02 Apr

Tetaplah Berpengharapan

Hari-hari selalu dihiasi kisah sedih dan bahagia. Itu memang yang telah dikehendaki Sang Pencipta pada kehidupan manusia, yaitu kehidupan insani yang dimaksud, kawan! πŸ™‚

Keduanya memang ada, sedih-bahagia, pada kehidupan insani. Realita yang tentunya tersimpan makna di balik itu. Kenapa ada keduanya, sedih-bahagia, dalam kehidupan insani manusia? Apa makna dari ini?

_20160406_113537

Kita coba hayati.. apa itu kehidupan insani. Kehidupan sementara di dunia ini, yang batasannya adalah seluruh dan seisi bumi. Inilah kehidupan insani.

Saat kehidupan insani adalah sementara, maka tentunya sedih-bahagia juga sementara sifatnya. Saat kita dihina, dicerca orang lain.. sedih sekali rasanya. Saat kita dihormati, dimuliakan sesama manusia.. bahagia dan bangga tak terkira. Saat kita hayati lagi.. keduanya itu hanya sementara saja di dunia insani, kan? πŸ™‚

Lantas apa yang perlu kita lakukan, kita cari, sebagai manusia insani yang sementara ini. Seolah saja, hidup menjadi tanpa harapan jika sudah pahami bahwa sedih-bahagia hanya sementara. Toh apa guna bersedih, apa guna berbahagia.. tak ada harapan hidup ini.

Tetaplah berpengharapan. πŸ™‚ Ini untukku maupun untuk kalian para sahabatku..

Saat kita mulai hayati makna ini, kita mulai membuka lembaran baru Buku petunjuk kehidupan ini.

Buku kehidupan tak hanya menuntun kita rasakan sedih-bahagia yang sementara. Ada lembaran-lembaran berikutnya. Mungkinkah kita tau dan pahami lembaran-lembaran selanjutnya seandainya kita nyaman saja dengan lembaran saat ini? πŸ™‚ Buku kehidupan inilah Ajaran Tuhan.

Kita semua sedang terus berusaha pahami dan hayati makna. Memang tak mudah, makanya mari bersama tetap berpengharapan πŸ™‚

Manusia tak hanya wujud fisik saja. Manusia adalah makhluk spiritual. Manusia mempunyai potensi kerohanian. Itulah karunia Sang Pencipta yang mencipta manusia yang memiliki raga dan jiwa.

Bukti adanya raga nampak nyata: tubuh manusia, jasmani yang hidup di dunia insani. Bukti adanya jiwa seolah tak nyata tetapi tak terpungkiri: roh manusia, yang pancarkan sinar Ilahi cahaya Surgawi, sehingga kita manusia mampu pahami dan terapkan cinta, kasih, kejujuran, kemuliaan, tanda sifat rohani.

Tapi realita saat ini, banyak manusia keji yang tak pancarkan cinta kasih. Itu bukan lah hakikat sejatinya roh manusia, kawan. πŸ™‚ Ibarat magnet yang sejatinya mengarah ke utara dan selatan, seandainya ada pengaruh yang sangat kuat dari besi-besi di sekitar magnet itu, sehingga akan mempengaruhi medan magnet, magnet itu akan melenceng dari sifat aslinya, dia akan mengarah ke arah pengaruh kuat di sekitarnya itu. Sama persis dengan tubuh jasmani. Apakah sakit adalah sifat sejati tubuh jasmani? Sejatinya jasmani adalah sehat. Sakit terjadi karena tubuh jasmani melenceng dari hidup sehat.

Kembali ke kehidupan manusia πŸ™‚

Inilah petunjuk selanjutnya Buku kehidupan, kawan..

Kehidupan manusia tak hanya kehidupan insani. Sebagaimana manusia adalah makhluk spiritual, kehidupan sejati manusia adalah kehidupan rohani, kehidupan Ilahi. Dan kehidupan ini kekal. Kehidupan yang membawa kebahagiaan sejati, baik ketika di dunia ini maupun di akhirat.

