03 Apr

Daftar Magister Sastra Indonesia, FIB – UI

Kawan.. Ini lanjutan dari kisah petualangan di Universitas Indonesia.

Jadi, ada kesempatan juga untukku lanjut sekolah. 😀 Nah untuk program magister saat ini, aku memutuskan untuk mengambil Magister Sastra Indonesia di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

IMG_20170403_185849_367

Woah! Aku jadi teringat, betapa beragam bidang ilmu yang kupelajari dalam masa studiku; ilmu alam saat SMA, ilmu ekonomi dan bisnis saat kuliah S1, dan ini berencana ambil S2 ilmu sastra.. 😀

Mungkin seperti nggak konsisten ya, hehe.. Tapi, bagiku itu juga proses menemukan jati diri untuk bisa menyumbang pada sesama. Dan juga, sebenarnya kita semua tau, kalau semua bidang ilmu itu saling terkait. Nah aku juga menemukan keterkaitan antar bidang ilmu yang sejak dulu kupelajari, ilmu alam-sosial-sastra, yang bisa menginspirasiku dalam proses berkarya.

Anyway, pada dasarnya, ini adalah upaya menerapkan tujuan ganda dalam hidup: sebagai individu yang terus berupaya mengembangkan kapasitas diri, serta secara aktif dan bahagia menyumbang pada kebaikan dan kemajuan masyarakat.

So, guys.. Tes masuk UI sudah kulalui. Tinggal menunggu saja hasilnya. 😊

_20170323_160757

Upaya sudah dilakukan, apapun hasilnya nanti, diterima ya puji syukur untuk berkah kembali bersekolah, belum diterima ya akan selalu ada pintu-pintu lainnya yang akan terbuka.

Ini sekilas lanjutan petualangan di dunia perkuliahan. 😀

Sebagai tambahan, apa yang sangat kusukai saat bertualang di luasnya kampus UI adalah, aku jadi sering berjalan kaki.. 👟

22 Oct

Mengabdi pada Umat Manusia. Manusia Siapa Saja?

Kawanku, sesama umat manusia.. apa kabar? 🙂

Semoga hari yang sehat dan ceria selalu menaungi kita kawan! 🙂

Hari ini aku mau berbagi gagasan yang menurutku menarik 🙂 Tapi semoga buat kalian juga menarik ya kawan 😀 Kalo nggak menarik sih nggak apa kok, nggak aku paksa biar tertarik 😀

Well.. aku mau share tentang petualangan dalam pengabdian 🙂 pengabdian pada umat manusia 🙂

Mewakili Umat Manusia :D
Mewakili Umat Manusia 😀

Di blog ini aku banyak berbagi tentang pengabdian. Mungkin kawan semua setidaknya udah pernah baca. Atau kalau belum baca, monggo silahkan baca-baca posting lainnya 😉

Iya kawan.. mengabdi, pengabdian.. suatu tindakan yang menunjukkan dedikasi. Menurutku, pengabdian itu adalah upaya atau tindakan yang berdedikasi untuk kebaikan 🙂

Nah itu sebagai pengantar. Kata, makna, dan penerapan sederhana dari pengabdian.

Sesuai judul nih ya, aku mau share tentang pengabdian pada umat manusia.

Kalau kita coba telisik lebih lanjut, umat manusia itu manusia yang mana? Siapa? Ini akan jadi ulasan yang menarik 🙂

Aku akan berbagi sesuai apa yang aku pelajari, alami, terapkan, dan yakini ya kawan. Dan silahkan kalau kalian ada pemikiran lainnya, ayo kita diskusi 😀

Mengabdi pada umat manusia. Umat manusia itu universal, beraneka ragam, luas.

Saat kita mengabdi pada umat manusia yang universal, beraneka ragam, dan sangat luas itu.. Sesungguhnya kita mengabdi pada..

Manusia di sekitar kita

Pemuda yang peduli pada pendidikan di lingkungan sekitarnya.
Pemuda yang peduli pada pendidikan di lingkungan sekitarnya.

