27 Nov

Pemandangan Menuju Kajoran, Magelang

Hari ini aku melanjutkan perjalanan lagi kawan..

Ke Magelang lagi.. Desa Kajoran 🙂

Melanjutkan semangat petualangan, semangat pengabdian.

Ya.. Seperti yang sudah aku sampaikan kawan.. Di Desa Kajoran aku bersama dengan masyarakat di sana sedang belajar bersama untuk mengabdi pada masyarakat setempat.

Tapi kunjunganku kali ini masih silaturahmi saja..
Nanti proses pengabdian itu akan aku bagikan kawan 🙂

Yang aku nikmati dari perjalanan kali ini adalah Alam Magelang yang hijau!

Indah sekali…

Slogan kota Magelang adalah Magelang Gemilang.

Semoga Magelang tetap asri dan gemilang! 🙂

Well.. Ini nih beberapa foto Magelang Gemilang yang kuabadikan..
IMG_20151112_171359-1IMG_20151112_171500-1IMG_20151112_172223-1

IMG_20151112_172201-1Kalau aku deskripsikan perjalananku kali ini dalam 3 kata..

Ijo, adem, tentrem!

😀

Ini dulu yang aku bagikan hari ini kawan.

See you on my next journey!

27 Oct

Dari Magelang, Balik ke Jogja untuk Bekerja dan Berkarya

Sang Fajar menyapa di pagi yang dingin, di Desa Kajoran, Magelang. IMG_20151027_054827-1Selamat pagi kawan! 😀

Hari ini bakal secerah sinar matahari, ayo semangat!

Yes.. Kalo aku, pagi ini langsung balik lagi ke Jogja. Setelah bercengkrama dengan tuan rumah dan sarapan bersama mereka, Mas Agus dan keluarga, Terima kasih Mas Agus 🙂 aku persiapan menuju Jogja!

Balik ke Jogja, balik bekerja dan berkarya. Semangat! 😀

Yiuuhh.. Perjalanan Kajoran, melewati jalanan pegunungan, super awesome! Kamera sengaja tak kukeluarkan untuk abadikan momen ini, biarkan saja mataku yang dimanja..

Motoran, nyantai, 1,5 jam tanpa istirahat.

Sampai Jogja.. Langsung bekerja produksi Susu Kedelai Sehat. 🙂 IMG_20151027_115921-1Kenapa aku sebut Susu Kedelai Sehat, kawan? Simple aja sih.. Karena bahan-bahannya alami (air, kedelai, gula, garam, daun pandan, udah itu aja) dan tanpa campuran macem-macem.

Fresh langsung matang, langsung kemas langsung jual 😀 IMG_20151027_195657-1-1Nah itu beberapa botol produksi hari ini. Aku produksi 12 botol 1,5 liter hari ini, laku 8 sisa 4. Syukurlah.. Terima kasih Tuhan 🙏

Oya, jadinya nggak aku kasih label sob 😀 alasannya sih panjaaannggg 😀 bisa-bisa satu postingan sendiri, hehe..

Well.. Ayo semangat bekerja dan berkarya!

26 Oct

Dari Solo Menuju Kajoran, Magelang

Hari ini petualangan berlanjut kawan 🙂

Setelah kemarin ikut belajar dan mengabdi di Solo, hari ini perjalanan dilanjutkan.

Balik dulu ke Jogja! 😀

Wiihh, jalan-jalan terus hanz! Semangat jalankan amanat! 🙂

Oya, pagi hari.. Dari tempat temanku, di daerah Jebres Solo, aku langsung menuju Stasiun Balapan Solo. IMG_20151026_064947-1-1Naik Batik Solo Trans (BST). Keren, kan.. Ikutan berdiri 😀 ya.. jamnya pelajar masuk sekolah 🙂 Tarif 3ribu rupiah, bayar langsung ke kondektur 😀

Aku belum terlalu ngerti rute jalanan di Solo sob.. Eh nggak lama kemudian udah sampe Stasiun Balapan Solo aja. IMG_20151026_065943-1-1SOLOBALAPAN rasane koyo wong kelangan *lho malah nyanyi*

Yah sampe sini langsung beli tiket ke Jogja! Sayangnya, telat belum beruntung beli tiket Prameks, jadinya mesti beli tiket lainnya yang lebih mahal dikit. IMG_20151026_082409-1Naik kereta Madiun Jaya. Yaelah hanz beda 7rebu doang sama Prameks! *eh 7rebu di Jogja bisa beli nasi telur di Burjo 😛

Sambil nunggu Kereta Madiun Jaya.. IMG_20151026_081101-1-1Ing Setasiun Balapan Kuto Solo sing dadi kenangan… Nyanyi lagi 😀

Ya sob, aku enjoy banget denger lagu-lagu Jawa. Serasa terbang melayang terbuai dendangannya 😀

Nunggu sambil nyanyi gak kerasa yang ditunggu udah nongol.. IMG_20151026_082441-1Keretanya berasa kayak di Jepang ya 😀 haha.. Keren! Di dalam kereta pun, lanjut lagi berdiri. Kereta penuh. But I enjoy it 🙂

Moodku lagi pengen denger musik, nyari inspirasi, jadi nggak terlalu ngobrol banyak sama kenalan baru, hal yang juga sering kulakukan selama perjalanan.