Bukankah sifat-sifat Ilahi seperti cinta, kasih, kejujuran, kedermawanan, kebaikan hati pada sesama manusia dan seluruh makhluk hanya akan mendatangkan kebahagiaan? Ya, meskipun bisa saja secara fisiknya mengalami pertentangan dan kepedihan, tapi tak terpungkiri jiwa akan merasakan kebahagiaan sejati.

Untuk itu, mari kita tetap berpengharapan akan kehidupan Ilahi dan selalu berusaha menerapkan sehari-hari. Dan mari meraih kebahagiaan sejati πŸ™‚

“Tetaplah berpengharapan. Hidup tak hanya sedih-bahagia sementara bentuk kehidupan insani. Mari berusaha raih kebahagiaan sejati sumber dari kehidupan Ilahi.” lukmanhanz

02 Feb

Kegembiraan Memberi Kita Sayap

Dear friends..

Are you happy? πŸ™‚

Aku mau sharing nih tentang kegembiraan..

Kegembiraan memberikan pengaruh yang luar biasa untuk hidup kita.

Itu kenapa, pertanyaan ‘Are you happy’ yang terkesan sederhana punya makna yang dalam, sobat..

Jiwa yang bahagia, yang selalu bergembira seolah memberi kita sayap untuk terbang bebas setinggi-tingginya..

Kegembiraan Memberi Kita Sayap

Kegembiraan Memberi Kita Sayap

Jadi, tersenyumlah.. bergembiralah.. πŸ™‚

Lho kok bisa karena bergembira terus bisa punya sayap?

Ya bisa! hehehe..

Jiwa yang gembira mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan kita..

Pengaruh itu bersifat positif yang membangun motivasi kita untuk melakukan yang terbaik..

Kekuatan positif yang memotivasi kita untuk melakukan yang terbaik itu bagaikan sayap yang membawa seekor burung terbang setinggi-tingginya, mencapai tujuannya..

Aku terinspirasi dari cerita salah satu temanku, sobat..

Ini menunjukkan bagaimana kegembiraan benar-benar memberikan sayap.

Temanku bercerita, ada seorang ibu yang sangat mencintai anak-anak.. Beliau selalu bergembira saat mengabdi untuk anak-anak..

Suatu ketika, Sang Ibu jatuh sakit, dan dalam kondisi kritis! Begitu kata dokternya.. Saat sedang sakit pun beliau masih memikirkan anak-anak asuhnya.

Dan, tak disangka ada kejadian salah satu anak didiknya jatuh sakit. Ibu yang luar biasa itu, meskipun sedang dalam kondisi kritis datang menemui anak yang malang itu..

Dengan cinta dan tanpa mengeluhkan sakitnya sedikit pun, ibu penyayang itu merawat dan menghibur sang anak. Dan yang terlihat saat itu, ruangan yang awalnya berduka jadi ceria dan gembira..

Waahh, luar biasa.. bagaimana jiwa sang ibu yang dengan gembira dan tulus mengabdi pada sang anak, telah memberikannya kekuatan sayap saat kekuatan tubuhnya tak mampu berbuat apa-apa..

What an inspirational story! πŸ™‚

Dari cerita itu, aku ingat memang ‘Kegembiraan memberi kita sayap untuk terbang meninggalkan keterbatasan-keterbatasan’

“Ayo kawan.. temukan sumber kegembiraanmu, dan tunjukkan sayap-sayapmu :)” lukmanhanz

14 Jan

Galau dan Bahagia Hari ini

Kawan!

Hari ini aku merasakan kegalauan dan kegembiraan di hari yang sama. Aku sadar, keduanya bermakna, berhikmah untuk hariku, hidupku πŸ™‚

Ya kawan.. petualangan hidup kan juga ada sedihnya, senangnya. Tapi petualangan terus berlanjut, kan! πŸ˜€

Okey deh.. aku ceritakan sedihnya dulu πŸ˜€

Jadi ceritanya aku kehilangan HP. Smartphone punyaku Vivo Y28. Sebenarnya bukan hanya hilangnya HP yang buatku sedih *tapi HP hilang juga buatku sedih sih πŸ™ buatku serba susah juga* tapi ada ceritanya. Ceritanya agak panjang, tapi kuringkas saja ya..