Manusia di sekitar kita juga anggota umat manusia kawan 😀 well, umat manusia itu sangat luas. Tapi nggak harus jauh-jauh kalau mau memandang umat manusia, apalagi mau mengabdi atau berbuat kebaikan pada umat manusia.

Lakukan pada manusia di sekitar kita kawan 🙂 karena saat kita mengabdi pada mereka sesungguhnya lah kita juga mengabdi pada umat manusia 🙂

Manusia sahabat kita

Persahabatan Anak-Anak Manusia :D
Persahabatan Anak-Anak Manusia 😀

Sahabat, sobat, bestfriend, juga adalah anggota umat manusia 🙂

Saatnya kita berusaha bersahabat dengan niat tulus, selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk sahabat kita, ikut bahagia dalam kebahagiaannya, larut sebagai sahabat dalam dukanya, dan bersama-sama, berusaha mengabdi dan melakukan yang terbaik ke manusia lainnya.

Dan itu persahabatan yang istimewa kawan! 🙂 Susah ya? 😀 Ayo berusaha! 🙂

Manusia yang belum kita kenal

Baru mengenal keluarga Bpk Budi. Mencoba membuat mereka bahagia, dan ikut merasakan kebahagiaan mereka :)
Baru mengenal keluarga Bpk Budi. Mencoba membuat mereka bahagia, dan ikut merasakan kebahagiaan mereka 🙂

Manusia yang belum kita kenal? Banyak, milyaran! 😀

Wah trus gimana kawan kita melakukan yang terbaik dan mengabdikan diri pada orang yang belum kita kenal?

Pengabdian paling sederhana tapi sangat bermakna adalah senyuman kawan 🙂

Ayo kita berusaha menjadi ramah dan terbuka, ya dengan senyuman tulus dan sepantasnya 🙂

Dengan begitu kawan, pintu-pintu persahabatan dan kebaikan akan terbuka.

Manusia keluarga kita

Berusaha berbagi cinta dan kebahagiaan untuk kebaikan keluarga
Berusaha berbagi cinta dan kebahagiaan untuk kebaikan keluarga

Saat kita berusaha melakukan kebaikan dan mengabdi pada banyak orang, bahkan setiap manusia, jelas kita tak akan pernah melupakan keluarga kita, dan akan berusaha melakukan yang terbaik untuk kebahagiaan keluarga 🙂

Dari yang aku berbagi sebelumnya kawan, tentang pengabdian pada manusia di sekitar kita, sahabat kita, dan orang-orang yang baru kita kenal, saat kita berusaha melakukan dan memberi yang terbaik pada mereka, sebenarnya -menurut yang aku rasakan ya- bahkan semakin memperbesar rasa cinta dan pengabdian pada keluarga.

Meski aku pribadi juga sedang terus berusaha kawan 😀

Manusia diri kita sendiri

Berusaha mengabdi pada banyak manusia, dan berusaha melakukan yang terbaik untuk diri sendiri :)
Berusaha mengabdi pada banyak manusia, dan berusaha melakukan yang terbaik untuk diri sendiri 🙂

Daann.. pada saat pikiran dan tindakan kita tertuju pada kebaikan banyak manusia, akan kah kita lupa pada diri kita sendiri? 😀

Ini yang menarik kawan.. Ini adalah tantangan dalam hidup, hidup dalam pengabdian.

Ya.. saat kita berusaha melakukan yang terbaik, pada banyak manusia, sesungguhnya kita akan terus berupaya meningkatkan kapasitas diri kita sendiri, menjadi lebih baik dan lebih baik lagi 🙂

Gimana sobat? Ada tanggapan atau pemikiran lain? 😀

Ayo kita sama-sama berbagi, dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan mengabdi pada kebaikan 🙂

“Mengabdi pada umat manusia, adalah berusaha mengabdi dan melakukan yang terbaik untuk anggota-anggota umat manusia; sahabat dekat, kerabat, orang asing, keluarga, dan diri sendiri.” lukmanhanz