa realitanya, secara jasmani manusia itu berbeda-beda baik dalam ras, warna kulit, dan budaya. Baha’u’llah mengajarkan bahwa roh manusia pada dasarnya adalah satu, tidak ada perbedaannya.

Dengan bersama-sama kita belajar memahami konsep itu, kawan.. Kita belajar menyumbang pada kebaikan masyarakat bersama.

Kita belajar juga, bahwa sebagaimana kehidupan jasmani membutuhkan makan untuk terus hidup dan berkembang, maka kehidupan rohani juga membutuhkan makan. Makanan roh adalah doa.

Saat kita berdoa, kita sedang memohon dan melakukan percakapan yang penuh cinta dengan Pencipta kita. Itu kenapa, saat berdoa adalah saat paling manis di dalam alam wujud ini, kawan.. πŸ™‚

Dan menariknya, kehidupan roh kita akan merefleksikan kehidupan kita sehari-hari, kehidupan kita dalam mengabdi pada kebaikan bersama.

Pada saat kita berusaha mengembangkan kapasitas rohani melalui doa, sifat-sifat rohani seperti cinta, kesabaran, keramahan, dan kebaikan akan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat..

Dengan begitu, kita akan bersama-sama memahami dan belajar menerapkan persatuan di masyarakat, kawan πŸ™‚

Itu yang kita pelajari bersama, sobat!

Silakan share pemikiran kalian ya…

Akan sangat menarik kalau kita bisa diskusi bersama πŸ˜€

16 Jan

Berbagi Pandanganku tentang Keunikan Masa Muda

Hidup manusia mempunyai beberapa fase. Ada masa bayi, anak-anak, remaja, masa muda, dan kedewasaan.

Kali ini aku mau share dan diskusi sama kalian, sobat, tentang masa muda dan keunikan masa-masa itu.

Bersemangatnya masa muda!

Bersemangatnya masa muda!

Bagi kita-kita anak muda topik ini akan menarik buat dibahas πŸ˜€ Tapi siapapun terbuka untuk ikut bersuara πŸ˜€

Kalau ditelisik tentang masa muda saat ini, realitanya masa muda itu adalah saatnya bersenang-senang, menikmati masa muda sebelum hari tua. Apapun caranya menikmati masa muda itu ya. Ada yang melakukannya dengan cara yang positif ataupun juga ada yang melakukan hal-hal negatif. Apapun jalannya, bagi anak-anak muda (termasuk aku ya πŸ˜€ ) itulah caranya menikmati masa muda.

Nggak ada yang salah soal β€˜menikmati masa muda’ itu, kawan! Ya memang sangat tergantung konteksnya, apakah menikmatinya dengan melakukan hal-hal negatif atau positif. Tapi apakah β€˜menikmati masa muda’ hanya sebatas itu saja? Ini hal pertama yang bisa kita diskusikan πŸ™‚

Dan realita lainnya tentang masa muda, masa ini adalah masa yang unik dalam perjalanan hidup manusia. Bagiku, uniknya karena pada masa ini potensi luar biasa dalam diri manusia mulai bermunculan. Benar saja, kekuatan daya imaginasi, mimpi, dan energi yang sangat besar menjadikan masa ini sangat menentukan sebagai persiapan untuk masa depan.

Nah, hal ini yang menarik. Apakah realita β€˜menikmati masa muda’ dengan β€˜memaksimalkan potensi luar biasa dari masa muda untuk masa depan’ adalah suatu hal yang kontradiktif? Bisa ya bisa tidak, tergantung perspektif kita.

Atau bisakah kita melihat kedua hal itu sebagai satu kesatuan? Apakah β€˜memaksimalkan potensi masa muda’ juga bisa menjadi cara untuk β€˜menikmati masa muda’?

Pertanyaan-pertanyaan yang kulontarkan bukan berarti aku tau jawaban-jawabannya, kawan πŸ˜€ Tapi untuk membuka diskusi di antara kita. Aku pun, sebagai anak muda, juga akan belajar banyak hal dari perspektif kalian, sobat-sobat mudaku maupun sahabat dari berbagai usia πŸ™‚

Kalau bagiku saat ini.. aku merasa sedang menikmati usaha-usahaku untuk memaksimalkan potensi-potensiku, yang kuyakini dan temukan dalam diriku, adalah berimaginasi dan merangkai imaginasi itu dalam karya. Bagiku saat aku melakukan hal itu, aku tidak merasa terbebani, malahan aku menikmati proses ini, meskipun jalannya pasti tak mudah πŸ˜€ Begini caraku menikmati masa mudaku.

Itu yang mau aku bagikan dan diskusikan dengan kalian, kawan.

πŸ˜€ Let’s share and discuss!

