13 Apr

Wednesday Forum CRCS UGM

Hari ini bertualang ke Pasca Sarjana UGM, kawan!

_20160414_205147

Tepatnya di program studi CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies), yang mana program studi ini secara aktif dan konsisten membuka ruang dialog yang terbuka untuk umum. Ruang ini bernama Wednesday Forum.

_20160411_215612

Wednesday Forum membahas topik-topik yang sesuai ranah CRCS, yaitu terkait agama, kepercayaan, dan keragaman dalam masyarakat. Menarik! 🙂

Tema untuk hari rabu kali ini adalah tentang agama Baha’i, sobat..

_20160414_205212

Ya.. Aku datang karena ingin berbagi dan berdiskusi bersama kawan-kawan di sini tentang agama Baha’i, dan juga ingin melihat ruang pembelajaran Wednesday Forum!

Menarik pembahasan tentang agama Baha’i kali ini, karena yang berbagi adalah seorang Ph.D candidate, yaitu Amanah Nurish, yang sedang terus meneliti agama Baha’i. Lingkup penelitiannya adalah agama Baha’i di wilayah Asean.

IMG-20160414-WA0000

Topik-topik utamanya terkait sejarah agama Baha’i di Iran hingga persebarannya, terutama ke wilayah Asia Tenggara. Tentang tantangan-tantangan yang diterima umat Baha’i di masyarakat karena perbedaan keyakinannya, sebagaimana tantangan masyarakat saat ini yang sensitif terhadap perbedaan.

Peneliti juga menemukan pembelajaran menarik tentang masyarakat Baha’i yang berusaha berkontribusi pada kesatuan di masyarakat yang merupakan salah satu tujuan agama Baha’i. Ruang-ruang kesatuan yang diupayakan masyarakat Baha’i melalui aktivitas yang dibangun dimana masyarakat Baha’i berada.

Misalnya pendidikan yang memajukan kapasitas spiritual, intelektual dan material untuk anak, remaja, pemuda, hingga dewasa. Yang merupakan sistem pendidikan yang memberdayakan kapasitas masyarakat untuk mengabdi dan mewujudkan nilai-nilai kesatuan dan kemuliaan manusia. Sistem pendidikan ini disebut Institut Ruhi, dan terbuka bagi siapa saja apapun latar belakangnya untuk terlibat. Juga ruang-ruang pembangun kesatuan seperti pertemuan doa bersama dengan siapapun dan latar belakang apapun.

Itulah bentuk kontribusi yang sedang terus diupayakan masyarakat Baha’i untuk mewujudkan kesatuan di masyarakat.

Yeap! Itu sekilas petualangan hari ini sobat!

Semoga hari kita selalu penuh petualangan ya!

21 Mar

Pulang dari Pati, Kembali ke Jogja Kembali Berkarya

Hari yang sangat indah, sobat! 😀

Setelah kemarin ikut berbahagia merayakan Hari Raya umat Baha’i, Hari Raya Naw-Ruz, di Margoyoso – Pati, juga ikut berdialog tentang agama Baha’i dan Ajaran-ajarannya dengan para mahasiswa STAIN Kudus.. Hari ini saatnya kembali ke Jogja kembali berkarya, sobat! 😀

_20160322_164550

Diawali dengan naik bis mini dari Margoyoso ke Juana. Berangkat jam 10 pagi. Aku sangat menikmati naik bis mini. 🙂 Sensasinya bikin bergejolak saat bis mini lewati jalanan yang bergelombang.

Begini sensasinya..
Begini sensasinya..

Nah kan sampe kayak gitu. 😀

Oya perjalanan ini sementara aku ditemani sahabatku dari Surabaya, pak Hamdi namanya.

IMG_20160321_094405

Sejak aku remaja dulu (ya sekarang masa muda) kita selalu saling belajar tentang hidup penuh pengabdian. Kita berpisahnya di Juana. Pak Hamdi langsung ke Surabaya, aku menuju Jogja.

Nah langsung saja naik bis dari Juana menuju Semarang. Tarif lumayan murah, 16ribu untuk perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam. Saat naik bis ini, suasananya ramai semarak, panasnya seolah bisa buat masak 😀

Berpeluh ria
Berpeluh ria

Tapi ini salah satu serunya petualangan 🙂 tantangannya, gimana saat suasana panas, kepala dan hati tetep adem 🙂 jadinya ya biasa aja, tetep kalem. Hehe. Nih buktinya tetep adem..

