13 Aug

Berpetualang ke Wonosobo!

Petualangan hari ini berlanjut, kawan.. Dan seru abis! 😀

Aku dan kedua sobatku, Fargha dan Dedi ke Wonosobo! Kita main dan sowan ke rumah Dedi di desa Panerusan kecamatan Wadaslintang. Yaa, sekalian berkunjung ke rumah dan keluarganya Dedi, kita juga bakal jadi supporter bola di pertandingannya Dedi 😀

Perjalanan dari Jogja dimulai jam 10 pagi! Perjalanan aman dan lancar, tanpa macet.. Melewati Wates, Kulon Progo, Purworejo, sampai ke Wonosobo..

Kita lewat jalan tembusan yang masuk pedesaan gitu, jelas aku gak paham jalan mana ini 😀 . Dan pemandangannya adem ayem bener…

_20160813_204628

Nah kan adem ayem, ijo royo-royo 😀

Saat kita melintasi Purworejo, kalian tau apa yang khas di Purworejo, guys? Yes, Dawet Ireng atau Dawet Hitam!

Ya jelas kita minggir dan nyoba lah! 😀

_20160813_205043

IMG_20160813_133939

Suasananya santai dan seger yaa.. Seseger es dawet ini nih!

_20160813_204658

😀 mantab kan! Selain rasanya mantab, harganya murah buanget! 4ribu doank (pake k). Kata temenku nih, dawet ini ‘bikinnya susah, harganya murah’, hehe. Kiasan yang agak menggelitik ya..

Sepanjang perjalanan, langit mendung..

_20160813_205104

Berkali-kali hujan-gerimis-panas gitu aja siklusnya. Ah daripada ribet, kita sepanjang perjalanan pakai jas ujan 😀 ya meskipun pas panas juga, hehe..

Dan, akhirnya.. Perjalanan santai 3 jam terlalui gak kerasa, cuman bokongnya aja yang sedikit kerasa panasnya, haha..

Nah, sampai juga di rumah tercinta Dedi dan keluarga..

_20160814_143813

Adem yaa.. 🙂 Sesejuk sambutan keluarganya Dedi 🙂

_20160814_143836

Kita disambut dengan penuh keramahan dan kesantunan oleh bapak dan ibu Paiman, dan Yohan adiknya Dedi yang masih kelas 3 SMP. Keluarga yang bersahaja dan bahagia 🙂

Dan sorenya, jam 3 kita sudah persiapan ke lapangan pertandingan sepak bola. Pertandingan ini tim-tim antar desa, dan turnamen saat ini ada 12 tim dibagi ke dalam 4 grup. Jadi tiap grup ada 3 tim.

Sobatku, Dedi, bermain buat tim desa Panerusan!

Sore ini, Panerusan FC berhadapan dengan Ero Rejo FC. Selamat menyaksikan pertandingan, pemirsa!

_20160813_204745

Dan kick off dimulai! Seru juga nonton langsung pertandingan bola di sore yang cerah ini! Pemandangan tetap ijo royo-royo! 😀 (Panerusan kostum putih).

Nih aku kasih liat suasana lapangan yang meriah tontonan penduduk desa 😀

Selfie dulu dong! Laporan langsung dari arena olahraga! :D

Selfie dulu dong! Laporan langsung dari arena olahraga! 😀

Noh kan rame kan penontonnya

Noh kan rame kan penontonnya

Ada komentator yang bikin rame :D nangkring di gubug itu..

Ada komentator yang bikin rame 😀 nangkring di gubug itu..

Seru kan! Pertandingan juga berlangsung seru! Ada 4 goal tercipta!

Full-Time.. Panerusan menang dengan skor 3-1!!!

Tim selebrasi kemenangan!

Tim selebrasi kemenangan!

Permainan Panerusan memang solid, pertahanan bagus, dan serangannya cukup rapi dan tajam. Keren pokoknya!

Dan yang keren lagi, ketiga gol Panerusan diborong my bro Dedy Hermawan! 😀 Golnya ya keren-keren! Mantab bro!

Foto bareng man of the match, Dedy no.7 yang mainnya udah kayak Griezman

Foto bareng man of the match, Dedy no.7 yang mainnya udah kayak Griezman

Malamnya kita diajak ke pemandian air panas! Wah mantab nih, bikin rileks nih..

Murah meriah! :D

Murah meriah! 😀

Yang unik, pemandian air panasnya ini emang kayak kamar mandi 😀

Nah kan kamar mandi beneran kan.. Itu air panas yang mancur kagak berhenti-berhenti..

Nah kan kamar mandi beneran kan.. Itu air panas yang mancur kagak berhenti-berhenti.. Dari perut bumi katanya 😀

Ini kamarnya. Ada 5 level. 1 paling panas, 5 yang paling nggak. Kita pilih aman aja lah, tengah-tengahnya..

Ini kamarnya. Ada 5 level. 1 paling panas, 5 yang paling nggak. Kita pilih aman aja lah, tengah-tengahnya..