β€œKeunikan masa muda ada pada realita dan potensi masa muda. Jadikan masa muda untuk mencari arti sesungguhnya masa muda, kawan!” lukmanhanz

15 Jan

Menuju Jember untuk Belajar Bersama Muda-Mudi

Perjalanan berlanjut, kawan!

Petualangan hari ini menuju Jember, Jawa Timur. Aku akan mengikuti pembelajaran dengan beberapa pemuda-pemudi tentang mengabdi pada masyarakat dan berusaha menyumbang pada kesatuan di masyarakat πŸ™‚

By the way.. sudah tak ada foto lagi πŸ˜€ semenjak HP ku hilang kemarin πŸ™

Tapi tak apa lah! Dengan bercerita, semoga aku bisa memberikan gambaran tentang petualanganku, kawan πŸ™‚

Kadang, keterbatasan memunculkan ketakterdugaan, kawan!

Yang terpenting, lanjutkan berkarya.. bersemangat jalani hari, jalani petualangan.

Nah, hari ini, seperti yang sudah aku bilang kalau aku akan pergi ke Jember.. aku pergi ke sana pagi ini jam 9 pagi naik kereta api Logawa, kawan. Murah! Rp. 80 ribu saja!

Aku pergi ke Jember dengan salah satu sobatku, Reza namanya, mahasiswa UGM yang dia juga bersemangat untuk mengabdi di masyarakat.

Aku akan sedikit bercerita tentang pemuda-pemudi yang bangkit untuk mengabdi ini, kawan πŸ™‚

Para pemuda-pemudi ini, bangkit mengabdi dalam menanggapi pesan dari Baha’u’llah akan kesatuan umat manusia, kawan.

Sehingga dengan terus belajar dan berusaha menerapkan Ajaran dari Baha’u’llah, teman-teman muda ini juga terus mengabdikan diri.

Dengan keyakinan dan pemahaman akan kesatuan umat manusia, hal ini bersumber dari proses pendidikan. Oleh karena itu, pengabdian yang mereka lakukan adalah belajar dan juga memahami bersama, menggali pemahaman tentang kesatuan umat manusia. Dan juga menerapkannya dalam hidupnya. πŸ™‚

Memang penuh tantangan, sobat! Nah memang itulah pengabdian. Bahwa memang kita akan terus belajar dan berusaha. Ketika realita di masyarakat kita sekarang ini, perselisihan bahkan perpecahan, kebingungan di masyarakat, oleh sebab itu kita harus bersama-sama menghadapinya πŸ™‚

Selain mengabdi bersama, kita juga bergembira bersama, kawan πŸ˜€

Yah, sesama anak muda, meskipun kita melakukan tindakan pengabdian yang bermakna, kita juga bisa bersenang-senang. Karena pada saat kita mengabdi, kita juga merasakan kebahagiaan.

Kita belajar, sebagai anak muda yang penuh energi dan penuh potensi, untuk hidup mengabdikan diri pada kemajuan bersama, baik kemajuan spiritual dan kemajuan material.

Anyway. Petualangan hari ini dimulai pagi hari, dan seharian ada di dalam kereta πŸ˜€

Ya, malam ini tadi baru sampai di Jember jam 8 malam. Dan teman-temanku baru saja menjemput kita di Stasiun Jember.

Duduk seharian di kereta, berinteraksi dengan sekitar, juga berimaginasi untuk berkarya, membuatku cukup lelah.

Saatnya istirahat, kawan! πŸ™‚

Selamat istirahat ya! Ayo anak muda, bangkit mengabdi untuk kebaikan bersama!

16 Oct

Lempuyangan, Jogjakarta

Hi kawan! πŸ™‚

Petualangan hari ini sih, seharian aku di Lempuyangan, di kosan πŸ™‚

Tapi banyak sekali yang kulakukan. Makanya meski cuman di kosan, tapi berasa padat, cukup lelah, tapi happy πŸ™‚

Paginya, aku belanja ke pasar Lempuyangan πŸ˜€

Interior pasar Lempuyangan Jogjakarta
Interior pasar Lempuyangan Jogjakarta

Yah masak sendiri lebih hemat lebih sehat πŸ˜€

Karena buatku juga melatih skill memasak sob! πŸ˜€

IMG_20151016_093821-1
Eksterior pasar Lempuyangan

Oya kali ini sih masak yang sederhana aja, tapi tetep sehat.. sayur-sayuran, hehe..

Pasar sih deket banget dari kosan.. jadi ya sekalian jalan-jalan.
IMG_20151016_094008-1Abis belanja, langsung masak!
IMG_20151016_103326Hmm.. masak itu salah satu petualangan yang seru kawan! πŸ˜€

Kalian harus coba!

Trus seharian sih aku lanjutkan proyek rencana yang akan terbitkan buku itu..

