29 Dec

Junior Youth Camp – Jakarta

Hi kawan!

Aku mau share tentang program Camp Kelompok Remaja yang diadakan di Jakarta! Wah di wilayah perkotaan saja kita bisa melakukan Camp ya! 😀 Nanti aku share, sobat..

Jadi.. Program pemberdayaan rohani remaja memang sudah berjalan dan berkembang di Jakarta. Program ini ditujukan untuk para remaja usia 11-15 tahun, yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi dan kapasitas para remaja secara intelektual maupun spiritual.

Program ini terinspirasi dari ajaran agama Baha’i yang mana agama Baha’i mengajarkan tentang keesaan Tuhan, percaya bahwa semua agama adalah satu dan benar karena bersumber dari Sumber yang satu, serta ajaran tentang kesatuan umat manusia. Dan program remaja ini juga terbuka untuk siapa saja apapun latar belakangnya 🙂

Nah program Camp yang aku ikuti ini ada di 2 tempat, kawan.. Di wilayah Fatmawati tanggal 21-23 Desember dan di Bandengan Jakarta Utara tanggal 26-28 Desember, yang memang masa liburan anak sekolah. Itu salah satu alasan kenapa Camp ini diadakan, dan Camp ini sudah beberapa kali diadakan di Jakarta. Jadi konsep Camp itu digunakan karena program diadakan secara full dalam 3 hari. Nah karena belum memungkinkan untuk Camp di alam pakai tenda (ya suatu saat akan dilakukan 🙂 ), kali ini kita masih mengadakannya di rumah dan taman kota. 😀

Program-program yang dilakukan adalah pembelajaran materi, games dan olahraga, dan juga penampilan seni.

Setiap program yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan persepsi rohani para remaja, kekuatan ekspresi, serta struktur moral yang kuat, sebagaimana tujuan pengembangan kapasitas spiritual dan intelektual para remaja. 🙂

Pembelajaran materi, Camp kali ini para remaja belajar bersama buku Tiupan-Tiupan Penguatan, menceritakan tentang Musonda, remaja putri yang mulai memikirkan tentang masa depannya dan akan menjadi apa dia di masa depan. Di buku itu para remaja saling belajar dan mengeksplorasi konsep-konsep harapan, impian, usaha, dan di dalam setiap usaha akan selalu ada penguatan dari Tuhan. Sistem pembelajaran adalah diskusi yang ditemani animator, yaitu para muda-mudi yang lebih dewasa dari para remaja, yang berperan sebagai sahabat mereka dalam proses belajar.

_20161226_135334

Materi “Tiupan-Tiupan Penguatan”

Suasana diskusi yang interaktif

Suasana diskusi yang interaktif

Diskusi dalam kelompok-kelompok kecil

Diskusi dalam kelompok-kelompok kecil

Kegiatan games dan olahraga, dilakukan bersama dengan suasana ceria. Ada berbagai games untuk mengembangkan kepekaan remaja tentang konsentrasi, kerja sama, dan kreativitas.

Games kelompok untuk keceriaan bersama

Games kelompok untuk keceriaan bersama

Games untuk membangun kebersamaan dan persahabatan

Games untuk membangun kebersamaan dan persahabatan

Dan untuk penampilan seni, para remaja belajar mengekspresikan potensi-potensinya melalui berbagai bentuk seni, yang mana seni itu dapat menyumbang pada kesatuan dan kebaikan dalam masyarakat.

_20170111_125649

Belajar mengekspresikan dan mengapresiasi

Ekspresi seni untuk menyumbang pada kebaikan masyarakat

Ekspresi seni untuk menyumbang pada kebaikan masyarakat

Itulah kawan, salah satu kegiatan yang sedang dilakukan untuk membangun pemahaman dan upaya tentang kesatuan di masyarakat. Masyarakat Baha’i sedang menyumbang dan juga dengan terbuka siap bekerja sama dengan setiap orang dari berbagai latar belakang untuk bersama membangun kesatuan di masyarakat.

🙂

What a joyful moment in the end of 2016 😀

16 Oct

Lempuyangan, Jogjakarta

Hi kawan! 🙂

Petualangan hari ini sih, seharian aku di Lempuyangan, di kosan 🙂

Tapi banyak sekali yang kulakukan. Makanya meski cuman di kosan, tapi berasa padat, cukup lelah, tapi happy 🙂

Paginya, aku belanja ke pasar Lempuyangan 😀

Interior pasar Lempuyangan Jogjakarta
Interior pasar Lempuyangan Jogjakarta

Yah masak sendiri lebih hemat lebih sehat 😀

Karena buatku juga melatih skill memasak sob! 😀

IMG_20151016_093821-1
Eksterior pasar Lempuyangan

Oya kali ini sih masak yang sederhana aja, tapi tetep sehat.. sayur-sayuran, hehe..