Mulai dari dua hari yang lalu, aku ketemu sama teman baru di Bis Trans Jogja. Ya seperti halnya yang kuceritakan dalam semangat petualanganku, kawan. Aku juga suka bergaul dan berinteraksi dengan sahabat baru, orang yang baru dikenal.

Dengan semangat itu, jelas aku harus berusaha untuk bersahabat tanpa berprasangka, karena aku berkeyakinan bahwa kita semua manusia satu keluarga, bahwa pada dasarnya manusia itu mulia. Tapi, keyakinan itu bukan berarti membiarkan kita, aku sendiri, dimanfaatkan orang lain. Dengan semangat persahabatan universal, tapi tetap waspada untuk menghindari ketidakbaikan.

Okey.. itu dasarnya ya.. dan karena semangat itu, aku berkenalan dengannya. Aku tak mau sebut namanya. Biarlah jadi rahasia πŸ™‚ kita ternyata bisa cepat akrab. Eh dia juga berasal dari kota asalku, Surabaya. Aku percaya, karena logatnya yang khas Suroboyo. Muncullah perasaan sesama Arek Suroboyo. Tujuan dia datang ke Jogja adalah untuk mencari kakaknya, yang mana itu adalah permintaan ibunya yang sedang sakit keras.

Terlepas dari ceritanya itu benar atau salah, aku tidak tau kawan. Yang jelas, aku turut bersimpati. Aku berikan kontakku, aku bersedia membantu sebisaku kalau dia perlu bantuan. Sudah. Kita berpisah saat aku turun di halte Trans Jogja tujuanku.

Di malam yang sama itu, dia langsung mengontakku. Dia minta bantuan untuk menginap di tempatku, karena dia tak punya kerabat atau saudara di Jogja. Dengan berusaha tanpa prasangka, aku membantunya menginap di tempatku. Oke lah, aku juga coba membantunya untuk mencari saudaranya. Ternyata tak ketemu karena alamat yang dituju sudah tak berpenghuni lagi. Mungkin orang yang dicarinya sudah pindah lagi, atau entah lah aku tak tau.

Dua malam dia menginap di tempat kosku. Dia mulai kupercaya karena dia juga menunjukkan sikap dan itikad baik, kita juga semakin bersahabat, mengobrol banyak hal tentang kehidupan, dia juga mengatakan kalau nanti di Surabaya persahabatan dan silaturahmi kita akan berlanjut. Dan, kesalahanku dimulai saat aku ceroboh tak mengunci kamarku saat sedang mandi.

Setelah aku selesai mandi, dia langsung menghilang, tanpa pamit. Dengan panik kuperiksa kamarku. HPku dan chargernya hilang. Uang di dompet yang saat itu nggak terlalu banyak juga hilang, yang mana aku belum ambil uang cash di ATM. Untungnya barang berharga lainnya gak diambilnya, seperti dompet yang berisi kartu-kartu penting seperti KTP, SIM, ATM, dan juga Laptop yang kutaruh di dalam tas yang tidak dibongkarnya.

Semoga saja niat dia mengambil beberapa barangku, dengan tidak membongkar dan mengambil barang berharga lainnya, itu karena dia β€˜kepepet’ (terdesak) dan karena kita sudah mulai bersahabat baik, jadi dia tak mau terlalu merugikanku. Semoga saja.

Dan, sudah lah.. aku belajar ikhlas dan juga belajar untuk lebih waspada lagi ke depannya. Kuakui memang kesalahanku. Dan aku yakin ada hikmahnya untuk memperingatkanku menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jadinya, HP yang selama beberapa bulan ini (belum ada setahun HP itu) menemani petualanganku, mengabadikan foto-foto yang lumayan keren, hilang sudah, berpindah tangan. So.. untuk sementara waktu, waktu yang belum bisa ditentukan, tak ada foto-foto yang aku tampilkan dalam postingan di blog ini πŸ˜€

Sedih sih.. tapi, it’s okey.. aku akan berusaha terus updates berupa cerita dan kata-kata. Sampai nanti rezeki datang lagi untuk HP dan kamera baru yang menemani petualanganku πŸ˜€

Tapi hari ini nggak berakhir dengan kesedihan, kawan!

