28 Aug

Cari Ide dengan Jalan Kaki

Kawan..

Aku lagi nyari-nyari inspirasi.. nyari-nyari ide apa yang bisa berguna 🙂

Apapun gunanya, baik dampaknya kecil ataupun dampaknya besar di kemudian hari, I don’t think about it! 😉

Yang kurasakan saat ini, ya memang aku enjoy banget sama proses mencari ide. Itu kenapa aku buat program untuk diriku sendiri yaitu #iday, idea for today! supaya menjadi salah satu life style ku.. yaitu berkontribusi melalui ide! 😀

Saat aku lagi nulis ini, kata-kata yang sengaja diindah-indahin, hehe.. sebenarnya lah aku sedang memutar kepala (kepala bisa diputar?), aku sedang memeras otak (otak bisa diperas?).. buat nyari ide!

Ide apa? Apapun, asal berguna! *nah loh balik lagi penjelasan di atas tadi 😀

Okey.. ayo hanz, apa idenya?

Hmm.. sebenernya aku ini lagi termenung berimaginasi di kamar, sedang nyari ide. Isi kepala udah berimaginasi ke dimensi antah berantah, tapi badan masih pewe di kasur.

Isi kepala udah move on, tapi badan masih ogah-ogahan..

Ah musti keluar kamar ah! Ayo keluar! Jalan-jalan!

Wah.. waahh.. bentar.. bentaarr!!!

Aku dapet ide!

Aku dapet ideee!!! 😀

Simple sih, dan kayaknya nggak penting! Tapi penting! 😀

Iya.. spontan aja aku berpikir, bahwa ‘jalan-jalan adalah ide brilian!’

Iya.. isi kepala udah berkelana berimaginasi kemana-mana, masa bodi masih males-malesan! Ayo dong ajak bodi juga berkelana.. jalan-jalan!

Nah, pengembangan idenya.. ‘jalan-jalannya JALAN KAKI!’ 😀

IMG_20150914_091612

Ke mana??? Ke mana aja kaki melangkah! *cieh puitis* 😀

Ini baru seru!!!

Hahaha..

Jadi… idenya apa hanz untuk hari ini???

Idenya…

“Jalan kaki berkelana ikutin berkelananya isi kepala buat temuin ide asik nan berguna!” lukmanhanz

Udah dulu yaa.. aku mau jalan-jalan, jalan kaki dulu! see you 😉

13 Jul

Mencari Ide, Mencari dan Terus Mencari!

Hey sobat!!! Kita diskusi yuk.. Seperti pembahasan kita sebelumnya tentang Realisasikan Idemu! Aku tertarik untuk berbagi dan diskusi dengan kalian tentang bagaimana kita bisa mencari ide..

Mencari ide

Mencari ide dengan amati sekitar

Beda lho mencari ide dan mendapatkan ide.. kalau mendapatkan ide itu secara tak terduga tiba-tiba kita dapatkan. Jadi terilhami suatu ide. Orang seperti itu terbiasa dengan visi dan intuisi.

Menurutku, itu bisa dikembangkan dalam diri kita, kawan! Saat kita terus mengasah mencari ide.

Nah, itu kenapa mencari ide perlu perjuangan!

Perlu kesabaran, ketekunan, dan keuangan *lho? hahaha.. becanda ah! 😀

Yaa bedanya mendapatkan ide itu memang anugrah, berkah. Tapi kalau mencari ide, itu perjuangan untuk mendapatkan anugrah, berkah itu 🙂

Ada saja kan, orang yang tiba-tiba terilhami mendapatkan ide brilian, dan ide itu ternyata sangat berguna. Contohnya Mark Zuckerberg yang mendapatkan ide Facebook saat dia masih kuliah, ya dia terilhami tentang Facebook..

Ada juga orang-orang yang berjuang mencari ide karena hasratnya akan ide itu. Thomas Alfa Edison contohnya, beliau berjuang siang malam mencari cara, ide supaya temuannya bisa benar-benar direalisasikan..

Itu sedikit gambaran guys tentang mencari ide..

So, gimana caranya kita mencari ide? Menurutku ada 3 cara ampuh dalam mencari ide, kawan.. 🙂

Yakin bisa! Sudah menjadi hukum universal kawan, bahwa siapa saja yang berkeyakinan ‘PASTI BISA’, dia akan benar-benar bisa melakukannya, termasuk mencari ide!

Ini aku bukan seolah-olah seperti motivator lho ya, hehehe.. Ini konteksnya pengalaman dimana banyak orang sudah mengalaminya, termasuk aku juga mengalaminya 🙂 Ketika aku YAKIN saat mencari ide, beberapa saat kemudian kudapatkan ide itu!