Pasar sih deket banget dari kosan.. jadi ya sekalian jalan-jalan.
IMG_20151016_094008-1Abis belanja, langsung masak!
IMG_20151016_103326Hmm.. masak itu salah satu petualangan yang seru kawan! 😀

Kalian harus coba!

Trus seharian sih aku lanjutkan proyek rencana yang akan terbitkan buku itu..

Hmm.. gak gampang juga berjuang menerbitkan sebuah karya kawan 🙂

Jadi apresiasilah setiap karya, karena pasti ada perjuangan keras di baliknya. 😉

Sorenya sih kita lanjutkan olahraga sama anak-anak dan remaja di lingkungan sekitar.

Ini foto beberapa hari lalu. Tadi sore nggak sempat foto sobat :D asyik main bolanya
Ini foto beberapa hari lalu. Tadi sore nggak sempat foto sobat 😀 asyik main bolanya

Seperti yang aku kemaren sempet share kawan, tentang rencana kita mau mengabdi dengan mengajak para remaja untuk membentuk kelompok remaja, dimana mereka bisa mengembangkan kapasitasnya untuk mengabdi 🙂

Malamnya, kita musyawarah sama muda/i dari Jogja, Sleman, Bantul..

Ini juga foto lama :D tadi nggak kepikiran untuk foto, karena seru aja..
Ini juga foto lama 😀 tadi nggak kepikiran untuk foto, karena seru aja..

Sama kawan..Musyawarahnya, bagaimana kita mengabdi pada masyarakat sekitar kita 🙂

Dengan berbagi dan menerapkan bahwa kita adalah manusia yang satu, manusia yang mulia 🙂

Ya.. kita sedang terus belajar dan berusaha 🙂

Yuk berusaha bareng..

Have a blessed day ya..

28 Sep

Keliling UGM

Hari ini petualanganku seru juga kawan! 😀

Btw gimana kabar sobat? Semoga harimu seseru semangatmu! 😀

Siang ini tadi aku bertualang jalan-jalan (jalan kaki) keliling UGM Jogjakarta.
PicsArt_1443443087560Ya memang rencana mau ketemu temenku sih.. tapi pas mereka pada gak bisa.

Jadinya ya aku bertualang sendiri, cari inspirasi, kali aja dapat teman baru juga 🙂

Taman Lembah UGM
Taman Lembah UGM

Jadi kangen masa kuliah 😀 karena saat melihat gerombolan mahasiswa, jadi teringat masaku dulu *hikss*

Para mahasiswa telusuri lorong kampus
Para mahasiswa telusuri lorong kampus

Ya.. ini apa yang aku amati saat bertualang guys..

Inilah, sekilas sisi Universitas Gadjah Mada!

Loker mahasiswa. Khas banget!
Loker mahasiswa. Khas banget!
This is campus rule!
This is campus rule!
Budaya diskusi, budaya universitas.
Budaya diskusi, budaya universitas.
UGM terapkan GoGreen dengan fasilitas sepeda kampus
UGM terapkan GoGreen dengan fasilitas sepeda kampus
Fasilitas sudah mewah. Kualitas harus wah.
Fasilitas sudah mewah. Kualitas harus wah.
Ada momen UGM Expo
Ada momen UGM Expo
UGM Expo, bertema lingkungan dan semesta.
UGM Expo, bertema lingkungan dan semesta.

Yaapp.. itu petualangan jalan kaki keliling UGM.

Jepretan foto di atas, jelas gak ada seujung jari dari bagian UGM yang luasnya banget!

Sorenya.. balik ke Lempuyangan.. coba berinteraksi sama remaja sekitar. Kayak yang aku bilang kemarin, kawan..

Kita, para pemuda, berusaha mengabdi di masyarakat, mengabdi dengan cara memberdayakan kapasitas para remaja (remaja itu umur 11-15 tahun) yang punya potensi besar.

Nah ini masih mengakrabkan diri, mulai lebih mengenal, mulai asik! 🙂

Kita main bola lagi nih sore ini 😀

Ini aksi kita..
IMG_20150928_163335IMG_20150928_163340Cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan 🙂
IMG_20150928_170810Seneng bareng remaja dan anak, bahagia yang sederhana dan bermakna kawan 🙂

Semoga hari kita selalu bahagia..

See yaa..

24 Sep

Diskusi UGM

Hi sobat!

Ayo jadikan hari kita sehat, hari kita hebat! 😀

Hari ini nih.. aku bener-bener merasakan jiwa muda, kawan! 😀

*Tapi tiap hari ya merasakan semangat muda sih, ga cuman hari ini 😀

Masih di Jogja nih..

Hari ini tadi aku diskusi sama beberapa mahasiswa dari UGM dan juga Atma Jaya.

IMG_20150924_125235-1

IMG_20150924_125307-1

Diskusi tentang perspektif dan keyakinan Agama Baha’i, yaitu tentang kesatuan umat manusia..

