29 Aug

Belajar dari Seniman Jalanan

Kawan..

Apa kabar hari ini? 😀

Hari ini aku mau share tentang Seniman Jalanan..

Sobatku, mas Agus, mengapresiasi Seniman Jalanan yang ada di belakangnya dengan memberinya uang dan meminjam gitarnya untuk bernyanyi

Sobatku, mas Agus, mengapresiasi Seniman Jalanan yang ada di belakangnya dengan memberinya uang dan meminjam gitarnya untuk bernyanyi

Biasanya mereka disebut ‘pengamen’.

Tapi aku lebih suka sebut mereka Seniman Jalanan 🙂

Kreasi mereka perlu kita apreasi..

Karena tak ada wadah atau tak ada kesempatan untuk mengembangkan kapasitas mereka saja, sehingga mereka turun di jalan.

Terlepas dari niat mereka, yang mana sebagian besar memang mencari uang, di masa ekonomi yang sulit, lowongan pekerjaan yang semakin sempit.

Mereka memang salah satu dampak ketidakadilan zaman. Selain itu juga dampak dari upaya mereka. Mungkin juga upaya keras belum mereka keluarkan sepenuhnya.

Jadi.. menurutku, baik faktor eksternal (lingkungan dan masyarakat) maupun internal (diri sendiri) itulah yang menyebabkan Seniman Jalanan terus berkarya mencari nafkah.

Bagi aku sendiri kawan..

Selama perjalananku, yang jelas memang sering ketemu Seniman Jalanan, aku tetap mengapresiasi mereka..

Pengalamanku gini.. 🙂

Kalau aku ketemu Seniman Jalanan yang memainkan musik yang biasa saja, sudah umum, dan nggak ada ciri khas atau daya tariknya.. biasanya aku nggak beri apa-apa, cukup senyuman dan bilang sopan “maaf mas”. Semoga apresiasiku cukup untuk membuatnya berkarya lebih keren lagi 🙂

Nah kalau aku ketemu Seniman Jalanan yang unik, asik, menghibur, dan ada ciri khasnya.. entah suaranya, alat musiknya, atau lagunya.. Aku apresiasi dengan beri beberapa uang, seadanya secukupnya kupunya 😀 atau juga pernah kuberi snack atau minuman buat mereka kalau pas aku bawa, sambil bilang “keren mas, terus berkarya!”

Di samping semua itu sobat, ada yang bisa aku pelajari..

Bahwa apapun kondisi orang lain, walau Seniman Jalanan dipandang sebelah mata, kita belajar apresiasi mereka.

Selain apresiasi mereka, kita juga bisa mendukung untuk mengembangkan kapasitasnya. Mendukung itu banyak hal, nggak hanya soal dukungan materi. Kita bisa jadi teman mereka untuk sharing, saling memotivasi untuk maju.

Itu menurutku kawan..

Yang mana aku sedang terus belajar menerapkan semangat persahabatan universal. Sekali lagi, sedang berusaha 🙂

“Seniman Jalanan ada, untuk diapresiasi dan didukung untuk lebih meningkatkan kapasitasnya! 🙂 ” lukmanhanz

05 Aug

Home Sweet Home

Adventure today!

Sobat aku mau cerita petualanganku hari ini 😀

Naahh.. hari ini, seharian aku di…

IMG_20150804_102629

RUMAH!

Yeah.. pulang dulu..

Sebagai petualang yang jarang pulang, akhirnya pulang itu ya berasa bertualang..

Karena setiap hari adalah petualangan, kawan.. yeah! 😀

Sementara beberapa hari dari kemarin ada di rumah. Mempersiapkan yang perlu dipersiapkan, istirahat sejenak, dan menikmati momen kebersamaan bareng keluarga! 🙂

Well..

Dari kemarin, imaginasiku yang bertualang..

Ini tadi aku bertualang ke dunia imaginasiku, kawan..

Karya hari ini :D

Karya hari ini 😀

Ya.. NEZANTARA kawan! Dunia imaginasiku 😀

Whoooaaa.. capek seharian bertualang imaginasi.. saatnya tidur!

Sekalian menjaga kondisi tubuh biar tetep fit! Karena besok aku musti lanjutkan perjalananku kawan, ke Pati, Jawa Tengah! 🙂

Okey besok aku akan cerita..

Malam sobat!

26 Apr

Transportasi ke Banyuwangi

Transportasi ke Banyuwangi
Transportasi ke Banyuwangi

Bertualang ke Banyuwangi

Hey sobat petualang! Mau bertualang ke Banyuwangi? Bisa jadi salah satu opsi petualangan sobat! Karena Banyuwangi sedang booming dalam sektor petualangan dan pariwisata! 🙂 Nah bingung soal transportasi ke Banyuwangi? Aku bakal share kok sobat!