Haha.. Gokil juga rasanya.. Nyeesss, panasss! Tapi memang harus adaptasi dulu, dibasuh ke badan pelan-pelan.. Trus diguyur pelan-pelan.. Dinikmati aja kehangatannya..

Ini udah bisa adaptasi sama panasnya.. Sumpah rileks banget!

Ini udah bisa adaptasi sama panasnya.. Sumpah rileks banget!

Seru abis lah! Semua senang buat petualangan hari ini.. Menyenangkan, dan lelah terasa makin nikmat setelah berendam air hangat..

Tidur pun bakalan pulas banget..

Ini petualangan hari ini sobat!

Happy day ya! Have a good day!

10 Aug

Wednesday Forum CRCS UGM dan Harmoni dalam Berdoa Bersama

Sobat!

Petualangan hari ini berlanjut! 😀

Hari ini aku ke gedung Pasca Sarjana UGM..

_20160810_224220

Aku menghadiri Wednesday Forum yang diadakan program Pasca Sarjana CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies). Aku ingin terlibat karena ingin lebih belajar pada ranah diskursus sosial, kawan.. Yaitu ranah yang menjadi topik-topik di masyarakat dan mempengaruhi pemikiran masyarakat luas.

Dan, tentang forum ini.. Sebagaimana namanya, Wednesday Forum, adalah forum akademis yang terbuka untuk publik yang diadakan setiap hari rabu untuk mengundang para partisipan untuk berdialog terkait tema-tema sosial dan masyarakat, khususnya kehidupan masyarakat yang beraneka ragam. Ya, kawan.. Semangat pluralisme adalah yang diusung forum ini.

Berbagai topik tentang keragaman masyarakat, seperti agama, kepercayaan, suku dan ras, gender, dan budaya semua dikaji dan didiskusikan secara akademis. Tapi yang menarik, bukan hanya akademisi yang boleh terlibat. It’s an open space! And interesting thing is, it’s full english dialogue! 😀 Kan sekalian latihan bahasa inggris, hehe..

_20160810_224430

So.. Topik wednesday forum hari ini adalah realitas gender dalam budaya Minangkabau.

Topik ini dibawakan oleh Professor Jennifer Fraser dari Oberlin College USA dari hasil penelitiannya terkait peran pria dan wanita dalam isu gender dalam budaya Minangkabau, khususnya budaya musik, di Sumatera Barat.

Professor Jennifer menampilkan salah satu budaya Minangkabau, Pantun.

Professor Jennifer menampilkan salah satu budaya Minangkabau, Pantun.

Diskusi menarik yang aku dapatkan, adalah tentang budaya musik tradisional, yang menggunakan alat musik Saluang (suling Minangkabau), yang bisa mempengaruhi budaya kesetaraan gender, bahkan yang lebih ekstrim adalah pembahasan moral dalam kehidupan masyarakat terkait budaya musik ini, kaitannya pada penampilan musik ini pada larut malam dan penyanyinya adalah para perempuan.

Suasana diskusi

Suasana diskusi

So, diskusinya pada ranah gender, adat, moral, kebudayaan, dan kehidupan masyarakat setempat. Bagiku yang belum tau sama sekali budaya Sumatra, jadi lebih tertarik untuk mengerti 🙂

Apresiasi untuk Professor Jennifer

Apresiasi untuk Professor Jennifer

Selain itu, petualangan hari ini berlanjut, kawan..

Aku mengundang beberapa kawanku untuk berdoa bersama.

Buku doa

Buku doa

Seperti yang pernah aku bagikan tentang doa bersama, 🙂 doa bersama adalah suatu ruang bersama untuk bersatu dalam doa, dalam semangat persahabatan dan kerohanian, karena kita saling melantunkan doa, sesuai keyakinan kita masing-masing tentunya, dengan keyakinan bahwa sebenarnya kita berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha Penyayang pada semua umatnya 🙂

So.. Doa bersama adalah ruang kita bersama, setiap orang dari berbagai latar belakang bisa terlibat untuk berdoa, yang mana tujuannya adalah untuk menciptakan kesatuan dan keharmonisan kita bersama, untuk menumbuhkan kehidupan rohani dalam masyarakat, dan memohon berkah dari Tuhan untuk kebaikan kita bersama 🙂

Suasana gembira dan harmonis dalam berdoa bersama

Suasana gembira dan harmonis dalam berdoa bersama

Kesederhanaan dan kebersamaan dalam berdoa bersama

Kesederhanaan dan kebersamaan dalam berdoa bersama

Well, menarik sobat! 😀 Aku sih tadi mengundang sekitar 10 kawanku, tapi kesempatan saat ini hanya ada 5 orang saja. Ada sahabat dari Islam, Katolik, dan Baha’i. Berapa pun jumlahnya nggak jadi masalah, asalkan kita saling bergembira dan bersatu dalam doa 🙂

Yah, itulah guys.. Petualanganku hari ini! 😀

Yuk terus bersemangat dalam hidup yang penuh petualangan ini!