Bebaskan imaginasi! Seperti yang aku sampaikan juga kawan, jadilah seperti anak-anak, yang bebas tanpa beban berimaginasi sesuka mereka, dan mereka menikmatinya, dan mereka mendapatkan banyak ide di sekitarnya 🙂

Bebaskan imaginasi di sini untuk hal yang positif dan berguna lho guys.. bukannya imaginasi yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Ya sayang aja kan, daya luar biasa seperti imaginasi harus terbuang untuk hal yang nggak perlu, hehehe..

Pilih caramu, itu gayamu! Yes guys.. menurutku di sini lah kita berekspresi.. mencari ide itu bentuk kreativitas, dan gaya kreativitas setiap orang berbeda-beda.. Lakukan yang membuat kita nyaman 🙂 Jadi diri sendiri!

Banyak orang bisa produktif saat mereka merasa nyaman. Mencari ide juga gitu.. Kita ada yang nyaman menyendiri, nyaman saat di pantai, saat mau tidur, bangun tidur, bahkan ada juga orang yang nyaman nyari ide saat sedang poop, termasuk aku! 😀 It’s you, guys.. Be you! 🙂

Dan, kawan.. mencari ide itu suatu proses! Kita akan terus mencari dan mencari.. terus menikmati dan menikmati.. proses itu! 🙂

Semoga sharingku tentang mencari ide bisa bermanfaat untuk kita bersama ya..

Anything to discuss? Let’s do it!

“Mencari ide.. terus mencari dan menikmati! Be believe, be free, be you!” hanz

12 Jul

Realisasikan Ide, Ciptakan Hal Baru

realisasikan ide

Senyuman saat realisasikan ide

Smile for you, guys.. 🙂 Ayo awali hari dengan senyuman 🙂 Dengan begitu harimu akan seindah senyummu *cieh! Okeh, langsung saja aku mau berbagi dan diskusi dengan kalian, sobat.. tentang ide! Khususnya tentang realisasikan ide!

“Hmmmm… Apa ya?” begini ini pikiran semua orang kalau sedang mikirin sesuatu yang namanya ide..

Mikirin ide bisa bikin galau daripada mikirin pacar, hahaha.. karena mikirin ide susah-susah gampang, penuh gejolak, tapi menyenangkan 😀

Mikirin ide Skripsi (nah loh!), ide gimana caranya nyari pacar, atau juga ide gimana biar anti galau kalau pacaran (kalau ada bukunya pasti laku keras nih 😀 ), sama ide gimana biar bisa dapat duit *paling bikin galau, yakan? 😛

Hmmm.. sepertinya itu ide untuk diri sendiri saja. Tapi bagi orang yang berjiwa sosial, pasti nyari ide gimana bisa bermanfaat untuk lingkungan dan orang lain di sekitarnya.. Mantap!

Well, itu tujuannya ide-ide tadi yah, untuk ini lah, untuk itu lah.. Semua orang berhak punya tujuan masing-masing saat mencari ide..

Menurutku itu aspek pertama untuk realisasikan ide; tentukan tujuan!

Yang kedua, cari atau dapatkan ide!

Mencari ide, yang memang susaaaahhh, tapi gampang.. sering bikin gak enak makan, gak enak tidur, dan gak enak ngapa-ngapain, karena gak nemu-nemu idenya.

Ini bagi orang yang sudah punya tujuan jelas, tapi gak tau ide apa untuk mencapai tujuannya. Misal tujuannya jelas untuk Skripsi, tapi gak tau ide apa untuk Skripsi.

Menurutku, semakin berat kita mencari ide, semakin gak ketemu, semakin sulit realisasikan ide.. karena ide itu mengalir alami dari pikiran kita. Saat kita tenang, pikiran senang dan tanpa beban, kita mengamati apa saja pasti dapat ide!

Coba kita lihat anak kecil, kok mereka banyak sekali ide-idenya saat main.. Yaa, imaginasi mereka bebas tanpa beban! Ayo tiru anak kecil, bebaskan imaginasi, tanpa beban.. cari ide brilian! 🙂

Ide ada di mana-mana, inspirasi dari apa saja. Jadi ide bisa muncul kapan saja meski tanpa kita cari.. Itu kenapa, ide nggak hanya kita cari, tapi juga bisa kita dapatkan tiba-tiba.. seperti dapet ilham gitu lah, hehe..

So guys.. itu 2 hal penting untuk realisasikan ide; mencari atau mendapatkan ide dan tujuan dari ide itu sepaket, saling berkolaborasi!

Yaa kalau sudah ada tujuan yang jelas, bebaskan imaginasimu, amati sekitarmu, cari idemu, dan realisasikan ide itu!

Tapi kalau terilhami ide brilian, catat dan ingat! Lalu tetapkan tujuan ke depan, dan realisasikan ide itu!

Saatnya realisasikan ide kita kawan, ciptakan hal-hal baru, buat dunia lebih berwarna dengan kontribusi kita bersama!

Nice! 🙂

Ayo, kawan.. kita diskusi tentang hal ini!

“Kolaborasikan ide dan tujuan, lalu realisasikan ide itu kawan!” hanz