02 May

Petualangan Kuliah Berlanjut – S2 Sastra UI

Petualangan kuliah berlanjut..

IMG_20170502_181341_074

Terima kasih untuk keluarga dan kawan-kawan atas dukungan dan doanya yang tulus. 😊

Puji syukur kepada Yang Maha Pengasih dan Maha Dermawan atas kesempatan untuk belajar lebih lagi di jenjang yang lebih tinggi.

Semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk berkontribusi lebih berguna dan bermakna, di bidang sastra, untuk kebaikan bersama.. 🙏

Iya kawan, ini bagian dari proses, dan akan terus berproses untuk menyumbang pada kebaikan dan kemajuan masyarakat. Karena inginku hanya untuk menyumbang pada kebaikan bersama melalui sastra.

25 Apr

Ngantor di Perpustakaan

Sobat! Selama ini kan memang aku berusaha menulis karyaku maupun proyek-proyek menulis kapan pun dan di mana pun, karena memang itu idealnya para penulis yang berhasrat menulis. Kapan? Kapan pun. Di mana? Di mana pun.

Semacam random banget ya? 😁 Tapi makna dari ‘kapan pun dan di mana pun’ sebenarnya adalah, konsistensi menulis dalam kondisi apapun. Aku sedang terus belajar menerapkan standart itu, kawan. Tidak mudah memang. Menantang. Dan tantangan paling utama adalah, diri sendiri.

Nah, selain berupaya konsisten menulis dalam kondisi apapun, perlu juga langkah yang sistematis. Terkadang perlu juga menentukan waktu dan tempat.

Dan setelah bertualang mencari tempat yang cocok untuk melanjutkan berkarya di ibu kota ini, aku menemukan tempat yang bikin nyaman di hati, adem di kepala, sama ramah di kantong 😁

Yes! Perpustakaan Nasional!

IMG_20170502_103023_206

Selain akses untuk membaca banyak literatur, di sini aku juga mulai bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru, belajar dan berbagi dengan mereka. Serta, aku juga merasa enjoy banget berkarya dan berimajinasi di ruangan yang tenang dan beraroma buku.

So.. Yang selama ini aku menulisnya/ngantornya di perjalanan (bus, kereta, pesawat), di taman, di cafe, di kosanku juga, nah sekarang baru ketemu kantor yang agak mendekati suasana kantor lah 😁

Yaa.. memang kesukaanku juga sih, ngantor sambil bertualang..

Jadi begitu guys, sekilas tentang cara ngantorku dan kantor baruku..

07 Apr

Belajar Jadi Translator

Guys.. Sedikit share nih.. Pengalaman menarik saat kita sebagai tim yang berkolaborasi untuk mereview materi berbahasa Inggris yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia..

IMG_20170407_183152_052

Ya, kawan.. Petualangan sebagai translator ini ceritanya 😀

Bagiku, ini pengalaman pertama melakukan review yang berkolaborasi dengan mitra kerja lainnya.

Seru! Bagaimana menerapkan berbagai konteks kata, kalimat, dan paragraf dari materi berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, sehingga tidak kehilangan makna aslinya. Dan itu semua perlu dilakukan dalam upaya yang jelimet (nah ini bahasa Inggrisnya: rigorous, yang belum kita temukan konteks bahasa Indonesia yang sesuai dengan makna di dalam materi, jadinya kita tetap pakai kata ‘jelimet’ yang artinya seperti: upaya yang dilakukan dengan sangat detail dan teliti hingga hal-hal terkecil. Panjang ya makna dari kata ‘jelimet’ atau ‘rigorous’) 😀

Anyway, proses pembelajaran yang menarik ini menjadi kesempatan untuk terus belajar mengembangkan kapasitas. Apalagi terkait bahasa, bidang yang sedang terus kugali potensinya.. 😊

So, itu sekilas petualanganku hari ini, kawan.. Gimana petualanganmu?

03 Apr

Daftar Magister Sastra Indonesia, FIB – UI

Kawan.. Ini lanjutan dari kisah petualangan di Universitas Indonesia.

Jadi, ada kesempatan juga untukku lanjut sekolah. 😀 Nah untuk program magister saat ini, aku memutuskan untuk mengambil Magister Sastra Indonesia di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

IMG_20170403_185849_367

Woah! Aku jadi teringat, betapa beragam bidang ilmu yang kupelajari dalam masa studiku; ilmu alam saat SMA, ilmu ekonomi dan bisnis saat kuliah S1, dan ini berencana ambil S2 ilmu sastra.. 😀

Mungkin seperti nggak konsisten ya, hehe.. Tapi, bagiku itu juga proses menemukan jati diri untuk bisa menyumbang pada sesama. Dan juga, sebenarnya kita semua tau, kalau semua bidang ilmu itu saling terkait. Nah aku juga menemukan keterkaitan antar bidang ilmu yang sejak dulu kupelajari, ilmu alam-sosial-sastra, yang bisa menginspirasiku dalam proses berkarya.

Anyway, pada dasarnya, ini adalah upaya menerapkan tujuan ganda dalam hidup: sebagai individu yang terus berupaya mengembangkan kapasitas diri, serta secara aktif dan bahagia menyumbang pada kebaikan dan kemajuan masyarakat.

So, guys.. Tes masuk UI sudah kulalui. Tinggal menunggu saja hasilnya. 😊

_20170323_160757

Upaya sudah dilakukan, apapun hasilnya nanti, diterima ya puji syukur untuk berkah kembali bersekolah, belum diterima ya akan selalu ada pintu-pintu lainnya yang akan terbuka.

Ini sekilas lanjutan petualangan di dunia perkuliahan. 😀

Sebagai tambahan, apa yang sangat kusukai saat bertualang di luasnya kampus UI adalah, aku jadi sering berjalan kaki.. 👟

27 Mar

Bertualang ke Universitas Indonesia

Hari ini bertualang ke Universitas Indonesia.

IMG_20170327_141638_158

Kawan, sejak dulu aku memang sangat menikmati saat-saat menjelajahi dunia universitas. Saat aku di Surabaya, Banyuwangi, Jogja, dan sekarang aku di Jakarta pun, menjelajah ke dunia kampus masih sering kulakukan.

Aku menikmati suasana kampus yang memadukan bangunan futuristik maupun kultural yang harmonis berdampingan dengan keasrian alam. Selain itu, aku juga sangat menikmati saat merasakan semangat belajar para mahasiswa dalam kesempatan mereka di dunia perkuliahan. Ya secara aku juga pernah merasakannya dulu saat menjadi mahasiswa. 😀

Anyway, masa-masa kuliah memang istimewa. Belajar, memperluas pemahaman dan pandangan, memperluas persahabatan, produktif untuk sesuatu yang bermakna dan berguna.. Itu kenapa, aku pribadi juga ikut mendukung supaya kawan-kawan semua mengambil kesempatan untuk meraih pendidikan sesuai minatnya, untuk bisa berkontribusi pada sesama. Sebagaimana aku juga sedang berproses untuk melanjutkan lagi studiku. 😀

Studi bidang apa dan di mana? To be continued.. Hehe.. Akan share di cerita petualangan selanjutnya..