Selfie satu mata. Eh ada satu mata lagi yang pengen ngikut selfie.
Selfie satu mata. Eh ada satu mata lagi yang pengen ngikut selfie.

Saat semua dinikmati hanya ada bahagia di hati 🙂

Salah satu caraku sih, menikmati perjalanan dengan membaca, sobat. Kali ini aku bawa buku Tujuh Lembah dari Baha’u’llah.

_20160322_165046

Sungguh, sangat berat memahami dan menerapkan isi dari buku ini, kawan 🙂 Tapi, sekali lagi, tetap semangat belajar!

Buku ini berkisah tentang perjalanan musafir dalam mencari kekasihnya. Perjalanan ini adalah perjalanan rohani, dan kekasih di sini adalah Kekasih Sejati 🙂

Perjalanan selanjutnya.. Dari Semarang, Terminal Terboyo aku langsung naik bus kota menuju Jogja.

_20160322_165122

Ada yang unik dan selalu buatku tertawa sendiri saat mendengar kenek bus kota Semarang-Jogja. Selalu dia bilang, “Yo.. Yo.. Yogja..” Udah kayak Rapper 😀

_20160322_165155

Perjalanan melewati jalanan yang berpanorama lumayan indah, karena melintasi perbukitan daerah Ambarawa dan Magelang. Oya, tarif bus kota Semarang-Jogja sekitar 25-30ribu (nggak tentu, ya sekitar itu lah), dan perjalanan bisa selama 4-5 jam. Fiuh! Padahal naik motor cuma sekitar 3 jam. (Ya beda lah motor sama bus umum 😀 ).

Akhirnya, sampai juga!

Flash motor. Yogyakarta.
Flash motor. Yogyakarta.

Jogja berkarya! 😀 *ini versiku ya sobat, hehe.. Kalau versi Slogan Daerahnya sih, Jogja Istimewa.

Balik ke kosan Lempuyangan. Disambut sobat-sobat kecilku. :D
Balik ke kosan Lempuyangan. Disambut sobat-sobat kecilku. 😀

Langsung balik ke kosan. Langsung persiapan. Karena malam ini aku diajak sobatku, Reza dari UGM untuk berdiskusi dengan beberapa rekan dan keluarganya. What a nice moment 🙂

Bu Sheila, Mbak Nurish, Pak Mark, Pak George, Reza, dan saya. Enjoy the moment. Enjoy discussion.
Bu Sheila, Mbak Nurish, Pak Mark, Pak George, Reza, dan saya. Enjoy the moment. Enjoy discussion.

Kita berdiskusi tentang kehidupan, pengabdian, kerohanian masyarakat, dan kontribusi pada kebaikan masyarakat, seperti pendidikan yang berbasis pada kemajuan baik aspek spiritual dan material masyarakat. 🙂

What a day! I enjoy this day! 😀

Hope you guys have a great day ya!!!

05 Mar

Menuju Semarang Melanjutkan Pengabdian

Hi kawan!

Petualangan hari ini berlanjut dalam perjalanan! Perjalanan menuju Semarang, sobat! 🙂

Yah, masih dalam hari puasa ke #5, melanjutkan perjalanan, melanjutkan pengabdian 🙂

Aku berangkat dari Jogja setelah makan pagi sobat! (Lho kok makan pagi? Hehe.. Iya jadi memang Hukum Puasa Baha’i rentang waktunya untuk berpuasa adalah sejak matahari terbit sampai matahari terbenam. Matahari terbit di Jogja kan sekitar jam 5.43 pagi. Jam segitu bisa disebut makan pagi lah 😀 -> agak panjang ya penjelasannya, hehe..)

Jam 6.30 an berangkat.. Bersama motor sobat petualangku!

Langsung disapa pemandangan keren di pagi hari!

_20160306_173114

_20160306_173843

Ya, kawan.. Jalur Jogja-Semarang selain melewati perkotaan, juga melewati wilayah pedesaan yang hijau, dan juga perbukitan. Makanya pemandangannya keren 🙂 Apalagi masih fresh di pagi hari. Sedep!

