13 Apr

Wednesday Forum CRCS UGM

Hari ini bertualang ke Pasca Sarjana UGM, kawan!

_20160414_205147

Tepatnya di program studi CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies), yang mana program studi ini secara aktif dan konsisten membuka ruang dialog yang terbuka untuk umum. Ruang ini bernama Wednesday Forum.

_20160411_215612

Wednesday Forum membahas topik-topik yang sesuai ranah CRCS, yaitu terkait agama, kepercayaan, dan keragaman dalam masyarakat. Menarik! 🙂

Tema untuk hari rabu kali ini adalah tentang agama Baha’i, sobat..

_20160414_205212

Ya.. Aku datang karena ingin berbagi dan berdiskusi bersama kawan-kawan di sini tentang agama Baha’i, dan juga ingin melihat ruang pembelajaran Wednesday Forum!

Menarik pembahasan tentang agama Baha’i kali ini, karena yang berbagi adalah seorang Ph.D candidate, yaitu Amanah Nurish, yang sedang terus meneliti agama Baha’i. Lingkup penelitiannya adalah agama Baha’i di wilayah Asean.

IMG-20160414-WA0000

Topik-topik utamanya terkait sejarah agama Baha’i di Iran hingga persebarannya, terutama ke wilayah Asia Tenggara. Tentang tantangan-tantangan yang diterima umat Baha’i di masyarakat karena perbedaan keyakinannya, sebagaimana tantangan masyarakat saat ini yang sensitif terhadap perbedaan.

Peneliti juga menemukan pembelajaran menarik tentang masyarakat Baha’i yang berusaha berkontribusi pada kesatuan di masyarakat yang merupakan salah satu tujuan agama Baha’i. Ruang-ruang kesatuan yang diupayakan masyarakat Baha’i melalui aktivitas yang dibangun dimana masyarakat Baha’i berada.

Misalnya pendidikan yang memajukan kapasitas spiritual, intelektual dan material untuk anak, remaja, pemuda, hingga dewasa. Yang merupakan sistem pendidikan yang memberdayakan kapasitas masyarakat untuk mengabdi dan mewujudkan nilai-nilai kesatuan dan kemuliaan manusia. Sistem pendidikan ini disebut Institut Ruhi, dan terbuka bagi siapa saja apapun latar belakangnya untuk terlibat. Juga ruang-ruang pembangun kesatuan seperti pertemuan doa bersama dengan siapapun dan latar belakang apapun.

Itulah bentuk kontribusi yang sedang terus diupayakan masyarakat Baha’i untuk mewujudkan kesatuan di masyarakat.

Yeap! Itu sekilas petualangan hari ini sobat!

Semoga hari kita selalu penuh petualangan ya!

16 Mar

Persiapan Hari Raya Naw-Ruz Yogyakarta

Hari yang cerah ini..

_20160324_205212

Petualangan hari ini menuju ke Bantul, sobat! 😀

Dengan tim muda-mudi Jogja yang sedang mempersiapkan perayaan Hari Raya Naw-Ruz, kawan 🙂 Naw-Ruz adalah Hari Raya umat Baha’i, sobat 🙂 Tepatnya tanggal 20 Maret 2016.

_20160324_205242

Bersama sobatku, Reza (yang nyetir) dan Bahiyyih (duduk belakang), kita ke Bantul untuk melakukan survey tempat perayaan Hari Raya Naw-Ruz besok.

Setelah kita searching.. Kita tentukan pilihan, dan segera menuju ke sana. Desa Wisata Tembi, Bantul. Letaknya di Jln. Parangtritis km 8,5.

_20160324_205037

_20160324_205004

Suasana pedesaan yang asri jadi tema perayaan Naw-Ruz tahun ini, kawan.. 🙂

_20160324_205056

Saat berada di sini sih, kita sangat menikmati hawa pedesaan. 😀 Ternyata ini salah satu pesona Daerah Istimewa Yogyakarta, kawan. Tak hanya Malioboro, ataupun pusat keramaian lainnya. Ketenangan, keasrian dan kesejukan pun ada kalau kita mau menjelajah.. 🙂

Kalau kalian ingin merasakan ketenangan dan keasrian Yogyakarta, kawan.. Menjelajah lah ke area Desa Wisata 🙂 Ada banyak pilihan. Searching aja sesuai minat dan budget 😀

Dan, kita langsung putuskan memilih Desa Wisata Tembi untuk Hari Raya Naw-Ruz tanggal 20 Maret besok. Kita sudah merasa nyaman dengan suasananya, dan tempatnya (kita menyewa pendopo) tidak terlalu mahal. Juga acaranya kan beberapa hari lagi, mungkin akan sulit mencari tempat lainnya.