Transportasi ke banyuwangi, memang ada beberapa opsi sih.. dan nantinya pasti tergantung selera, gaya, sama budget petualangan kita, hehe..

Okey.. aku mulai sebutkan ya beberapa pilihan transportasi ke Banyuwangi..

Sepeda motor!

Motorku Sobatku

Motorku Sobatku

Naik sepeda motor ke Banyuwangi bakal seru kawan! Rasakan sensasinya bermanuver, bertualang dengan sepeda motor. Kalau dari Surabaya, rute yang dilewati sangat indah, jalan raya tidak terlalu rusak, karena memang jalan provinsi, dan bagi petualang motor, lama 6-8 jam berkendara tak terlalu masalah kan?

Jarak tempuh sekitar 300 km lah dari Surabaya. Ya itu termasuk berkendara dengan santai kok, bisa sering istirahat buat ngopi atau sekedar foto-fotoan 😀 Untuk rutenya, bisa melalui beberapa kabupaten. Jadi, berangkat dari Surabaya, melalui Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, dan sampai lah di Banyuwangi.

Kereta Api!

Bertualang dengan kereta api

Bertualang dengan kereta api

Aku juga paling suka bertualang dengan kereta api, kawan! Selain saat ini pelayanan kereta api sudah lebih baik (Ada cerita seru nih pengalamanku dengan kereta api 😀 ), juga kita masih bisa menikmati pemandangan dan berinteraksi seru dengan penumpang lainnya. Sahabat baru, belajar hal baru! 😀

Untuk kereta api sebagai transportasi ke Banyuwangi, kita bisa naik dari Surabaya dengan kereta api mulai dari kelas ekonomi, ada Sri Tanjung dan Probowangi, sampai kelas bisnis dan eksekutif, Mutiara Timur siang dan malam. Tinggal pilih deh, sesuai selera dan budget 😀

Bus!

Bertualang dengan bus

Bertualang dengan bus

Coba rasakan sensasi petualangan dengan bus juga kawan! Pasti dijamin tak terlupakan 😀 Mulai dari pengalaman berhimpit-himpitan, kepanasan, bahkan resiko kecopetan, hehe.. Ya itu kalau kita naik bus kelas ekonomi. Kalau naik bus patas atau eksekutif, resikonya cuman dioper sana-sini, pindah bus (bus ekonomi pun oper sana sini juga).. itu kalau pas penumpang sepi, hehe..

Nah, tipsnya kalau mau naik bus sebagai transportasi ke Banyuwangi, kawan.. naik saja secara estafet. Itu bakal lebih cepat dan aman! Kenapa? Karena bakal terhindar dari resiko oper sana-sini, bahkan nunggu lama di terminal. Rute estafetnya, coba naik dari Terminal Purabaya (Bungur) Surabaya ke Probolinggo. Dari Probolinggo lanjut ke Jember. Dan terakhir, Jember langsung ke Banyuwangi! 🙂

Pesawat Terbang!

Kalau yang ini, aku belum pernah coba sih! 😀

Kata beberapa temanku yang udah pernah naik pesawat terbang sebagai transportasi ke Banyuwangi.. cuman butuh waktu sekitar 45 menit! Hehehe, cepet banget! Coba deh search infonya, denger-denger sih mulai banyak rute penerbangannya 🙂

Semoga sharing singkat pengalamanku tentang transportasi ke Banyuwangi bisa berguna buat kalian sobat, para pecinta petualangan! 😀

So.. enjoy your holiday! Kami tunggu di Banyuwangi!

“Transportasi ke Banyuwangi.. mau pilih sepeda motor, kereta api, bus, atau pesawat terbang?” lukmanhanz

19 Apr

Backpacker Indonesia, Sobat-Sobat Petualanganku

Guys.. We have a good day, right? 😀 Yes! Aku lagi belajar banyak dari para backpacker nih! Backpacker Indonesia khususnya. Kalau untuk Backpacker Internasional, ntar dulu deh, hehe..

Backpacker Indonesia

Backpacker Indonesia

Sekilas tentang backpacker ya kawan.. dan aku yakin kalian semua sudah pada ngerti apa maksudnya backpacker itu 🙂

Backpacker, backpack itu bisa berarti tas ransel yang khas banget buat para petualang. Ukuran, gaya, warna apapun.. terserah! Terserah yang pake maksudnya 😀

Jadi, simple-nya.. backpacker itu adalah orang yang memanggul tas ransel di punggungnya dengan ukuran, gaya, dan warna apapun sesuai seleranya, untuk ke sana ke mari, bertualang sesuka hati. Itu! 😀

Okey, balik lagi soal pembahasan Backpacker Indonesia, guys…

Bertualang dengan para backpacker!

Bertualang dengan para backpacker!