2 hal itu, selalu temani perjalananku, berinteraksi dengan teman baru dan berimaginasi tentang hal baru.

Setelah sekitar 1 jam, sampai juga di Jogja. Take a break bentar. Sambil persiapan.

Persiapan mau kemana hanz?

Lanjutkan perjalanan, kawan.. Ke Magelang! Tujuannya sih ke Desa Kajoran Kabupaten Magelang, kawan.

Sama seperti tujuanku ke Solo kemarin, di Magelang aku dan partnerku sedang berusaha untuk mengabdikan diri di masyarakat sekitar kita.

Melalui proses belajar bersama dan musyawarah, kita sedang terus belajar berkontribusi untuk kebaikan bersama.

Anyway, untuk proses belajar kali ini nggak aku abadikan lewat gambar kawan.. Sayang sekali..

Tapi ini nih pemandangan yang awesome *menurutku, semoga juga menurutmu 😀

Hijau bentangkan damai
Hijau bentangkan damai
Pembibitan hiasi pinggir jalan
Pembibitan hiasi pinggir jalan
Apa yang kau rasakan, kawan.. Damai, sepi, atau ngeri? :D
Apa yang kau rasakan, kawan.. Damai, sepi, atau ngeri? 😀

Well.. Have a beautiful day guys! Enjoy your day!

04 Feb

Pengabdian Masyarakat di Jawa Tengah

HEEEYYY KAWAN!!! 😀

Antusias banget hanz?

Yes! Jadikan harimu antusias, kawan! 😉

Well, aku akan lanjutin cerita tentang ‘Masa Pengabdian‘.

Seperti yang aku bilang dari cerita Masa Pengabdian itu, tugas dan kesempatanku untuk melakukan pengabdian masyarakat berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

1381277_171020466426999_1865141621_n-1

Nah, sekarang aku mau cerita pengalaman dan pembelajaran yang aku dapatkan selama melakukan pengabdian masyarakat di Jawa Tengah. 🙂

Di Jawa Tengah, aku bekerja sama dengan beberapa rekan kerja di beberapa kota, antara lain: Pati, Semarang, Solo, Karang Anyar, Klaten, Magelang, Bantul, Sleman, dan Jogjakarta.

Apa yang kita semua lakukan?

Ya.. bersama-sama, siapapun kita, apapun latar belakangnya, membangun kesatuan, baik pikiran dan tindakan, untuk berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat untuk membangun kesatuan masyarakat. 🙂

1402465338604Misalnya yang kita lakukan di Pati, Klaten, Karang Anyar, Bantul dan Magelang.. bersama-sama dengan orang-orang dewasa dan pemuda di sana, kita bermusyawarah, menganalisa realita masyarakat untuk menentukan pengabdian masyarakat apa yang bisa kita lakukan di masyarakat tersebut, untuk kebaikan bersama. Ya, kita bermusyawarah dan bertindak bersama, karena kita yakin semua orang yang ada di dalam masyarakat bisa mengambil peranan penting dalam pengabdian.

SAM_4426Dan pengalaman di Semarang, Solo, Sleman, dan Jogja.. kita bersama-sama pemuda, para mahasiswa, dan juga orang dewasa, belajar bersama, bermusyawarah, dan juga bertindak melakukan pengabdian masyarakat untuk membangun kesatuan masyarakat.

Meskipun yang kita lakukan masih langkah awal dan tentunya belum meluas dan mempengaruhi perbaikan secara besar-besaran, tapi keyakinan dari usaha kita adalah bahwa kita sedang menyumbang ke kesatuan masyarakat, dan kita berusaha bersama-sama para anggota masyarakat sekitar untuk melakukan pengabdian masyarakat itu.

Perjuangan untuk mengabdikan diri ke masyarakat membutuhkan proses panjang dan konsistensi untuk terus berusaha berkelanjutan, untuk mewujudkan kesatuan masyarakat.

Melalui musyawarah, bertindak, dan refleksi bersama dari tindakan itu untuk belajar lebih lagi, kita sedang terus berupaya.. 🙂

Gimana menurut kalian sobat? Ada pendapat tentang pengabdian masyarakat dan upaya membangun kesatuan masyarakat? 🙂

Yes! Bagi kita semua yang pasti peduli pada masyarakat kita, dan mengharapkan perbaikan pada masyarakat 🙂

Let’s discuss…

“Ayo kawan bersama-sama belajar dan melakukan pengabdian masyarakat di Jawa Tengah, untuk kesatuan masyarakat! 🙂 ” hanz