10 Aug

Wednesday Forum CRCS UGM dan Harmoni dalam Berdoa Bersama

Sobat!

Petualangan hari ini berlanjut! 😀

Hari ini aku ke gedung Pasca Sarjana UGM..

_20160810_224220

Aku menghadiri Wednesday Forum yang diadakan program Pasca Sarjana CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies). Aku ingin terlibat karena ingin lebih belajar pada ranah diskursus sosial, kawan.. Yaitu ranah yang menjadi topik-topik di masyarakat dan mempengaruhi pemikiran masyarakat luas.

Dan, tentang forum ini.. Sebagaimana namanya, Wednesday Forum, adalah forum akademis yang terbuka untuk publik yang diadakan setiap hari rabu untuk mengundang para partisipan untuk berdialog terkait tema-tema sosial dan masyarakat, khususnya kehidupan masyarakat yang beraneka ragam. Ya, kawan.. Semangat pluralisme adalah yang diusung forum ini.

Berbagai topik tentang keragaman masyarakat, seperti agama, kepercayaan, suku dan ras, gender, dan budaya semua dikaji dan didiskusikan secara akademis. Tapi yang menarik, bukan hanya akademisi yang boleh terlibat. It’s an open space! And interesting thing is, it’s full english dialogue! 😀 Kan sekalian latihan bahasa inggris, hehe..

_20160810_224430

So.. Topik wednesday forum hari ini adalah realitas gender dalam budaya Minangkabau.

Topik ini dibawakan oleh Professor Jennifer Fraser dari Oberlin College USA dari hasil penelitiannya terkait peran pria dan wanita dalam isu gender dalam budaya Minangkabau, khususnya budaya musik, di Sumatera Barat.

Professor Jennifer menampilkan salah satu budaya Minangkabau, Pantun.

Professor Jennifer menampilkan salah satu budaya Minangkabau, Pantun.

Diskusi menarik yang aku dapatkan, adalah tentang budaya musik tradisional, yang menggunakan alat musik Saluang (suling Minangkabau), yang bisa mempengaruhi budaya kesetaraan gender, bahkan yang lebih ekstrim adalah pembahasan moral dalam kehidupan masyarakat terkait budaya musik ini, kaitannya pada penampilan musik ini pada larut malam dan penyanyinya adalah para perempuan.

Suasana diskusi

Suasana diskusi

So, diskusinya pada ranah gender, adat, moral, kebudayaan, dan kehidupan masyarakat setempat. Bagiku yang belum tau sama sekali budaya Sumatra, jadi lebih tertarik untuk mengerti 🙂

Apresiasi untuk Professor Jennifer

Apresiasi untuk Professor Jennifer

Selain itu, petualangan hari ini berlanjut, kawan..

Aku mengundang beberapa kawanku untuk berdoa bersama.

Buku doa

Buku doa

Seperti yang pernah aku bagikan tentang doa bersama, 🙂 doa bersama adalah suatu ruang bersama untuk bersatu dalam doa, dalam semangat persahabatan dan kerohanian, karena kita saling melantunkan doa, sesuai keyakinan kita masing-masing tentunya, dengan keyakinan bahwa sebenarnya kita berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha Penyayang pada semua umatnya 🙂

So.. Doa bersama adalah ruang kita bersama, setiap orang dari berbagai latar belakang bisa terlibat untuk berdoa, yang mana tujuannya adalah untuk menciptakan kesatuan dan keharmonisan kita bersama, untuk menumbuhkan kehidupan rohani dalam masyarakat, dan memohon berkah dari Tuhan untuk kebaikan kita bersama 🙂

Suasana gembira dan harmonis dalam berdoa bersama

Suasana gembira dan harmonis dalam berdoa bersama

Kesederhanaan dan kebersamaan dalam berdoa bersama

Kesederhanaan dan kebersamaan dalam berdoa bersama

Well, menarik sobat! 😀 Aku sih tadi mengundang sekitar 10 kawanku, tapi kesempatan saat ini hanya ada 5 orang saja. Ada sahabat dari Islam, Katolik, dan Baha’i. Berapa pun jumlahnya nggak jadi masalah, asalkan kita saling bergembira dan bersatu dalam doa 🙂

Yah, itulah guys.. Petualanganku hari ini! 😀

Yuk terus bersemangat dalam hidup yang penuh petualangan ini!