Ada satu hal yang membahagiakanku πŸ™‚ karena memang hari ini aku mengundang beberapa sobatku untuk berdoa bersama. Ya, dari beberapa hari sebelumnya aku sudah mengundang dan berdiskusi dengan mereka.

Karena keyakinan dan penerapan dari doa bersama adalah upaya untuk menciptakan keharmonisan dan kesatuan di masyarakat. Bahwa doa adalah makanan roh kita. Juga bahwa saat kita berdoa bersama, meski kita mempunyai keyakinan yang berbeda-beda, pada hakikatnya kita memohon Rahmat pada Tuhan yang Esa. Maka Rahmat Tuhan akan meliputi hamba-hambanya yang hidup dalam keselarasan dan kesatuan πŸ™‚

Indah kawan. πŸ™‚ kita berdoa bersama di Taman Pasca Sarjana UGM. Setelah berdoa bersama, kita sama-sama berdiskusi tentang peran kita sebagai anak muda untuk mengabdi di masyarakat. Dan bagaimana upaya itu bisa berkelanjutan.

Hmm.. bahagia rasanya.

Hari yang bermakna untukku, kawan.. Mengalami kegalauan karena kehilangan HP dan sahabat baru, yang mana itu bermakna dan berhikmah. Juga merasakan kebahagiaan karena perasaan spiritual bisa berbagi dan berdiskusi dalam suasana doa.

06 Oct

Ke Pasuruan

Kawan..

Hari ini saatnya lanjutkan perjalanan πŸ˜€

Ke Nguling, Pasuruan.

Ya, aku bisanya berangkat dari rumah siang hari. Kelarin beberapa pekerjaan.

Jadinya naik angkot di siang hari gini nih..

Berasa di sauna :D oya angkot Surabaya tarifnya sekitar 5ribu
Berasa di sauna πŸ˜€ oya angkot Surabaya tarifnya sekitar 5ribu

Tapi asik sih, petualangan jadi seru! πŸ˜€

Naik angkot turun Pasar Loak. Dari Pasar Loak, lanjutkan perjalanan naik bus kota.
IMG_20151006_143145-1Di bus kota juga kepanasan πŸ˜€ tapi saat semua dinikmati, hanya ada happy di hati πŸ˜‰
IMG_20151006_143213-1Kenapa aku suka naik bus kota ini?

Karena lebih cepat (lewat tol) menuju Terminal Bungurasih, dan lebih murah πŸ™‚ cukup 6 ribu.

Akhirnya sampai di Terminal Bungurasih.

Terminal Burungasih. Selalu menjadi langkah awalku melangkah kemanapun kaki melangkah, untuk mengabdi dan berkontribusi.
Terminal Burungasih. Selalu menjadi langkah awalku melangkah kemanapun kaki melangkah, untuk mengabdi dan berkontribusi.

Terminal lumayan sepi sih, karena hari biasa (weekdays) siang-siang panas kentang-kentang pula! πŸ˜€

So.. lanjutkan perjalanan. Naik bus antar kota jurusan Jember/Banyuwangi.

Enjoy :)
Enjoy πŸ™‚

Berasa nyaman πŸ™‚ *iya.. semua dinikmati πŸ™‚

Tarif bus dari Terminal Bungurasih menuju Nguling Pasuruan cukup 15 ribu kawan..
IMG_20151006_151327-1Tuh bukti otentiknya πŸ˜€ yaa ciri khas naik bus antar kota, asal dan tujuan itu dicoret. πŸ˜€

Sudah sampai di Nguling, di rumah salah satu sobatku, nggak sempet foto-foto lagi πŸ˜€

Itu dulu deh kawan untuk hari ini..

