14 Feb

Melanjutkan Touring Jawa Tengah – Pati ke Solo

Hi sobat!

Touring Jawa Tengah berlanjut hari ini 😀

_20160215_092541

Setelah dari Pati, aku menuju Solo kawan 🙂 Melewati jalur Purwodadi..

Selain minta petunjuk GPS untuk mencari jalan, kita harus teliti dengan papan petunjuk jalan, kawan :D
Selain minta petunjuk GPS untuk mencari jalan, kita harus teliti dengan papan petunjuk jalan, kawan 😀

Perjalanan sekitar 3 jam, sobat.. Itu kata om GPS 😀 Tapi perjalanan tadi aku tempuh selama 4 jam 😀

Yaa aku nggak terlalu ngebut sih, jadi sesekali berhenti untuk istirahat dan sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.. 😀

Hamparan sawah luas, wilayah perbukitan, sampai perkebunan kujelajahi.. Bersama motorku-sobat petualang! Aku nikmati perjalanan dengan panorama yang lumayan keren 😀

Nih beberapa yang kuabadikan, kawan 🙂

Jalanan dan persawahan membentang!
Jalanan dan persawahan membentang!
Sapaan perbukitan di kejauhan..
Sapaan perbukitan di kejauhan..
Rindangnya perkebunan sejukkan perjalanan *bikin ngantuk, hehe
Rindangnya perkebunan sejukkan perjalanan *bikin ngantuk, hehe

Yah meskipun fotonya nggak keren-keren amat ya, hehe.. setidaknya selama perjalanan aku cukup terpukau dengan alam Jawa Tengah 🙂 Jadi nggak kerasa capek pas perjalanan, tapi malah ngantuk karena asri dan rindangnya alam 😀

Total perjalanan yang menempuh jarak sekitar 112 km dan menghabiskan waktu selama 4 jam itu nggak sampai menghabiskan bahan bakar premium (yang per liternya sekitar Rp. 7ribuan) Rp. 20ribu, kawan 😀 Irit banget kan motorku-sobat petualanganku..

Sesampainya di Solo aku langsung menuju tempat salah satu sobatku. Yang rumahnya di sekitar Universitas Sebelas Maret Solo (UNS).

Ngga ketemu Gapura Selamat Datang Solo :D Foto Plang Penunjuk Arah aja :D Bukti sudah di Solo, hehe..
Ngga ketemu Gapura Selamat Datang Solo 😀 Foto Plang Penunjuk Arah aja 😀 Bukti sudah di Solo, hehe..

Kita langsung bermusyawarah dan berdiskusi merencanakan upaya pengabdian kita untuk membangun kesatuan di masyarakat, kawan 🙂

Yah, seperti yang sering aku ceritakan, sobat! 🙂 Tetap bertualang, tetap mengabdi pada masyarakat..

Karena serunya diskusi kita, sampai nggak sempat kita foto-foto.. Terkadang nggak semua hal harus difoto ya 😀

Serunya hari ini nggak cuman petualangan perjalanan, kawan.. Tapi juga pengalaman spiritual malam ini 🙂

Setelah aku musyawarah dengan beberapa teman di Solo, kita diundang salah satu kerabat kita di Karang Anyar untuk menghadiri Doa Bersama di rumahnya 🙂

Suasana bersahabat dalam Doa Bersama. Dihadiri umat Islam, Katolik dan Baha'i.

Suasana bersahabat dalam Doa Bersama. Dihadiri umat Islam, Katolik dan Baha’i.

Menarik sekali, bagaimana ruang-ruang untuk membina keharmonisan dan kesatuan mulai dibangun di masyarakat itu.

Karena kekuatan doa juga bisa mengilhami dan memberi Rahmat untuk masyarakat tersebut menjadi lebih bersatu, menjadi lebih rohani dan bisa mengatasi tantangan masyarakat dengan musyawarah bersama.

Ya sobat.. Itulah sebenarnya yang aku pelajari dari petualangan-petualanganku ke beberapa wilayah 🙂 Semangat bertualang dan semangat untuk mengabdi dan membangun kesatuan di masyarakat kita.

Ya, memang inspirasinya bersumber dari Ajaran Baha’u’llah, dan memang untuk kita semua apapun latar belakangnya. Karena kesatuan umat manusia itu keniscayaan, kawan.. 🙂

Well, hari yang indah..

Malam ini saatnya terlelap! 😀

21 Sep

Mengabdi dalam Kelompok Remaja

Sobat.. Gimana kabarmu hari ini? 🙂

Semoga hari kita secerah harapan kita! 🙂

Nah, terkait tentang harapan.. aku mau share tentang generasi yang penuh harapan kawan 🙂

Ya.. generasi ini adalah generasi remaja.

Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat
Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat

Masa remaja, di kehidupan manusia itu sekitar usia 11-15 tahun kawan. Ya seusia SD kelas 6 sampai SMP. Memang usia-usia itu sedang mengalami masa transisi, dari anak-anak ke masa muda.

Mereka memiliki potensi sifat-sifat rohani seperti kejujuran, cinta kasih dan mencari kebenaran. Pikiran kritis mereka mulai muncul, rasa keingintahuan mereka akan banyak hal, dan energi mereka yang besar juga tak bisa dipungkiri.

Dan saat semua potensi itu diarahkan ke hal yang bermanfaat untuk kebaikan masyarakat, manfaatnya sungguh besar kawan 🙂

Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi "Tiupan-Tiupan Penguatan" yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.
Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi “Tiupan-Tiupan Penguatan” yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.