Ini pendopo yang akan kita gunakan untuk acaranya..

_20160324_205125

Nuansa Jogja banget. 😀 Memang itu tujuan kita. Mengadakan Naw-Ruz untuk teman-teman Jogja, ya sesuai budaya Jogja.

Rencananya kita akan mengundang beberapa keluarga Baha’i, teman-teman muda-mudi dan mahasiswa beberapa Universitas. Karena ini adalah perayaan hari berbahagia, jadi acaranya terbuka untuk sahabat-sahabat kita apapun agama dan latar belakangnya. 🙂

Bakal seru pastinya tanggal 20 Maret nanti 😀

Oya, nih aku sedikit share penampakan brosur Desa Wisata Tembi. Sekalian bantu promosiin 😀

_20160324_205148

Persiapan lainnya.. Segera musyawarah sama tim muda-mudi Jogja untuk menyambut Hari Raya Naw-Ruz 2016 😀

So.. I hope you guys have a nice day ya..! 😉

07 Mar

Bertualang di UnDip Semarang dan Berdiskusi dengan Sahabat Unnes

Sobat!

Hari yang cerah pagi ini di Semarang, kawan! 🙂 Dan aku sedang diii…

_20160307_163434

Yeah, Universitas Diponegoro Semarang! 😀 Menjelajah dunia kampus tema petualangan hari ini sobat..

_20160307_174058

Dan menjelajahinya dengan berjalan kaki. Motor petualang titipkan dulu di parkiran 😀

Keliling kampus, jelas aku menuju public space di lingkungan universitas.. yaitu perpustakaan!

_20160307_174113

Sobat! Niatku bertualang di Universitas Diponegoro kali ini ya untuk mencari inspirasi dalam berimaginasi, juga untuk menambah sahabat baru dengan para mahasiswa. Perpustakaan jadi tujuan yang logis bagiku yang sudah jadi mantan mahasiswa 😀 dan belum punya kawan di UnDip.

_20160307_174129

By the way, fasilitas di perpus UnDip ini cukup bagus kawan. Selain itu, untuk umum dikenakan biaya administrasi yang sangat murah, Rp. 2 ribu saja! Sangat sangat terjangkau dibandingkan investasi ilmu dari buku-buku di dalamnya 🙂

Eh ternyata perpustakaan masih sepi 😀 Yah baca-baca sendiri deh.

IMG_20160307_093524

Jadi aku ambil 3 buku ini, kawan!

IMG_20160307_113400

Buku dari Paulo Coelho, buku kumpulan Esai dan Cerpen, juga tips menciptakan Cerpen yang hebat. 😀

Ya sobat! Dari buku-buku itu memang sudah jelas sangat terkait dengan tujuanku yang sedang mengarang karya-karya fiksi. Yah dari buku-buku itu aku mendapat wawasan yang sangat menarik! 🙂

Berikut ini aku sedikit share apa saja yang aku dapatkan yaa…

  • Aku harus beli buku karya Pramoedya Ananta Toer dan Paulo Coelho! 😀 dari bacaan itu, aku perlu belajar dari mereka, kawan.. 🙂 aku akan nikmati karya mereka, seperti aku akan nikmati prosesku berkarya..
  • Dari tips yang kudapatkan, ada 3 hal simple tapi powerful! Adalah : write – write some more – keep on writing! Ya.. Inilah berkarya 🙂
  • Aku belajar, kawan.. Bahwa memang sangat perlu ke perpustakaan. Nikmati suasana keheningannya, alami pengalaman berinteraksi dengan buku, dan hanyutlah dalam samudra kata-kata. Aku akan coba secara konsisten untuk ke perpustakaan! 😉

Yeah itu sobat!

Dan petualangan belum berakhir hari ini! 😀

Setelah baca-baca di perpustakaan dan aku belum dapat kesempatan untuk berkenalan dengan mahasiswa di sini, aku putuskan lanjutkan jalan-jalan..

Eh ternyata ada taman kampus 🙂 lumayan asri, tapi agak kurang terawat.. *semoga pihak universitas lebih merawatnya, bahkan menjadikannya lebih indah.. Nih gambar-gambarnya..

