28 Sep

Keliling UGM

Hari ini petualanganku seru juga kawan! 😀

Btw gimana kabar sobat? Semoga harimu seseru semangatmu! 😀

Siang ini tadi aku bertualang jalan-jalan (jalan kaki) keliling UGM Jogjakarta.
PicsArt_1443443087560Ya memang rencana mau ketemu temenku sih.. tapi pas mereka pada gak bisa.

Jadinya ya aku bertualang sendiri, cari inspirasi, kali aja dapat teman baru juga 🙂

Taman Lembah UGM
Taman Lembah UGM

Jadi kangen masa kuliah 😀 karena saat melihat gerombolan mahasiswa, jadi teringat masaku dulu *hikss*

Para mahasiswa telusuri lorong kampus
Para mahasiswa telusuri lorong kampus

Ya.. ini apa yang aku amati saat bertualang guys..

Inilah, sekilas sisi Universitas Gadjah Mada!

Loker mahasiswa. Khas banget!
Loker mahasiswa. Khas banget!
This is campus rule!
This is campus rule!
Budaya diskusi, budaya universitas.
Budaya diskusi, budaya universitas.
UGM terapkan GoGreen dengan fasilitas sepeda kampus
UGM terapkan GoGreen dengan fasilitas sepeda kampus
Fasilitas sudah mewah. Kualitas harus wah.
Fasilitas sudah mewah. Kualitas harus wah.
Ada momen UGM Expo
Ada momen UGM Expo
UGM Expo, bertema lingkungan dan semesta.
UGM Expo, bertema lingkungan dan semesta.

Yaapp.. itu petualangan jalan kaki keliling UGM.

Jepretan foto di atas, jelas gak ada seujung jari dari bagian UGM yang luasnya banget!

Sorenya.. balik ke Lempuyangan.. coba berinteraksi sama remaja sekitar. Kayak yang aku bilang kemarin, kawan..

Kita, para pemuda, berusaha mengabdi di masyarakat, mengabdi dengan cara memberdayakan kapasitas para remaja (remaja itu umur 11-15 tahun) yang punya potensi besar.

Nah ini masih mengakrabkan diri, mulai lebih mengenal, mulai asik! 🙂

Kita main bola lagi nih sore ini 😀

Ini aksi kita..
IMG_20150928_163335IMG_20150928_163340Cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan 🙂
IMG_20150928_170810Seneng bareng remaja dan anak, bahagia yang sederhana dan bermakna kawan 🙂

Semoga hari kita selalu bahagia..

See yaa..

03 Sep

Petualangan Hidup lukmanhanz: Masa Kuliah

“Hidup Mahasiswa!”

Sungguh rindu rasanya masa-masa jadi mahasiswa dulu 🙂

Hari ini aku mau bernostalgia masa-masa kuliah dulu, kawan 🙂 Teringat hal ini karena kemarin aku mengunjungi Universitas almamaterku 🙂

Sebelumnya, aku mau sampaikan salam terima kasihku pada almamaterku, Universitas Airlangga Surabaya. Juga salam kangenku untuk semua, semua kawanku yang kukenal maupun kenal aku 😀 “Yaopo kabare rek? Tak Dungakno apik, seger waras yo! Kangen aku karo awakmu rek! 😀 ” *maaf ya, dalam bahasa Suroboyo, yang artinya: Gimana kabarnya, kawan? Aku doakan baik dan sehat selalu ya. Aku kangen sama kalian..

Ya kawan.. 3 tahun sudah sejak kelulusanku 2012 silam. Sering aku teringat momen-momen indah tak terlupakan pada masa-masa itu..

Masa dimana sebagai pemuda, bebas berekspresi, bebas berimaginasi, memperluas jaringan persahabatan, memperluas ilmu dan pengalaman.

Aahh.. indahnya masa kuliah! Kata dari hatiku saja tak cukup gambarkannya!

Well.. kangen kampus ini salah satu motivasiku untuk lanjut sekolah. S2! 🙂

Jelas, motivasi utama adalah untuk semakin belajar, semakin mengembangkan kapasitas! 🙂

Okeeyy, balik lagi ke masa-masa kuliah!

