15 Jan

Menuju Jember untuk Belajar Bersama Muda-Mudi

Perjalanan berlanjut, kawan!

Petualangan hari ini menuju Jember, Jawa Timur. Aku akan mengikuti pembelajaran dengan beberapa pemuda-pemudi tentang mengabdi pada masyarakat dan berusaha menyumbang pada kesatuan di masyarakat πŸ™‚

By the way.. sudah tak ada foto lagi πŸ˜€ semenjak HP ku hilang kemarin πŸ™

Tapi tak apa lah! Dengan bercerita, semoga aku bisa memberikan gambaran tentang petualanganku, kawan πŸ™‚

Kadang, keterbatasan memunculkan ketakterdugaan, kawan!

Yang terpenting, lanjutkan berkarya.. bersemangat jalani hari, jalani petualangan.

Nah, hari ini, seperti yang sudah aku bilang kalau aku akan pergi ke Jember.. aku pergi ke sana pagi ini jam 9 pagi naik kereta api Logawa, kawan. Murah! Rp. 80 ribu saja!

Aku pergi ke Jember dengan salah satu sobatku, Reza namanya, mahasiswa UGM yang dia juga bersemangat untuk mengabdi di masyarakat.

Aku akan sedikit bercerita tentang pemuda-pemudi yang bangkit untuk mengabdi ini, kawan πŸ™‚

Para pemuda-pemudi ini, bangkit mengabdi dalam menanggapi pesan dari Baha’u’llah akan kesatuan umat manusia, kawan.

Sehingga dengan terus belajar dan berusaha menerapkan Ajaran dari Baha’u’llah, teman-teman muda ini juga terus mengabdikan diri.

Dengan keyakinan dan pemahaman akan kesatuan umat manusia, hal ini bersumber dari proses pendidikan. Oleh karena itu, pengabdian yang mereka lakukan adalah belajar dan juga memahami bersama, menggali pemahaman tentang kesatuan umat manusia. Dan juga menerapkannya dalam hidupnya. πŸ™‚

Memang penuh tantangan, sobat! Nah memang itulah pengabdian. Bahwa memang kita akan terus belajar dan berusaha. Ketika realita di masyarakat kita sekarang ini, perselisihan bahkan perpecahan, kebingungan di masyarakat, oleh sebab itu kita harus bersama-sama menghadapinya πŸ™‚

Selain mengabdi bersama, kita juga bergembira bersama, kawan πŸ˜€

Yah, sesama anak muda, meskipun kita melakukan tindakan pengabdian yang bermakna, kita juga bisa bersenang-senang. Karena pada saat kita mengabdi, kita juga merasakan kebahagiaan.

Kita belajar, sebagai anak muda yang penuh energi dan penuh potensi, untuk hidup mengabdikan diri pada kemajuan bersama, baik kemajuan spiritual dan kemajuan material.

Anyway. Petualangan hari ini dimulai pagi hari, dan seharian ada di dalam kereta πŸ˜€

Ya, malam ini tadi baru sampai di Jember jam 8 malam. Dan teman-temanku baru saja menjemput kita di Stasiun Jember.

Duduk seharian di kereta, berinteraksi dengan sekitar, juga berimaginasi untuk berkarya, membuatku cukup lelah.

Saatnya istirahat, kawan! πŸ™‚

Selamat istirahat ya! Ayo anak muda, bangkit mengabdi untuk kebaikan bersama!

14 Aug

Menuju Banyuwangi

Guys!

Everyone happy? πŸ˜€

Yesss.. let’s be happy πŸ˜‰

Hari ini aku akan lanjutkan perjalananku!

Menuju Banyuwangi! πŸ˜€

Sebelumnya.. salam pagi dari Indonesia! πŸ™‚

IMG_20150814_091401-1

Motor ini yang akan mengantarku turun dari Ngadas ke Probolinggo kawan. Eh lebih tepatnya, mas Agus yang mengendarai motor ini yang akan mengantarku πŸ˜€

Sebelum kita berangkat, mas Agus mau membuktikan jiwa nasionalismenya.. dia segera mengibarkan Sang Saka Merah Putih πŸ™‚

Berkibarlah Sang Saka Merah Putih!

Berkibarlah Sang Saka Merah Putih!

Setelah pamit pada Sang Merah Putih..

Aku juga pamit dengan saudara Suku Tengger.. pak Riki dan bu Riki πŸ™‚

IMG_20150814_095259-1

Bahagia bisa berjumpa dan belajar banyak hal dari mereka kawan πŸ™‚

Then.. time to go!

Semangat.. semangat!!!

Yeah.. motor segera meluncur.. menuju Probolinggo!