_20160307_174238

_20160307_174313

_20160307_174221

Setelah dari UnDip! Sorenya aku menuju ke Universitas Negeri Semarang, sobat!

Di Unnes ini aku sudah punya kawan.. 🙂 sore ini kita lanjutkan diskusi tentang agama Baha’i, pengabdian di masyarakat, dan perspektif Hukum, karena sahabat-sahabatku di sini adalah mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum. 🙂

_20160308_162930

_20160308_163001

Diskusinya menarik sekali, kawan! 😀 panjang lebar kita berdiskusi, dengan semangat persahabatan tentunya! 🙂

Beberapa hal yang kita diskusikan aku bagikan deh..

Kita saling belajar memahami perspektif masing-masing. Teman-teman yang bidangnya Hukum ini juga sedang mencoba memahami tentang agama Baha’i, karena mereka juga ada yang baru tau tentang Baha’i.. Aku pun belajar perspektif Hukum dari mereka. 🙂 Mereka di bidang Hukum Tata Negara.

Dan, kita saling diskusi tentang kesatuan umat manusia, yang mana memang itu adalah tujuan utama agama Baha’i, juga kaitannya dengan Hukum Tata Negara. Bagaimana penerapan hukum di Indonesia terhadap mukmin Baha’i.

Lalu, kita juga sepakat bahwa diskusi kita adalah bagian dari proses berkelanjutan, proses yang akan bersama-sama meningkatkan kapasitas dan juga menerapkannya dalam pengabdian pada masyarakat kita 🙂

Ya.. Kita akan terus belajar dan berusaha, kawan! 😀

Wah it’s beautiful day!

08 Sep

Jalan-Jalan Jogja

Temans..

What’s up? 🙂

Yah semoga semua dalam kondisi sehat dan bahagia ya 😀

Oya.. Pagi hari.. sempurna banget kalo jalan-jalan nikmati pagi 😀 PicsArt_1441689115286Yaa sambil kemanapun kaki melangkah..

Bertualang itu bukan hanya soal seberapa jauh langkahkan kaki, tapi juga soal menikmati langkah kaki setiap hari 😀

Okeh.. Hari ini aku sama sobatku, Ririk dari Lampung, yang mau kelar kuliah S1 nya di UKDW Jogja, mau go out, nyari mesin..

Mesin? Mesin apaan hanz?

Mesin pembuat susu kedelai. 😀 Yah kita mau buka usaha kawan 🙂 Di Jogja, mau usaha jual susu kedelai.

Eh ini bukannya malah foto dapet mesinnya, tapi foto ini.. IMG_20150908_134721-2Seniman Jalanan di pinggir lampu lalu lintas di Jogja 😀

Aku apresiasi karya mereka kawan 🙂 keren! Selamat berjuang sobat! Tetap jaga kreativitas, tetap jaga ketertiban umum 🙂

Btw, mesinnya belom dapet nih 😀 masih nyari!

Naahh.. trus kita mampir ke rumah Ibu Sri.. Bu Sri ini adalah anak dari Almarhum Bapak Yudi. IMG_20150908_143642-1Bapak Yudi adalah salah satu orang Baha’i asli Jogja sejak tahun 1954. Begitu kata Bu Sri, anaknya.

Pak Yudi meninggal pada tahun 2005. Bu Sri sekilas menceritakan tentang sosok Ayahnya kawan 🙂

Pak Yudi adalah sosok yang sederhana dan lemah lembut. Beliau selalu menunjukkan kasih sayang pada keluarga dan masyarakat.

Menarik.. share tentang kisah orang-orang Baha’i pertama di tanah Jogja 🙂

Then… Sorenya.. hari masih panjang.. kita sekumpulan sobat di sini sepakat mau main billiard. Waahh mantap 😀 PicsArt_1441774500315Aku lamaaa bgt nggak main billiard sobat 😀 kayaknya sejak SMA, yaa 7-8 tahun yang lalu laahh 😀

Jadi deh aku cupu banget pas main billiard, hahaha.. Tapi overall.. have fun banget 😀

Aku jadi tertarik lagi sama salah satu olahraga yang mengandalkan insting dan akurasi ini..

Well done for today!

Happy day yaa.. See you!

15 Aug

Banyuwangi

Kawan!

Ayo tersenyum bahagia! 😀

Pagi ini.. setelah bersyukur dan berdoa.. 🙂

Aku pergi ke pasar! Belanja! 😀

Nih hasil belanjanya..

