14 Feb

Melanjutkan Touring Jawa Tengah – Pati ke Solo

Hi sobat!

Touring Jawa Tengah berlanjut hari ini 😀

_20160215_092541

Setelah dari Pati, aku menuju Solo kawan 🙂 Melewati jalur Purwodadi..

Selain minta petunjuk GPS untuk mencari jalan, kita harus teliti dengan papan petunjuk jalan, kawan :D
Selain minta petunjuk GPS untuk mencari jalan, kita harus teliti dengan papan petunjuk jalan, kawan 😀

Perjalanan sekitar 3 jam, sobat.. Itu kata om GPS 😀 Tapi perjalanan tadi aku tempuh selama 4 jam 😀

Yaa aku nggak terlalu ngebut sih, jadi sesekali berhenti untuk istirahat dan sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.. 😀

Hamparan sawah luas, wilayah perbukitan, sampai perkebunan kujelajahi.. Bersama motorku-sobat petualang! Aku nikmati perjalanan dengan panorama yang lumayan keren 😀

Nih beberapa yang kuabadikan, kawan 🙂

Jalanan dan persawahan membentang!
Jalanan dan persawahan membentang!
Sapaan perbukitan di kejauhan..
Sapaan perbukitan di kejauhan..
Rindangnya perkebunan sejukkan perjalanan *bikin ngantuk, hehe
Rindangnya perkebunan sejukkan perjalanan *bikin ngantuk, hehe

Yah meskipun fotonya nggak keren-keren amat ya, hehe.. setidaknya selama perjalanan aku cukup terpukau dengan alam Jawa Tengah 🙂 Jadi nggak kerasa capek pas perjalanan, tapi malah ngantuk karena asri dan rindangnya alam 😀

Total perjalanan yang menempuh jarak sekitar 112 km dan menghabiskan waktu selama 4 jam itu nggak sampai menghabiskan bahan bakar premium (yang per liternya sekitar Rp. 7ribuan) Rp. 20ribu, kawan 😀 Irit banget kan motorku-sobat petualanganku..

Sesampainya di Solo aku langsung menuju tempat salah satu sobatku. Yang rumahnya di sekitar Universitas Sebelas Maret Solo (UNS).

Ngga ketemu Gapura Selamat Datang Solo :D Foto Plang Penunjuk Arah aja :D Bukti sudah di Solo, hehe..
Ngga ketemu Gapura Selamat Datang Solo 😀 Foto Plang Penunjuk Arah aja 😀 Bukti sudah di Solo, hehe..

Kita langsung bermusyawarah dan berdiskusi merencanakan upaya pengabdian kita untuk membangun kesatuan di masyarakat, kawan 🙂

Yah, seperti yang sering aku ceritakan, sobat! 🙂 Tetap bertualang, tetap mengabdi pada masyarakat..

Karena serunya diskusi kita, sampai nggak sempat kita foto-foto.. Terkadang nggak semua hal harus difoto ya 😀

Serunya hari ini nggak cuman petualangan perjalanan, kawan.. Tapi juga pengalaman spiritual malam ini 🙂

Setelah aku musyawarah dengan beberapa teman di Solo, kita diundang salah satu kerabat kita di Karang Anyar untuk menghadiri Doa Bersama di rumahnya 🙂

Suasana bersahabat dalam Doa Bersama. Dihadiri umat Islam, Katolik dan Baha'i.

Suasana bersahabat dalam Doa Bersama. Dihadiri umat Islam, Katolik dan Baha’i.

Menarik sekali, bagaimana ruang-ruang untuk membina keharmonisan dan kesatuan mulai dibangun di masyarakat itu.

Karena kekuatan doa juga bisa mengilhami dan memberi Rahmat untuk masyarakat tersebut menjadi lebih bersatu, menjadi lebih rohani dan bisa mengatasi tantangan masyarakat dengan musyawarah bersama.

Ya sobat.. Itulah sebenarnya yang aku pelajari dari petualangan-petualanganku ke beberapa wilayah 🙂 Semangat bertualang dan semangat untuk mengabdi dan membangun kesatuan di masyarakat kita.

Ya, memang inspirasinya bersumber dari Ajaran Baha’u’llah, dan memang untuk kita semua apapun latar belakangnya. Karena kesatuan umat manusia itu keniscayaan, kawan.. 🙂

Well, hari yang indah..

Malam ini saatnya terlelap! 😀

12 Feb

Lanjutkan Touring Jawa Tengah – Semarang.Kudus.Pati

Hi sobat!