Tak lupa abadikan senyum manis kita berdua :D

Tak lupa abadikan senyum manis kita berdua πŸ˜€

Dalam perjalanan pun, aku sama mas Agus saling diskusi, kawan.. kita refleksikan pembelajaran yang kita dapat, tentang bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat Tengger akan kesatuan di masyarakat berdasarkan Pesan dari Sang Suci Baha’u’llah tentang manusia itu satu, manusia itu sekeluarga.. sangat menarik! πŸ™‚

Nah.. sudah sampai terminal probolinggo! Thanks mas Agus, see you brother! πŸ™‚

Saatnya naik bus menuju Jember. Aku naiknya estafet kawan.. Probolinggo Jember dulu, lalu Jember ke Banyuwangi πŸ™‚

Tarif Probolinggo-Jember 20Ribu saja

Tarif Probolinggo-Jember 20Ribu saja. Oya ciri khasnya itu, tempat asal dan tujuan itu dicoret πŸ˜€

Gini suasana di dalam bis yang lumayan panas tapi seru! πŸ˜€

Nggak cuman aku yg pose, noh mas asongan juga :D

Nggak cuman aku yg pose, noh mas asongan juga πŸ˜€

Di dalam bis, ini nih yang bakal sering kita temui kawan.. Seniman Jalanan πŸ™‚ Nikmati karya mereka, dan apresiasi sesuai kapasitas, kapasitas mereka dan kapasitas kita πŸ˜€

Salah satu seniman jalanan yang sedang berkarya :) Niat banget ya..

Salah satu seniman jalanan yang sedang berkarya πŸ™‚ Niat banget ya..

Daann.. Perjalanan sekitar 2 jam nggak kerasa.. selain perjalanan lancar nggak macet, juga karena memang aku asik berimaginasi, mencari dan membuat karya.. yang mana karya itu juga akan aku bagikan ke kalian semua sobat.. via blog ini πŸ™‚

Sampai juga di Jember!

Terminal Jember

Terminal Jember

Nah dari terminal Jember, aku segera lanjut menuju BWI (sebutan bekennya Banyuwangi πŸ˜€ )

Di terminal ini, agak lama aku nunggu bis menuju BWI. Ya karena memang bis pada nunggu penumpang. Padahal aku perlu segera berangkat, sudah ada jadwal di Banyuwangi, musyawarah sama muda-mudi buat atur Reuni Muda-Mudi.

Syukurlah.. bis segera berangkat! πŸ™‚

Tarif Jember-Genteng BWI juga 20Ribu

Tarif Jember-Genteng BWI juga 20Ribu

Dalam perjalanan pun aku lanjut berimaginasi kawan.. tadi di perjalanan sebelumnya aku belum dapat ide πŸ˜€

Oya aku sedikit share deh..

Dalam prosesku berimaginasi, pola pikirku gini kawan..

Aku bukanlah orang paling kreatif, aku yakin semua orang kreatif, semua orang punya keragaman warna yang indah πŸ™‚

Kreativitasku ini semoga bisa menyumbang, berkontribusi pada keindahan keragaman warna itu! πŸ™‚

Dalam berimaginasi itu, ada dua prinsip yang selalu kuterapkan kawan..

Yakin akan daya imaginasi dalam diri.

Dan

Berusaha menggunakan daya imaginasi itu!

Nah kalo misal imaginasinya blom ketemu gimana hanz? πŸ˜€

Ya balik lagi ke dua prinsip itu, yakin dan usaha! πŸ˜€

Itu yang kulakukan untuk menyumbang pada keindahan keragaman warna umat manusia. Ya, sedang terus berusaha πŸ™‚

Eitss balik lagi ke perjalanan.

Oya kawan, ini pemandangan selama perjalanan! πŸ˜€

Nunggu bis terisi segini ini lamanya pake buanget! :D

Nunggu bis terisi segini ini lamanya pake buanget! πŸ˜€

Dan ini..

Damai lihat pepohonan di luar sana :) Daaann yes! Imaginasiku terinspirasi dari pohon kawan!

Damai lihat pepohonan di luar sana πŸ™‚ Daaann yes! Imaginasiku terinspirasi dari pohon kawan!

Yess kawan.. sudah kudapatkan inspirasi dari pohon.. temanya ‘Manusia Pohon’ nanti akan aku share di postingan A & I dan sub-menu ‘imagine’.

Akhirnya.. sampai Banyuwangi! πŸ˜€

Desa Tulung Rejo, Kecamatan Glenmore

Desa Tulung Rejo, Kecamatan Glenmore

Dan aku dijemput saudaraku, mas Arifin dan anaknya, Sitara πŸ˜€ Happy to see them!

Happy :D

Happy πŸ˜€

Dan.. aku segera berangkat ke agenda utama hari ini.. bersama muda-mudi diskusi dan musyawarah bersama tentang Reuni Muda-Mudi di Banyuwangi, yang rencananya akan diadakan tanggal 20 September 2015.

Dalam Reuni itu, kita pemuda-pemudi sama-sama belajar dan menerapkan peran kita dalam membangun kesatuan di masyarakat. Semoga itu menjadi sumbangan kita semasa muda kita πŸ™‚

IMG_20150814_200526-1

Semangat kawan!!! Tentu akan ada tantangan dan perjuangan! πŸ™‚

Yahh.. hari yang bahagia dan cukup melelahkan..

Saatnya istirahat..

Sampai ketemu di hari esok yang juga tak kalah semangatnya kawan! πŸ™‚