30 Jan

Bertualang di Taman Kota dan Berdoa Bersama

Hari ini, yang mana aku masih ada di kota asalku, sobat.. Surabaya! Aku mencoba bernostalgia 😀

Kan petualang yang jarang pulang tuh, hehe..

Yah, mumpung masih di Surabaya, aku coba napak tilas masa lalu *halah berasa sejarah aja 😛

Nostalgia lah lebih tepatnya..

Salah satu yang bikin kangen dari Surabaya ini, selain ketemu keluarga dan sobat-sobat, juga bertualang ke taman kotanya 🙂

Jujur, sob! Dulu aku lebih sering ke taman kota dari pada ke mall 😀

Yah, sama-sama ademnya sih. Tapi ademnya beda. Adem alami dan adem buatan 😀

Dan memang karena aku lebih menikmati suasana alam dan ruang terbuka. Ya sesekali aja bertualang ke mol 😀

Sore ini aku sempatkan mampir dan menjelajah ke taman kota Kebun Bibit I Surabaya, yang berada di daerah Bratang. Kenapa namanya Kebun Bibit I? Karena ada juga Kebun Bibit II 😀 di daerah Wonorejo, kawan. Tapi aku belum pernah ke sana, haha.

By the way.. belom ada foto ya.. belum beli HP lagi, hehe..

Jadi, bayangkan dan imaginasikan saja ceritaku ini, kawan 😀

Waahh.. Saat aku bertualang di Kebun Bibit I ini, rasa kangenku terbayar saat menikmati suasananya. Adem rasanya pikiran, hati, dan mata.

Mengenang masa lalu..masa SMA dan masa kuliah, kan aku sering banget ke sini.

Saat seru-seruan bareng sobat-sobatku. Have fun bareng. Nongkrong dan becanda, belajar dan diskusi, main games outbond, seru deh.

Pernah juga kisah cinta masa muda kulalui di sini, haha *jadi malu* yah karena aku suka suasana alam, dia yang aku sayangi selalu aku ajak menjelajah taman kota. Yah, biar nggak cuman belanja di mall doang lah *katanya, hemat beb 😀

Dan juga, saat aku pengen meluangkan waktuku sendiri dan menikmati alam, aku sering ke taman kota. Merasakan kesejukan dan bisa mencari inspirasi.

Yah begitu lah nostalgia 🙂

Setelah secara jasmani terasa tersegarkan. Aku lanjutkan petualangan hari ini dengan bergabung sama kawan-kawanku para pemuda-pemudi yang mengadakan doa bersama. Nice, saatnya menyegarkan jiwa.

Aku ikut berdoa bersama dengan beberapa pemuda. Nggak terlalu banyak yang hadir hari ini. Tapi aku tetap merasakan kebahagiaan yang bersumber dari hati, karena memang doa adalah makanan rohani, kawan 🙂 Jadinya roh tersegarkan karena anugrah doa.

Setelah berdoa bersama, kita beberapa pemuda, juga bermusyawarah tentang bagaimana peran dan upaya kita untuk mengabdikan diri di masyarakat kita. Mengabdikan diri untuk secara berproses menyumbang pada kemajuan spiritual dan material masyarakat.

Very nice for adventure today!

Petualangan taman kota yang segarkan raga, dan petualangan spiritual yang segarkan jiwa.

Hope you guys can try it 🙂

02 Jan

Doa Bersama Sebagai Ruang Pembentuk Kesatuan dan Keharmonisan Masyarakat

Kawan..