Hmm.. gak gampang juga berjuang menerbitkan sebuah karya kawan πŸ™‚

Jadi apresiasilah setiap karya, karena pasti ada perjuangan keras di baliknya. πŸ˜‰

Sorenya sih kita lanjutkan olahraga sama anak-anak dan remaja di lingkungan sekitar.

Ini foto beberapa hari lalu. Tadi sore nggak sempat foto sobat :D asyik main bolanya
Ini foto beberapa hari lalu. Tadi sore nggak sempat foto sobat πŸ˜€ asyik main bolanya

Seperti yang aku kemaren sempet share kawan, tentang rencana kita mau mengabdi dengan mengajak para remaja untuk membentuk kelompok remaja, dimana mereka bisa mengembangkan kapasitasnya untuk mengabdi πŸ™‚

Malamnya, kita musyawarah sama muda/i dari Jogja, Sleman, Bantul..

Ini juga foto lama :D tadi nggak kepikiran untuk foto, karena seru aja..
Ini juga foto lama πŸ˜€ tadi nggak kepikiran untuk foto, karena seru aja..

Sama kawan..Musyawarahnya, bagaimana kita mengabdi pada masyarakat sekitar kita πŸ™‚

Dengan berbagi dan menerapkan bahwa kita adalah manusia yang satu, manusia yang mulia πŸ™‚

Ya.. kita sedang terus belajar dan berusaha πŸ™‚

Yuk berusaha bareng..

Have a blessed day ya..

24 Sep

Diskusi UGM

Hi sobat!

Ayo jadikan hari kita sehat, hari kita hebat! πŸ˜€

Hari ini nih.. aku bener-bener merasakan jiwa muda, kawan! πŸ˜€

*Tapi tiap hari ya merasakan semangat muda sih, ga cuman hari ini πŸ˜€

Masih di Jogja nih..

Hari ini tadi aku diskusi sama beberapa mahasiswa dari UGM dan juga Atma Jaya.

IMG_20150924_125235-1

IMG_20150924_125307-1

Diskusi tentang perspektif dan keyakinan Agama Baha’i, yaitu tentang kesatuan umat manusia..

Ya.. kita belajar banyak, lebih memahami lagi, belajar lebih menerapkan lagi, tentang kesatuan umat manusia, tujuan utama Ajaran dari Baha’u’llah πŸ™‚

Dari diskusi itu, implikasinya kawan.. gimana kita sebagai generasi muda, ikut menyumbang di masyarakat, untuk membangun kesatuan di masyarakat kita πŸ™‚

Hmmm.. very nice learnings!

IMG_20150924_125621-1

Pagi sampe siang kita diskusi percakapan bermakna itu kawan..

Sorenya, aku balik ke kosan (di Jogja masih ngekos kawan πŸ˜€ )

Nah sorenya temenku sekosan, Ririk dari Lampung dan Ridwan dari Ambon, lagi enjoy banget main bola sama beberapa anak dan remaja dari lingkungan sekitar kosan.

PicsArt_1443113768079

Oya sob.. kita sih memang berencana ajak beberapa remaja dari lingkungan sekitar buat bentuk Kelompok Remaja, adalah Program Pemberdayaan Rohani Remaja, salah satu budaya masyarakat Baha’i di seluruh dunia, yang bertujuan mengeluarkan potensi dan kapasitas remaja baik spiritual dan intelektual, guna menyumbang pada kesatuan umat manusia, kebaikan semua umat manusia πŸ™‚

Oya, remaja itu sekitar umur 11-15 kawan.. dan program ini terbuka untuk semua remaja apapun latar belakangnya..

Jadi, kita mulai berkenalan sama remaja sekitar πŸ™‚

Ya.. ini salah satu usaha yang sedang kita lakukan kawan, untuk menerapkan Ajaran kesatuan umat manusia πŸ™‚

Sedang terus belajar untuk mengabdi dan bermanfaat bagi lingkungan kawan πŸ™‚ yaa.. di mulai dari lingkungan sekitar.

Nih aksi kita main bola..

IMG_20150924_171125-1

IMG_20150924_171137-1

IMG_20150924_171139-1

IMG_20150924_171249-1

Di Jawa, biasanya main bola yang ini disebut ‘kucing-kucingan’ πŸ˜€

Nah kan.. hari ini semangat banget! Jiwa muda banget! πŸ˜€

Yaahh.. kuakhiri hari dengan berkarya, sobat!

Nggambar!

Ini nih karya sederhana dan semoga memiliki makna πŸ™‚
IMG_20150924_230653Penjelasannya ga usah aku jelasin ya πŸ˜€ klik ini saja “Manusia Pohon”.

πŸ˜€

Have a blessed day guys!