Kelompok remaja adalah ruang untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki para remaja, baik potensi spiritual maupun intelektual, untuk bisa mengabdi dan berkontribusi pada lingkungan masyarakat sekitarnya 🙂

Dalam kelompok remaja itu ada elemen materi, proyek pengabdian, dan kegiatan pelengkap seperti seni dan olahraga.

Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat :)
Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat 🙂

Upaya itu dilakukan atas dasar keyakinan bahwa para remaja memiliki potensi spiritual maupun intelektual yang sangat besar, yang bila diberdayakan akan mampu berkontribusi pada kebaikan bersama 🙂

Itu sebabnya program ini disebut Program Pemberdayaan Rohani Remaja.
Program ini memang terinspirasi dari Ajaran Agama Baha’i kawan 🙂

Masyarakat Baha’i di seluruh dunia menerapkan program ini sebagai bentuk pengabdiannya pada masyarakat dan pada kesatuan dan persatuan di masyarakat, hal yang menjadi tujuan masyarakat Baha’i seluruh dunia 🙂

Yang pada dasarnya, tujuan semua Agama adalah itu kawan 🙂 tujuan semua Agama Tuhan adalah cinta dan kesatuan. Itulah tujuan Agama Tuhan, yang mana Agama Tuhan adalah satu, karena semua Agama bersumber dari Satu Sumber Ilahi, Yang Maha Kuasa.

04 Feb

Pengabdian Masyarakat di Jawa Tengah

HEEEYYY KAWAN!!! 😀

Antusias banget hanz?

Yes! Jadikan harimu antusias, kawan! 😉

Well, aku akan lanjutin cerita tentang ‘Masa Pengabdian‘.

Seperti yang aku bilang dari cerita Masa Pengabdian itu, tugas dan kesempatanku untuk melakukan pengabdian masyarakat berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

1381277_171020466426999_1865141621_n-1

Nah, sekarang aku mau cerita pengalaman dan pembelajaran yang aku dapatkan selama melakukan pengabdian masyarakat di Jawa Tengah. 🙂

Di Jawa Tengah, aku bekerja sama dengan beberapa rekan kerja di beberapa kota, antara lain: Pati, Semarang, Solo, Karang Anyar, Klaten, Magelang, Bantul, Sleman, dan Jogjakarta.

Apa yang kita semua lakukan?

Ya.. bersama-sama, siapapun kita, apapun latar belakangnya, membangun kesatuan, baik pikiran dan tindakan, untuk berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat untuk membangun kesatuan masyarakat. 🙂

1402465338604Misalnya yang kita lakukan di Pati, Klaten, Karang Anyar, Bantul dan Magelang.. bersama-sama dengan orang-orang dewasa dan pemuda di sana, kita bermusyawarah, menganalisa realita masyarakat untuk menentukan pengabdian masyarakat apa yang bisa kita lakukan di masyarakat tersebut, untuk kebaikan bersama. Ya, kita bermusyawarah dan bertindak bersama, karena kita yakin semua orang yang ada di dalam masyarakat bisa mengambil peranan penting dalam pengabdian.

SAM_4426Dan pengalaman di Semarang, Solo, Sleman, dan Jogja.. kita bersama-sama pemuda, para mahasiswa, dan juga orang dewasa, belajar bersama, bermusyawarah, dan juga bertindak melakukan pengabdian masyarakat untuk membangun kesatuan masyarakat.

Meskipun yang kita lakukan masih langkah awal dan tentunya belum meluas dan mempengaruhi perbaikan secara besar-besaran, tapi keyakinan dari usaha kita adalah bahwa kita sedang menyumbang ke kesatuan masyarakat, dan kita berusaha bersama-sama para anggota masyarakat sekitar untuk melakukan pengabdian masyarakat itu.

Perjuangan untuk mengabdikan diri ke masyarakat membutuhkan proses panjang dan konsistensi untuk terus berusaha berkelanjutan, untuk mewujudkan kesatuan masyarakat.

Melalui musyawarah, bertindak, dan refleksi bersama dari tindakan itu untuk belajar lebih lagi, kita sedang terus berupaya.. 🙂

Gimana menurut kalian sobat? Ada pendapat tentang pengabdian masyarakat dan upaya membangun kesatuan masyarakat? 🙂

Yes! Bagi kita semua yang pasti peduli pada masyarakat kita, dan mengharapkan perbaikan pada masyarakat 🙂

Let’s discuss…

“Ayo kawan bersama-sama belajar dan melakukan pengabdian masyarakat di Jawa Tengah, untuk kesatuan masyarakat! 🙂 ” hanz

26 Jan

Anggota-Anggota Masyarakat dalam Pengabdian

Guys,

Apa kabar? Kabar baik? 🙂

Ayo kita diskusi.. aku mau sharing tentang salah satu aspek yang aku pelajari dari pengabdian di dalam masyarakat.

Aspek dalam masyarakat yang kita bahas ini adalah tentang anggota-anggota yang ada di masyarakat, ada anak-anak, para remaja, pemuda-pemudi, dan para orang dewasa.. Read More

09 Dec

Kesatuan Individu – Masyarakat – Lembaga

Kawan-kawanku tercinta, aku melihat keceriaan di wajah kalian semua 😀

Ayo kita bagikan keceriaan itu di sekitar kita…

Very nice.. What a day!

Okey, aku mau sharing tentang ‘Kesatuan di Masyarakat’ guys.. Nah kan sering banget tuh aku ngomong tentang mengabdi ‘Membangun Kesatuan di Masyarakat’..

Membangun kesatuan yang bagaimana? Masyarakat yang mana? *pasti tanya seperti itu, hehehe..

Siap, begini.. Read More