Karena sudah beberapa kali melintasi jalur ini, aku sudah mulai agak hafal 😀

_20160305_175431

Tapi masih tetap hati-hati dan waspada, kawan.. Daripada nyasar 😀 jadi masih terus mengamati papan plang petunjuk jalan 🙂 *minggir dulu, trus difoto deh*

Nah setelah sampai di Semarang, aku langsung menuju sobatku sepengabdian, Adit dan Hujjat namanya.. 🙂

Hari ini kita ketemu sama salah satu sahabat kita, namanya Mas Laga. Beliau dosen muda di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Menarik, kawan! 🙂 Kita ketemuan di salah satu Gazebo di dekat Fakultas Teknik Unnes.. Mulai diskusi beberapa hal terkait hukum, masyarakat, pengabdian, serunya masa muda dan juga masa depan (apalagi kalau bukan soal nikah) 😀

Saking serunya diskusi, aku sampe lupa nggak ambil foto kebersamaan kita. Yah daripada nggak ada sama sekali :D ini saat berjalan kaki di jalan Unnes..
Saking serunya diskusi, aku sampe lupa nggak ambil foto kebersamaan kita. Yah daripada nggak ada sama sekali 😀 ini saat berjalan kaki di jalanan Unnes..

Buat aku, juga Adit dan Hujjat belajar lebih lagi tentang Hukum Tata Negara, karena Mas Laga adalah Dosen Hukum Tata Negara 🙂 Tentang bagaimana realitas dan penerapan hukum di masyarakat kita.

Dari diskusi itu, kita mendiskusikan tentang banyaknya tantangan dalam penerapan hukum, misalnya lemahnya penerapan hukum, yang mana memang sudah realita dimana-mana..

Dari situ kita juga berbagi perspektif kita dalam Ajaran Agama Baha’i, bahwa memang ini adalah proses manusia menjadi dewasa, yaitu memahami hakikat bahwa manusia adalah makhluk mulia.

Menuju pemahaman akan kemajuan spiritual dan material. Masyarakat saat ini lebih menekankan aspek meterialnya, dan menjadi lemah dalam ajaran spiritual.

Konkretnya, nilai spiritual seperti kejujuran, kemurnian, kerendahan hati, ketaatan, menjadi lemah penerapannya dalam masyarakat. Ya, kita memang sedang sama-sama terus berusaha 🙂 makanya kita saling mengabdi untuk kebaikan masyarakat.

Diskusi yang sangat menarik, kita juga akan berencana untuk melanjutkan diskusi dan kita coba buat program bersama, yang mana bisa berkelanjutan sebagai upaya konkret kita untuk mengabdi di masyarakat.

Ya, kita akan terus saling belajar dan berbagi..

So, enjoy the day ya fellas!

18 Oct

Berusaha Sehat Jasmani Rohani

Hari minggu yang indah sobat! 🙂

Gimana hari minggumu? Penuh petualangan pastinya!

Hari ini kuawali hari dengan berusaha menggapai tujuan hidup.

Goal of life!

IMG_20151018_211015-1

Disimbolkan gawang futsal 😀

Ya.. pagi ini kita main futsal sob.. Seru banget! 😀 IMG_20151018_110157-1Ini nih tim futsal Lempuyangan FC yang anti mainstream, karena main futsal tanpa sepatu, nyeker semua kita 😀

Yes.. olahraga! Biar tubuh sehat! 🙂

Cara nikmatin minggu pagi yang sedeeep.

Saat hari mulai siang, mulai panas.. kerindangan masih ada kawan.

Pohon ini ingatkanku tentang masa kecilku :D
Pohon ini ingatkanku tentang masa kecilku 😀

Ini nih aku berteduh dari kepanasan kota Jogjakarta di siang bolong.

Ceritanya mau jemput salah satu temenku. Kita mau belajar tentang spiritual kawan 🙂

Yeah.. sehat jasmani udah tadi pagi. Siang sampe sorenya kita nikmati hari untuk berusaha sehat rohani juga kawan 🙂 IMG_20151018_193501Kita belajar dan berdiskusi tentang ‘Renungan tentang Kehidupan Roh’.

Kawan.. kita belajar, sebagai manusia yang memiliki roh yang mulia untuk hidup dalam kehidupan pengabdian.. Kita sama-sama sedang terus belajar dan berusaha menerapkan bimbingan Ilahi itu. 🙂

Yah.. bahagia rasanya.. Saat berusaha menerapkan ilmu spiritual dan material.

Ya hidup kita memang terus berusaha menerapkan dan memajukan kedua aspek itu kawan 🙂

Semangat berjuang!

Dan malamnya.. yang membuat malam istimewa, aku nonton film keren.. Kenshin Samurai X.

Ini Kenshin Part II. Yang Part I aku udah nonton. Keren!
Ini Kenshin Part II. Yang Part I aku udah nonton. Keren!

What a day! 🙂

Have a beautiful day ya guys!