Ternyata komunitas ini sudah cukup lama eksis! Iya sih, selama ini aku bertualangnya lebih sering solo traveling, jadinya gak tau kalo ada komunitas Backpacker Indonesia. 😀

Trus komunitas Backpacker Indonesia ini sangat eksis di dunia maya, karena aku ketemu awalnya juga dari website resminya Backpacker Indonesia.

Bergaya dengan para backpacker

Bergaya dengan para backpacker

Trus dari website itu, ada grup-grup per regional atau kota. Nah aku langsung search regional Surabaya.. Ketemu lah, Backpacker Indonesia (BPI) Regional Surabaya..

Grupnya ada di Facebook, dan Social Media lainnya kawan.. tapi aku tahunya grup komunitas ini di Facebook. Coba deh kalian gabung grup mereka, check it out!

Nah.. karena emang sementara aku ini ada di Banyuwangi, dan terus mobile ke beberapa kota lain, jadinya aku jarang ketemu teman-teman BPI Regional Surabaya.

Padahal, pasti seru kalau kita punya kesamaan hobi dan passion di bidang adventure trus kita bertualang bareng! Sedaaap!

Tapi, karena kita semua adalah para backpacker, para petualang.. jadi di manapun kita, itu nggak masalah! Karena kita punya satu rasa, satu tujuan, yaitu teman seperjalanan! 🙂

Di manapun kita berada, di manapun kita bertualang, selama masih menggunakan konsep backpacker, dan juga selama masih di Indonesia *lho, hehehe.. jadinya ya, kita disebut Backpacker Indonesia! 😀

So, sobat-sobat para backpacker, kita sama-sama belajar dan menikmati perjalanan kita yaaa… 😀

“Kita lah para Backpacker Indonesia, sobat seperjalanan..” hanz

06 Mar

Hujan-Hujanan, Kenangan Masa Kecil Tak Terlupakan!

Hujan-hujanan

Heiii sobat!! Aku mau sharing tentang aktivitas favoritku sejak waktu kecil, dan sampai sekarang juga masih asik kulakukan. Ya, main hujan-hujanan! Tapi kalau sekarang sih lebih banyak mengamati hujan dari dalam kamar *kok jadi galau* 😛

Kayak gini nih..

Hujan-hujanan

Kalian ada yang suka main hujan-hujanan juga?

Selamat sobat *jabat tangan* hidup kalian sempurna!!! 😀

Yuk kita nostalgia petualangan masa kecil yang takkan terlupakan..

Sumpah, masa kecil bener-bener bahagia kalau bisa main hujan-hujanan!

Hujan-hujanan lain sama kehujanan lho ya..

Kalo kehujanan, ujung-ujungnya bisa sakit kan, lha kehujanan kan ya karena terpaksa jadi kena hujan.. basah deh, kedinginan, trus badan jadi sakit 🙁

Tapi kalau hujan-hujanan, emang udah niat biar kena hujan, jadinya seneng kena hujan, hehe.. Walaupun seneng, tapi bisa sakit juga sih 😀

Bedanya ya cuman di niat! Hujan-hujanan niatnya seneng, main-main bareng teman-teman.. kalau kehujanan niatnya dongkol, kedinginan, sendirian, hahaha!

Selain itu, hujan-hujanan juga jadi have fun yang asik bareng teman-teman, karena..

Bertualang!

Bayangkan kita sekelompok pelaut lagi menerjang badai di tengah samudra!

Cih, padalah lagi jalan bareng bergerombol menerjang banjir di jalanan sambil becandaan disirami air hujan! Jiaaahh 😀 😀

Persahabatan!

Kita semua pasti dilarang sama orang tua kalau mau main di luar saat hujan. Ntar sakit lah, kedinginan lah, bahaya lah. Dan itu memang benar! Bentuk kasih sayang orang tua kita 🙂

Tapi demi sahabat yang sudah menunggu di luar, kita pasti ingat kebandelan kita masa kecil 😀 Sembunyi-sembunyi keluar dari rumah, main hujan-hujanan sepuasnya, lalu pulang kena marah! Hayo.. ya kan?

Bersenang-senang!

Masa kecil takkan terlupakan karena main hujan-hujanan, itulah kenangan! Kita pasti senyum-senyum sendiri kalau sedang melihat anak-anak kecil berlarian, bermain-main, dan bersenang-senang saat hujan.

Senyuman itu mengingatkan kita akan kenangan masa kecil yang penuh momen bersenang-senang.

Hmmm.. bener-bener kangen masa itu….

Ingin rasanya main hujan-hujanan lagi, tapi selain ingat umur, sudah tak ada lagi teman, hahaha!

Kalian ada cerita seru pas hujan-hujanan? 😉 Ayo cerita dong!

“Kenangan main hujan-hujanan, petualangan masa kecil yang asik bareng teman-teman 😉 ” hanz