Aku mau berbagi tentang pengabdian yang aku pelajari dan terapkan di masyarakat 🙂

Kesatuan dan keharmonisan dalam masyarakat yang beragam

Kesatuan dan keharmonisan dalam masyarakat yang beragam

Masyarakat itu beragam. Latar belakangnya bervariasi. Mulai dari jenis kelamin, usia, suku, ras, agama, pendidikan, bahasa, budaya, dan beragam realita lainnya.

Tenang kawan, aku bukan mau membahas hal yang sensitif yang mengarah pada perdebatan dan perselisihan, misal terkait isu SARA 🙂

Aku di sini mau berbagi opini dan gagasan sesuai apa yang kupelajari dan alami, dan hal ini berkaitan dengan pengabdian di dalam masyarakat.

Ya.. Dengan beraneka ragamnya latar belakang masyarakat, tentu sangat mempengaruhi kehidupan. Pengaruh keragaman masyarakat itu, kalau kita melihat realitanya, ada yang menimbulkan bentrokkan dan perselisihan, tapi tidak sedikit juga bentuk-bentuk keharmonisan.

Perselisihan, bentrokkan, perdebatan yang menimbulkan perpecahan dalam masyarakat bersumber dari prasangka. Dan, prasangka itu sangat besar faktornya dikarenakan ketidaktahuan. Benih prasangka muncul, dan dikuatkan menjadi rasa kebencian. Mencuatlah perselisihan.

Tapi ada juga upaya-upaya di dalam masyarakat yang bertujuan untuk membangun keharmonisan dan kerukunan. Upaya-upaya itu didasarkan pada kesadaran bahwa kita semua hidup berdampingan sebagai manusia. Toh akan lebih baik dan bermartabat saat kita saling berbagi kasih dan hidup dengan semangat persaudaraan.

Well.. Aku melihat dan belajar realita-realita itu, kawan.. Saat aku sedang dan terus belajar menerapkan pengabdian untuk masyarakat 🙂

Yang aku pelajari dan terapkan, bahwa sesungguhnya manusia adalah makhluk spiritual, makhluk rohani, yang mempunyai derajat kemuliaan yang luhur. Manusia adalah makhluk yang mulia.

Aku percaya semua Agama mempercayai hal ini, dan juga mengajarkannya untuk setiap umatnya, bahwa manusia itu mulia 🙂

Untuk itu, manusia mempunyai potensi-potensi kerohanian yang luar biasa. Karena itulah derajat manusia, berkah manusia dari Sang Pencipta.

Doa, adalah salah satu sumber kekuatan potensi rohani itu kawan 🙂 Ya, selain itu juga, sumber kekuatan rohani adalah berusaha menerapkan dan mentaati Bimbingan Sang Pencipta 🙂 melalui Ajaran sesuai keyakinan masing-masing.

Kali ini aku mau mendiskusikan tentang doa, kawan.

Kekuatan doa akan memunculkan potensi kekuatan rohani dalam diri manusia. Berkah Sang Pencipta akan menaungi kekuatan rohani untuk manusia.

Semua manusia, tak dibedakan asal usulnya, derajatnya, suku dan rasnya, agamanya, semua sederajat dalam pandangan Sang Kuasa. Semua manusia mempunyai potensi kekuatan rohani itu.

Saat potensi kekuatan rohani itu dicurahkan di masyarakat kita, bukannya berkah yang luhur akan menaungi masyarakat?

Saat semua anggota masyarakat, apapun perbedaan realita fisiknya, yang mana di Hadapan Tuhan semua adalah sederajat, turut berdoa bersama, menciptakan harmoni dan bersatu dalam doa, apapun keyakinannya dan sesuai agamanya, bukankah akan menciptakan semangat cinta dan kesatuan dalam masyarakat?