Tulisan ini jelas nggak bisa menggambarkan secara utuh masa 4 tahunku menempuh Sarjana!

Ini kawan.. masa menakjubkan 8 semester di Universitas Airlangga Surabaya..

Ospek!

ospek kuliah

Seperti kebanyakan Ospek yang sudah-sudah kawan.. dari generasi ke generasi, selalu perploncoan 😀 yaahh belum bisa berubah. Kisahnya, ya memang banyak sobat yang jadi lebih dekat, lebih dekat lagi 🙂 Tapi itu masih kisah awal masa kuliah! 🙂

Perkuliahan!

Selama 8 semester, kuliah di Universitas Airlangga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, sungguh sesuai passionku! Ilmu di bidang ilmu pengetahuan dan seni. Pantas saja jargon untuk Jurusan Manajemen ini adalah, ‘Management is science and art!’

Mahasiswa dengan Guru Besar FEB UA

Mahasiswa dengan Guru Besar FEB UA

Manajemen tak hanya soal bisnis, perusahaan, tapi juga ilmu tentang kehidupan, manusia, dan masyarakat 🙂 Menarik sekali! Karena di awal-awal semester kita para mahasiswa mempelajari Ilmu Manajemen secara mendasar dan secara umum. Yaa yang aku bilang itu kawan, Manajemen dalam perspektif ilmu bisnis, perusahaan, serta kehidupan manusia dan masyarakat.

Dan, menjelang semester akhir, mulai semester 5, para mahasiswa dianjurkan untuk memilih konsentrasi (penjurusan). Dan memilihnya harus sesuai minat dan bakat 🙂 Ada 4 konsentrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, dan Manajemen Pemasaran.

Aku pilih Manajemen Pemasaran (MP). Itu minatku 🙂 dan ada sebagian bakatku 😀

Kawan, biasanya sih.. keempat konsentrasi saling berargumen, dialah konsentrasi terpenting, tervital, dalam dunia manajerial. Bagiku, semuanya vital, saling terkoneksi menjadi satu kesatuan untuk kemajuan perusahaan! *aseeek!

Ya.. ilmu selama perkuliahan, harus terus diterapkan dalam kehidupan.. siap kawan! 🙂

Persahabatan!

Sobat-sobatku Manajemen 2008 (oya, aku mahasiswa angkatan 2008 ya.. wuihh lama banget, udah tua! :p ) mereka semua unik-unik, asik-asik, keren-keren! 😀

collage_20150724231516111

Kita biasanya main futsal bareng, nongkrong bareng, maen ke mall bareng, makan ke resto bareng, buat kreasi bareng.. ini anak kuliahan apa genk-genkan? – bentaarr.. hal itu semua, dilakuin di samping waktu kuliah! 😉

Iya.. Di samping waktu kuliah yang sibuk masuk kuliah (kadang ya TA *titip absen* -bandel ya? 😀 ), sibuk garap tugas bareng sebelum masuk kuliah, sibuk nyari, minjem, lalu fotokopi catetan temen kalo besok ada kuis/ujian, atau sibuk diskusi pas ujian *ups!* Ternyata kuliah ya sama aja ada bandel-bandelnya, ya itu realita kawan, ada yang bilang ‘demi persahabatan!’ 😀

Kalo aku sih, bukannya jadi sok baik, sok suci, tapi berusaha meminimkan kebandelan masa kuliah, haha!

Organisasi!

Hal keren yang bisa dilakukan semasa kuliah adalah ini.. berorganisasi!

collage_20150724231946510

Intinya sih.. sibuk bikin acara daripada gak ada acara! 😀

Hahaha.. itu bahasa kasarnya, tapi bahasa kerennya..

Untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa, baik secara akademik maupun soft skill! 😉

Ada kan, istilah mahasiswa aktivis kampus! mahasiswa sering rapat! dan ada juga mahasiswa kupu-kupu, kuliah-pulang kuliah-pulang! 😀

Selama berorganisasi, aku belajar langsung menerapkan ilmu perkuliahan yang mempelajari tentang ‘networking’ menjadi nyata di organisasi kawan! 🙂 keren!