Touring Jawa Tengah berlanjut hari ini 😀

Bangunan ciri khas Semarang
Bangunan ciri khas Semarang

Perjalanan dimulai pagi hari jam 8 dari tempat sobatku di Semarang. Setelah bersyukur dan berdoa untuk hari ini dan untuk perjalanan supaya diberi perlindungan 🙂 aku langsung berangkat.

Udah hujan aja pagi-pagi 😀 Wah petualangan motor hari ini seru tantangannya, sepanjang perjalanan hujan, kawan 😀

Melewati beberapa jalanan di kota Semarang yang banjir 😀 wah berasa petualangannya. Dan juga di jalanan kawan-kawannya monster semua, truk-tronton-bus antar kota. Belum juga banyak jalan berlubang. Hmm.. Ekstra hati-hati!

Jalur jalan raya pantura memang mengerikan, kawan.. 😀 Tapi gimana lagi, itu jalur utama penghubung kota-kota di bagian utara pulau Jawa.

Tujuanku ke Kabupaten Kudus dulu, kawan.. Sebelum nantinya lanjut ke Kab. Pati.

Representative of Kudus. Keren juga ya :D
Representative of Kudus. Keren juga ya 😀

Perjalanan Semarang ke Kudus aku lalui sekitar 2,5 jam. Ya cukup lama karena hujan, jadi ya jalannya gak terlalu kencang.. Jam setengah sebelas aku sampai Kudus.

Di Kudus aku punya beberapa sahabat di STAIN Kudus, kawan.. Jadi kunjunganku ke sini lebih seru kalau bisa ketemu mereka. Aku sudah kontak-kontakan sama mereka, tapi sayangnya mereka masih sibuk, belum bisa ketemuan deh 🙁

Dingin-dingin, hujan, laper! Harus segera cari makan nih, makan siang (sekalian sarapan 😀 aku lupa belum sarapan, haha). Wah kok pas lihat ada makanan khas Kudus. Soto Kudus!

_20160216_204029

Nah, seru kan menunya 😀 Soto daging kerbau, sob! Jelas aku mau coba. Ini kali pertama makan daging kerbau 😀

_20160215_161246

Rasanya? Mantab juga.. Dagingnya teksturnya lebih tebal dan kenyal daripada daging sapi. Bahkan kata ibu penjualnya daging kerbau lebih mahal daripada daging sapi 😀

Yah habis makan, meskipun teman-temanku dari STAIN Kudus nggak bisa ketemuan denganku, aku tetap saja meluncur ke sana 😀

_20160216_204100

Singgah dulu lah di sini. Ya bisa juga kenalan dengan sobat baru 🙂

Dan memang aku langsung membaur sama teman-teman mahasiswa yang lagi seru-seruan nyanyi 😀 Mereka masih pada liburan, makanya kampus sepi. Dan ini beberapa kawan baruku mahasiswa UKM musik.

_20160216_204123

Gokil seru-seruan nyanyi sama mereka 😀 Eh hebatnya mereka juga banyak mengarang lagunya sendiri loh! Great job, dude! Lanjutkan berkarya! 🙂

Hari udah mulai sore.. Hujan pun akhirnya reda 😀

Aku langsung pamitan sama sobat-sobat baruku yang seru-seru.. Langsung menuju Pati!

Perjalanannya secepat kilat *lebay dikit* karena langit terang, jalanan lancar, dan nggak terhambat jalanan rusak. Nggak sampai 1 jam sudah sampai.

_20160215_161049

Sore yang cukup cerah di Pati..

Saatnya melanjutkan pengabdian bareng kawan-kawanku di sini, sobat! 🙂

Well.. Ini kisah petualangan hari ini. Tetap bahagia 😀 tetap bersyukur 🙂

10 Feb

Touring Jawa Tengah – Menuju Semarang

Sobat!

Hari ini aku memulai petualangan menjelajahi beberapa wilayah di Jawa Tengah dengan motorku-sobat petualangku 😀

_20160213_132321

Ya! Dimulai dengan menuju Semarang, sobat!

Perjalanan menuju Semarang ini bertujuan untuk proses belajar dan pengabdian bersama beberapa sahabatku di Semarang, kawan..