IMG_20150815_073330-1

Belanja jeruk nipis (jadi tiap pagi setelah bangun tidur aku langsung minum jeruk nipis hangat, untuk kesehatan lambung dan liver 🙂 ) , belanja pisang (sarapan pagi, berusaha sarapan buah 😀 ) , lalu belanja singkong (opsi lain dari nasi buat karbo pati 😀 ).

Setelah itu, persiapan.. buat kunjungan ke beberapa teman.

Ada agenda buat kunjungan ke muda/i yang seperti direncanain semalem. Kunjungan buat undang mereka ke Reuni Muda-Mudi 🙂

Percakapan bermakna ttg peran muda/i di masyarakat

Percakapan bermakna ttg peran muda/i di masyarakat

Dari kunjungan itu aku belajar kawan, bahwa kita pemuda/i punya potensi yang besar untuk menyumbang pada terciptanya kesatuan umat manusia berdasarkan Ajaran dari Sang Suci Baha’u’llah.

Sedang terus belajar dan berusaha kawan 🙂

Oya trus aku lanjutkan perjalanan!

Ke mas Ponirin, ahli bibit 🙂

IMG_20150815_140357-1-1

Mas Ponirin dengan bibit-bibitnya

Kita berencana mau ke Bali minggu depan kawan.. Nanti jelas akan aku bagikan kisah petualangannya! 🙂

Lalu, perjalanan dilanjutkan! Ke mas Prayit, karena kita akan buat whiteboard.

Di perjalanan, nggak afdol kalo nggak jadi fotografer 😀

Bertualang dengan sobatku, motor petualang yang sederhana :)

Bertualang dengan sobatku, motor petualang yang sederhana 🙂

seberkas cahaya dalam perjalanan bagai secercah harapan dalam kehidupan

seberkas cahaya dalam perjalanan bagai secercah harapan dalam kehidupan

Damainya Hijau

Damainya Hijau

Jalan raya yang menentramkan.. Sungai yang menenangkan.. Sawah yang menyejukkan..

Jalan raya yang menentramkan.. Sungai yang menenangkan.. Sawah yang menyejukkan..

Merah Putih telah hiasi sepanjang jalan

Merah Putih telah hiasi sepanjang jalan

Dan.. sampai di rumah mas Prayit, langsung bantu buat whiteboard. Pas aku datang, dia masih mengerjakan kerangkanya.

Mas Prayit ahli las :)

Mas Prayit ahli las 🙂

Sambil ngobrol asik tentang kehidupan dan pengabdian, kita juga becanda hal-hal lucu yang jadi pengalaman. Nah pas saling becanda itu, aku ditawari untuk bantu ngecat 😀

Siaapp! Emang aku datang untuk membantu kok 😀 jadi apapun yang bisa kubantu akan kulakukan.

IMG_20150815_152229-1

Nah udah siap ngecat!

Bagiku kawan, melakukan hal baru yang bermanfaat itu asik banget, nambah pengalaman, nambah skill, sama nambah nikmatnya hidup 😀

Awalnya sih gampang, beneran.. ngecat yang lapisan pertama mah gampang, nggak pake mikir 😀

IMG_20150815_171553-1

Nah yang lapisan kedua, lumayan susah juga 😀 butuh kesabaran dan keluwesan. Karena ngecat pake kuas sederhana, jadi cat gak bisa rata, kayak ada garis-garisnya gitu, apalagi di permukaan besi.

Mas Prayit sampe meyakinkan gini ‘udah pede aja, nggak ada yang marah kok!’ 😀

Yaudah deh, jalan terus!

Akhirnya kelar juga.. pas matahari terbenam, haha!

Habis bantu mas Prayit, perjalanan dilanjutkan..

Agendanya akan ada musyawarah bersama untuk bertindak dan mengabdi di masyarakat Banyuwangi.

Musyawarah Tim Klaster Banyuwangi

Musyawarah

Dalam musyawarah itu kita akan melakukan proses pendidikan, yaitu proses pendidikan yang disebut Institut Ruhi.

Proses pendidikan untuk semua masyarakat apapun latar belakangnya, yang bertujuan meningkatkan kapasitas setiap orang bahwa kita adalah manusia yang satu dan mulia.

Dan itu adalah prinsip dasar dari Agama Baha’i, keyakinan bahwa manusia adalah satu dan mulia 🙂

Okey kawan..

Hari yang membahagiakan.. dan cukup melelahkan.. 🙂

Saatnya istirahat..

Sampai ketemu di petualangan besok! 😀