Ya.. kita belajar banyak, lebih memahami lagi, belajar lebih menerapkan lagi, tentang kesatuan umat manusia, tujuan utama Ajaran dari Baha’u’llah 🙂

Dari diskusi itu, implikasinya kawan.. gimana kita sebagai generasi muda, ikut menyumbang di masyarakat, untuk membangun kesatuan di masyarakat kita 🙂

Hmmm.. very nice learnings!

IMG_20150924_125621-1

Pagi sampe siang kita diskusi percakapan bermakna itu kawan..

Sorenya, aku balik ke kosan (di Jogja masih ngekos kawan 😀 )

Nah sorenya temenku sekosan, Ririk dari Lampung dan Ridwan dari Ambon, lagi enjoy banget main bola sama beberapa anak dan remaja dari lingkungan sekitar kosan.

PicsArt_1443113768079

Oya sob.. kita sih memang berencana ajak beberapa remaja dari lingkungan sekitar buat bentuk Kelompok Remaja, adalah Program Pemberdayaan Rohani Remaja, salah satu budaya masyarakat Baha’i di seluruh dunia, yang bertujuan mengeluarkan potensi dan kapasitas remaja baik spiritual dan intelektual, guna menyumbang pada kesatuan umat manusia, kebaikan semua umat manusia 🙂

Oya, remaja itu sekitar umur 11-15 kawan.. dan program ini terbuka untuk semua remaja apapun latar belakangnya..

Jadi, kita mulai berkenalan sama remaja sekitar 🙂

Ya.. ini salah satu usaha yang sedang kita lakukan kawan, untuk menerapkan Ajaran kesatuan umat manusia 🙂

Sedang terus belajar untuk mengabdi dan bermanfaat bagi lingkungan kawan 🙂 yaa.. di mulai dari lingkungan sekitar.

Nih aksi kita main bola..

IMG_20150924_171125-1

IMG_20150924_171137-1

IMG_20150924_171139-1

IMG_20150924_171249-1

Di Jawa, biasanya main bola yang ini disebut ‘kucing-kucingan’ 😀

Nah kan.. hari ini semangat banget! Jiwa muda banget! 😀

Yaahh.. kuakhiri hari dengan berkarya, sobat!

Nggambar!

Ini nih karya sederhana dan semoga memiliki makna 🙂
IMG_20150924_230653Penjelasannya ga usah aku jelasin ya 😀 klik ini saja “Manusia Pohon”.

😀

Have a blessed day guys!

21 Sep

Mengabdi dalam Kelompok Remaja

Sobat.. Gimana kabarmu hari ini? 🙂

Semoga hari kita secerah harapan kita! 🙂

Nah, terkait tentang harapan.. aku mau share tentang generasi yang penuh harapan kawan 🙂

Ya.. generasi ini adalah generasi remaja.

Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat
Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat

Masa remaja, di kehidupan manusia itu sekitar usia 11-15 tahun kawan. Ya seusia SD kelas 6 sampai SMP. Memang usia-usia itu sedang mengalami masa transisi, dari anak-anak ke masa muda.

Mereka memiliki potensi sifat-sifat rohani seperti kejujuran, cinta kasih dan mencari kebenaran. Pikiran kritis mereka mulai muncul, rasa keingintahuan mereka akan banyak hal, dan energi mereka yang besar juga tak bisa dipungkiri.

Dan saat semua potensi itu diarahkan ke hal yang bermanfaat untuk kebaikan masyarakat, manfaatnya sungguh besar kawan 🙂

Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi "Tiupan-Tiupan Penguatan" yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.
Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi “Tiupan-Tiupan Penguatan” yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.

Kelompok remaja adalah ruang untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki para remaja, baik potensi spiritual maupun intelektual, untuk bisa mengabdi dan berkontribusi pada lingkungan masyarakat sekitarnya 🙂

Dalam kelompok remaja itu ada elemen materi, proyek pengabdian, dan kegiatan pelengkap seperti seni dan olahraga.

Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat :)
Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat 🙂

Upaya itu dilakukan atas dasar keyakinan bahwa para remaja memiliki potensi spiritual maupun intelektual yang sangat besar, yang bila diberdayakan akan mampu berkontribusi pada kebaikan bersama 🙂

Itu sebabnya program ini disebut Program Pemberdayaan Rohani Remaja.
Program ini memang terinspirasi dari Ajaran Agama Baha’i kawan 🙂

Masyarakat Baha’i di seluruh dunia menerapkan program ini sebagai bentuk pengabdiannya pada masyarakat dan pada kesatuan dan persatuan di masyarakat, hal yang menjadi tujuan masyarakat Baha’i seluruh dunia 🙂

Yang pada dasarnya, tujuan semua Agama adalah itu kawan 🙂 tujuan semua Agama Tuhan adalah cinta dan kesatuan. Itulah tujuan Agama Tuhan, yang mana Agama Tuhan adalah satu, karena semua Agama bersumber dari Satu Sumber Ilahi, Yang Maha Kuasa.