Kita sama-sama sedang berusaha menerapkan pengabdian pada sesama manusia dan berkontribusi pada membangun kesatuan di masyarakat sesuai Ajaran Baha’u’llah 🙂

Ya, sobat.. Sedang terus belajar dan berusaha, untuk mengabdi pada kebaikan dan kemajuan bersama, baik secara spiritual maupun material 🙂

Petualangan naik motor petualanganku ternyata seru juga 😀 Motorku bukan motor trail kayak petualang sejati, sobat.. Motorku cuman Supra tahun 2001 😀 Motor boleh apa adanya, tapi spirit tetap petualangan 😀

Jadi berangkat dari Jogja sekitar jam 12 siang. Sampai Semarang sekitar jam setengah 4. Cukup cepat lah, yang mana tadi aku juga sambil istirahat makan siang di Magelang. Bensin kuisi 20 ribu juga masih sisa 😀 Ini salah satunya aku mencintai motorku, irit beud! 😀

Nah sesampainya di Semarang aku janjian sama temanku. Tinggalnya dia di sekitar kampus UNDIP, Universitas Diponegoro.

IMG_20160210_151721

Yah aku sempetin menjelajah kampusnya.. Buatku merindukan nuansa kuliah 😀 Keren juga kampusnya. Hijau nuansanya. Itu yang kusuka, kawan.

Well.. Malamnya ini sudah di tempat sobatku, kita ngobrol akrab dan diskusi buat persiapan besok. Ada apa besok? Aku akan cerita, kawan 🙂 Besok ya..

Okeh, serunya petualangan hari ini.. Memulai touring Jawa Tengah. Siap menjelajah lagi, untuk mengabdi 🙂

Have a good day ya Fellas!

04 Feb

Pengabdian Masyarakat di Jawa Tengah

HEEEYYY KAWAN!!! 😀

Antusias banget hanz?

Yes! Jadikan harimu antusias, kawan! 😉

Well, aku akan lanjutin cerita tentang ‘Masa Pengabdian‘.

Seperti yang aku bilang dari cerita Masa Pengabdian itu, tugas dan kesempatanku untuk melakukan pengabdian masyarakat berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

1381277_171020466426999_1865141621_n-1

Nah, sekarang aku mau cerita pengalaman dan pembelajaran yang aku dapatkan selama melakukan pengabdian masyarakat di Jawa Tengah. 🙂

Di Jawa Tengah, aku bekerja sama dengan beberapa rekan kerja di beberapa kota, antara lain: Pati, Semarang, Solo, Karang Anyar, Klaten, Magelang, Bantul, Sleman, dan Jogjakarta.

Apa yang kita semua lakukan?

Ya.. bersama-sama, siapapun kita, apapun latar belakangnya, membangun kesatuan, baik pikiran dan tindakan, untuk berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat untuk membangun kesatuan masyarakat. 🙂

1402465338604Misalnya yang kita lakukan di Pati, Klaten, Karang Anyar, Bantul dan Magelang.. bersama-sama dengan orang-orang dewasa dan pemuda di sana, kita bermusyawarah, menganalisa realita masyarakat untuk menentukan pengabdian masyarakat apa yang bisa kita lakukan di masyarakat tersebut, untuk kebaikan bersama. Ya, kita bermusyawarah dan bertindak bersama, karena kita yakin semua orang yang ada di dalam masyarakat bisa mengambil peranan penting dalam pengabdian.

SAM_4426Dan pengalaman di Semarang, Solo, Sleman, dan Jogja.. kita bersama-sama pemuda, para mahasiswa, dan juga orang dewasa, belajar bersama, bermusyawarah, dan juga bertindak melakukan pengabdian masyarakat untuk membangun kesatuan masyarakat.

Meskipun yang kita lakukan masih langkah awal dan tentunya belum meluas dan mempengaruhi perbaikan secara besar-besaran, tapi keyakinan dari usaha kita adalah bahwa kita sedang menyumbang ke kesatuan masyarakat, dan kita berusaha bersama-sama para anggota masyarakat sekitar untuk melakukan pengabdian masyarakat itu.

Perjuangan untuk mengabdikan diri ke masyarakat membutuhkan proses panjang dan konsistensi untuk terus berusaha berkelanjutan, untuk mewujudkan kesatuan masyarakat.

Melalui musyawarah, bertindak, dan refleksi bersama dari tindakan itu untuk belajar lebih lagi, kita sedang terus berupaya.. 🙂

Gimana menurut kalian sobat? Ada pendapat tentang pengabdian masyarakat dan upaya membangun kesatuan masyarakat? 🙂

Yes! Bagi kita semua yang pasti peduli pada masyarakat kita, dan mengharapkan perbaikan pada masyarakat 🙂

Let’s discuss…

“Ayo kawan bersama-sama belajar dan melakukan pengabdian masyarakat di Jawa Tengah, untuk kesatuan masyarakat! 🙂 ” hanz