Dan bukankah cinta dan kesatuan itulah, dasar Ajaran dan Bimbingan setiap Agama?

Lalu, bukankah Sang Kuasa Yang Maha Cinta berkehendak agar para hambanya menciptakan keharmonisan dan kesatuan yang penuh cinta?

Hal ini semua untuk kita renungkan dan upayakan, kawan 🙂

“Doa bersama sebagai ruang menciptakan keharmonisan dan kesatuan, karena Berkah Sang Maha Kuasa dicurahkan pada masyarakat yang bersatu penuh cinta” lukmanhanz

19 Dec

Mengundang Beberapa Kawanku Berdoa Bersama

Hari ini kunikmati petualangan spiritual, kawan 🙂

Anyway, gimana kabar kalian? Semoga selalu gembira ya 😀 gembira itu kekuatan rohani, kekuatan dari jiwa kita, kawan 🙂

Kenapa kusebut petualangan spiritual untuk hari ini? Karena kita, aku dkk (dan kawan-kawan) mengadakan pertemuan untuk berdoa bersama 🙂

Doa adalah sumber kekuatan spiritual 🙂 aku yakin banyak dari kalian yang setuju. Kalau nggak setuju ya boleh kok, sobat 😀

Dan, doa-doa yang kita panjatkan, bertujuan untuk kebaikan umat manusia, supaya umat manusia dapat hidup dalam cinta dan kesatuan 🙂 juga untuk lingkungan sekitar kita, juga untuk pribadi-pribadi kita, supaya jadi lebih baik lagi. 🙂

Dimulai dari Doa Pagi, kawan..
Teman-teman sepakat untuk berdoa bersama di UGM, di sekitar taman UGM.
Suasana pagi yang baru saja diguyur hujan gerimis membuat suasana jadi semakin sejuk..

Sejuknya udara pagi sesejuk jiwa kita yang telah berdoa pada Sang Pencipta Yang Maha Cinta.
IMG_20151219_061550-1IMG_20151219_061232-1IMG_20151219_061051-2-1Pagi yang indah.🌻

Dan, sorenya..

Petualangan spiritual berlanjut..

Menjemput sahabat-sahabatku
Menjemput sahabat-sahabatku

Aku undang beberapa sahabatku untuk datang ke tempatku dan kita berdoa bersama.

Doa bersama ini terbuka untuk siapa saja sahabatku dari berbagai keyakinan. Ada sahabatku yang Muslim, Kristiani, dan Baha’i. Beberapa aku undang. Karena aku yakin, saat kita berdoa bersama dalam kesatuan dan kerukunan, suasana juga akan sangat harmonis 🙂

Bukankah Sang Pencipta Yang Maha Cinta menghendaki suasana harmonis penuh cinta dari hamba-hambanya yang seperti ini? 🙂 Bisa kita renungkan, kawan..

Aku undang sekitar 15-an sahabat, ada laki-laki dan perempuan. Mereka semua para mahasiswa dari UGM, UPY, dan UIN Yogyakarta.

Berdoa bersama. Bergembira bersama.
Berdoa bersama. Bergembira bersama.

Tapi beberapa teman nggak bisa datang, so it’s okey 🙂 karena rencanaku juga akan adakan doa bersama secara rutin. Tentunya akan aku undang dan ajak diskusi kawan-kawanku.

Ya, kawan.. Doa bersama adalah salah satu ruang untuk membangun keharmonisan dan kesatuan antar umat beragama, keyakinan dan tindakan yang berusaha membangun kesatuan di tengah-tengah masyarakat kita 🙂

Kita sedang terus berusaha. Jadi, ayo berpartisipasi dan berkontribusi untuk masyarakat yang lebih baik, lebih bersatu.

It’s a beautiful day. I feel so happy 🙂

Jiwaku gembira, wajahku cerah.

Semoga kita selalu berbahagia dan terinspirasi oleh kekuatan doa, kawan..