Happy always! πŸ˜€

19 Aug

Manfaat Senyuman… Jadi Tersenyum lah Kawan!

tersenyum lah kawan

Tersenyum lah kawan.. Senyuman itu keindahan, senyuman itu tanda kebahagiaan. Dan manfaat senyuman itulah yang membuat kita menjadi pribadi yang penuh keindahan dan kebahagiaan..

Wah..waahh cakep bener bahasanya hanz? Hehehe.. semoga bisa membuatmu tersenyum, kawan πŸ™‚

Iya kawan, aku mau berbagi hal menarik dengan kalian semua, jadi ayo kita diskusi.. tentang senyuman, kenapa harus tersenyum, apa manfaat senyuman..

Senyuman..

Sebelumnya, ayo tersenyum dulu.. πŸ™‚

Lho.. mana senyummu? Kalo belum senyum, yaudah gak jadi dibahas, hahaha..

*iseng dikit*

Okey begini sobat!

Manfaat senyuman bisa dirasakan oleh diri kita sendiri dan juga orang lain atau lingkungan sekitar kita..

Kita bahas manfaat senyuman untuk diri kita sendiri dulu ya..

Selalu ceria, gembira, bahagia..

Nah, kurang apa lagi coba? πŸ˜€ itu semua yang dicari semua orang, kan.. pengen bahagia. Jadi, bahagia itu simple, ayo mulai tersenyum, melatih diri untuk murah senyum πŸ™‚ okey, hidup pasti ada tantangan dan masalah, tapi dicoba aja tersenyum πŸ™‚

Stress? Jauh-jauh deh!

Obat stress paling ampuh ya mencoba tersenyum, tertawa bahagia.. gimana caranya? Makanya itu kawan, biasakan tersenyum, jangan cemberut melulu πŸ˜€ Beneran deh, hidup bahagia dan jauh dari stress dengan tersenyum πŸ™‚ Tapi jangan stress mulu trus senyum-senyum sendiri lho ya, hehehe πŸ˜€

Bertambahnya kharisma..

Semakin kita selalu tersenyum, semakin kita dikenal murah senyum. Itulah kharisma yang meningkat dari dalam diri kita. Senyum natural dan apa adanya aja kawan, dan yakinlah kita akan mudah menciptakan persahabatan, dengan siapa saja.

Dapat dipercaya!

Dengan senyuman yang tulus dan kita selalu berusaha melakukan yang terbaik, yakinlah kita akan menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Pribadi yang dapat dipercaya saat ini langka. Jadi, bayarlah kepercayaan dengan sikap dapat dipercaya, juga dengan senyum ketulusan πŸ™‚

Dan.. manfaat senyuman untuk orang lain, lingkungan sekitar kita..

Menghidupkan suasana..

Suasana yang ceria, pastinya dihidupkan oleh senyuman dan canda tawa πŸ˜€ Nah kalau suasana kaku atau menegangkan, tersenyum lah.. dan hidupkan persahabatan kalian πŸ™‚

Menularkan kebahagiaan dan optimisme!

Setuju kan dengan pernyataan itu? Ya kawan! Sudah sangat terbukti kalau semangat dan antusiasme itu menular! Jadi, tularkan semangat pada sobat-sobat kita melalui senyuman dan kebahagiaan! πŸ™‚

Budaya baru!

Mau kah kita, lingkungan kita menciptakan budaya baru.. saat semua orang saling ramah dan tersenyum satu sama lain dengan ketulusan? Itukah yang kita rindukan?

Ya kawan.. kita bisa menciptakan budaya baru itu, membangun persahabatan dengan semua orang di sekitar kita.. baru lah semua akan merasa bahagia πŸ™‚

Ayo dicoba! Melalui diri kita sendiri.. dan tularkan senyuman itu di sekitar kita!

“Senyuman, hal sederhana tapi manfaatnya luar biasa, untuk kebahagiaan kita semua πŸ™‚ ” lukmanhanz