Bisnis!

Wah! lagi trend saat itu, saat masa-masa aku kuliah.. tentang entrepreneurship!

Menjadi mahasiswa pengusaha!

mahasiswa pengusaha lagi mengontak investornya :D

mahasiswa pengusaha lagi mengontak investornya 😀 *foto: dhiyanti

Selain jadi mata kuliah, ada juga beberapa komunitas yang mewadahi mahasiswa untuk berwirausaha, serta kita sendiri para mahasiswa langsung berinisiatif berwirausaha.

Aku termasuk mahasiswa yang berinisiatif berwirausaha 😀 tapi sering gagalnya! 😀 gak apa.. toh ciri khas pengusaha kan ya satu kata pamungkas ini.. ‘gagal!’ 😀

Ya.. sampe sekarang pun, semangat wirausaha ini terus kujalani! Meski jatuh bangun, terus berjuang! 🙂

Pengabdian!

Masa kuliah, selain kuliah, organisasi, dan bisnis, aku juga sering terlibat dalam pengabdian masyarakat kawan..

Ya, sedang terus berusaha terlibat membanguh kesatuan di masyarakat 🙂

Di Masa Pengabdian pernah aku ceritakan toh 🙂

Yess.. pengabdian masyarakat selama kuliah juga kupelajari selama masa KKN.

collage_20150724232300224

Seru abis pokoknya pengalaman KKN selama sebulan di Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Selain mengabdi sesuai ilmu keahlian kami, para mahasiswa juga belajar sebagai tim kerja!

Masa KKN serasa bahagia, tiap hari ketawa! 😀 mengabdi pada anak-anak, pemuda-pemudi, juga orang-orang dewasa di masyarakat.

Bolang!

Nah tak lupa menjadi petualang!

IMG_20150724_111124

Ya kawan! semasa kuliah juga sering menjadi bocah petualang! 🙂

Kalo liburan kuliah 1-2 bulan, ada beberapa pilihan: ambil semester pendek biar cepet lulus atau perbaiki nilai yang mengulang (waahh aku ga pernah ambil semester pendek, hehe.. syukurlah 😀 ), kerja part time ngisi liburan, atau menjadi petualang selama liburan.

Aku pilih bertualang selama liburan! 🙂

Lulus!

Kawan, dengan banyaknya fokus yang kulakukan 😀 banyak banget aktivitasku selama masa kuliah, hehe.. sempat dulu itu kayaknya kuliahku bakalan molor. Lha ya.. pernah dulu dapet IP 2,14 😀 , trus, semester 7 dan 8 yang harusnya fokus skripsi, malah harus ngulang kuliah semester-semester awal 😀 kalo ga salah semester 7 ambil 21 sks (7 mata kuliah) semester 8 ambil 12 sks (4 mata kuliah) + 6 sks untuk skripsi, jadi total 20 sks! 😀

Ini bukan cerita hebat lho ya, haha! Tapi pelajaran berharga buatku, untuk belajar fokus dan melakukan yang terbaik! 🙂

Syukurlah akhirnya bisa lulus tepat waktu 8 semester dengan hasil cukup memuaskan 🙂

Terima kasih pada semua pihak yang membuatku seperti ini 🙂

Terima kasih Pak.. Bu..

Terima kasih Pak.. Bu..

Khususnya Bapak-Ibuku, yang selalu membimbingku, mendukungku!

Ya kawan, 20 Oktober 2012 aku diwisuda, bersama ribuan lulusan Universitas Airlangga! 🙂

Ayo kita sama-sama menatap masa depan! Berjuang!

Sungguh.. tak akan terlupa masa indah di dunia Universitas Airlangga! Semoga para alumni selalu berusaha melakukan yang terbaik dan berkontribusi pada sesama dan semesta! 🙂

“Untuk Airlangga, salam persahabatan yang tak lekang oleh waktu, dari sahabatmu yang sangat mencintai petualanganz” lukmanhanz