19 May

Inilah Petualanganku Saat Ini

_20160303_162124

perjalanan..

penjelajahan..

kumiliki saat ini..

layaknya dunia hasil karya..

kreasi diri sendiri..

saat perjalanan temukan hasrat hati..

saat penjelajahan wujudkan jati diri..

terciptalah lengkungan manis di wajah..

terasalah hembusan menyejukkan dalam dada..

ekspresikan kekaguman perjalanan..

tunjukkan semangat penjelajahan..

perjalananku sederhana saja..

perjalanan menjelajah dengan sepeda motor..

motor sederhanaku tak hanya kendaraan bermesin..

dialah sobatku menjelajah..

temaniku telurusi..

jalan raya mulus hingga jalan tanah kasar..

hutan, pedalaman, desa, hingga kota besar..

sobatku motor petualang..

begitu panggilan akrabku untuknya..

temaniku pahami realitas hidup..

realitas yang semakin membuka cakrawala..

untuk apa sebenarnya hidup ini?

ya..

penjelajahan yang apa adanya, sederhana saja..

perjalanan yang sederhana saja..

hasratnya lah yang istimewa..

itu kenapa!

perjalanan akan terus berlanjut..

karna sumber hasrat akan lebih kuat..

ketimbang tampilan sesaat..

ya itulah perjalanan penjelajahanku sobat..

dan perjalanan penjelajahan akan terus berlanjut…

 

16 May

Berusaha Menjadi Kawan yang Menyenangkan

Guys! Apa kabar hari ini? πŸ™‚

Semoga hari yang menyenangkan, seperti ekspektasi dari judulnya ya πŸ˜‰

Well.. Kali ini aku mau sedikit share tentang persahabatan, sobat!

Nah aku share begini karena aku sedang merasakan tantangan persahabatan, maupun pembelajaran yang menurutku menarik πŸ˜€

Ya.. Tentang menjadi sahabat yang menyenangkan, itu nggak mudah juga lho.. So, mari sama-sama terus belajar, terus berusaha! πŸ™‚

Aku merasakan akhir-akhir ini jadi orang yang agak menyebalkan, misalnya saja sikapku yang cuek, sulit senyum, males ngobrol sama kawan-kawanku, baik itu sahabat dekat maupun kawan baru.. Nah menyebalkan banget kan πŸ˜€

Ya setelah kurefleksikan memang aku perlu terus belajar dan berusaha lagi πŸ™‚

Dan juga, aku merasa ada saja teman-temanku yang juga sama menyebalkannya seperti aku πŸ˜€ Lengkap deh! Sensitif lah, suka marah, nggak banyak ngobrol, bahkan kalau ngobrol nggak menatap mata *cieh*.

Tapi itu semua kan sangat penting dalam persahabatan yang menyenangkan πŸ™‚

Well, setelah akuΒ refleksi diri untuk belajar, aku menemukan beberapa pembelajaran ini, kawan..

Nggak perlu diambil pusing! Wah kalau kita jadi seseorang yang menyebalkan itu ya, percaya lah, itu bukan sejatinya diri kita.. Sejatinya kita itu adalah pribadi yang menyenangkan, ramah, murah senyum πŸ™‚

Jadi sebenarnya pikiran kita yang lagi kacau saja yang membuat kita juga jadi kacau, jadi menyebalkan. Hmmm, tenangkan pikiran dulu, kawan πŸ™‚ nggak perlu terlalu banyak berasumsi, tentang dia emosian lah, aku kok cuek sih, dan sebagainya.. Feel calm πŸ™‚

Setelah tenangkan pikiran, tenangkan hati. Hati adalah cerminan diri. Hati yang murni cerminkan pribadi yang mengagumkan. Menenangkan hati juga perlu berusaha, dan yang terpenting juga, diiringi berdoa πŸ™‚

Doa menjadi sangat penting untuk kebutuhan spiritual, jiwa kita, kawan. Karena kita berusaha menenangkan keadaan batin kita, jadi berdoa adalah obatnya πŸ™‚

Setelah keadaan batin jadi lebih baik, selanjutnya tentu harus diaplikasikan pada tindakan.

Ayo kita coba tindakan yang sederhana dulu: mulai tersenyum πŸ™‚

Ini jadi hal mudah yang terkadang ya nggak mudah-mudah amat, hehe.. Tapi, percayalah pasti bisa πŸ™‚

Saat senyum sudah menghiasi suasana, persahabatan yang menyebalkan akan berubah jadi menyenangkan.

Lalu mulailah kita ngobrol dengan nyaman.. Karena pikiran, hati dan senyuman sudah membuat kita menjadi nyaman, percakapan dengan sahabat pun jelas akan menyenangkan.

Dan satu hal yang juga penting, sobat. Tunjukkan dengan perbuatan. Karena persahabatan nggak hanya kata-kata saja! Perbuatan yang membuktikan kalau kita peduli dengan sahabat, kita menyayangi sahabat kita..

Ayo kita terus berusaha menjadi sahabat baik yang selalu menggembirakan kawan-kawan kita, sobat! πŸ™‚

Berusaha, bukan berarti mudah, juga bukan berarti sulit πŸ˜€

12 May

Puisi: Doa di Hutan Pinus

_20160629_204502

hembusan dingin angin senja

menembus sela pepohonan pinus

menerpaku

sadarkanku akan kerinduan

kehendak yang harus dihadapi

kehendak akan diri

dan kehendak lepaskan diri.

sungguh..

wewangian harum tebaran hutan segarkan jiwa

belaian lembut tanah berbukit bangkitkan perasaan

rona jingga pancaran langit tenangkan pikiran

oh.

seketika kedamaian karunia hutan semakin mendesakku

tak biarkanku pejamkan mata rebahkan raga, jiwa pun meronta.

Pulang lah raih mimpimu engkau pejuang asa!

lambai dedaunan gemulai.

Lanjutkan penjelajahanmu wahai jiwa musafir muda!

bisik angin yang semakin berisik.

Baiklah.

dalam tentram jemariku kan bangkitkan keluhuran impian.

dalam damai keyakinanku kan selalu berjalan di jalan yang lurus.

Baiklah hutan pinus.

08 May

Masak dan Makan Kapurung

Sobat!

Petualangan hari ini kita akan bertualangan kuliner! πŸ˜€

Tapi kali ini nggak beli di warung, resto, atau kafe.. Kita masak sendiri! Wah seru kan πŸ˜‰

Apalagi yang bikin seru, kita masaknya makanan khas dari Sulawesi, bareng kedua kawanku dari Palopo, Uli dan Rina. Kapurunggg!!! Nama makanannya guys! πŸ˜€

IMG-20160508-WA0008

Sayang banget sih teman-teman lainnya pada nggak bisa ikutan.. Padahal pasti seru banget kalo pada kumpul rame-rame, masak bareng-makan bareng.

So.. Dimulai dari, belanja ke pasar! πŸ˜€ tapi sayang nih kelupaan difoto, soalnya ribet belanjanya, nggak kepikiran foto πŸ˜€ Belanja di pasar dekatnya Mall Ambarukmo Plaza Yogyakarta.

Belanja lah kita bahan-bahan Kapurung, kayak ikan laut: kita beli ikan kembung, sagu: ini yang khas dari Kapurung (soalnya nyari sagu ya susah, untung pas dapet), juga bumbu-bumbu dan sayur-sayuran. Nggak lupa, beli jeruk buat es jeruk! πŸ˜€

Trus, lanjut masak dah kita!

_20160518_102832

Seru juga nih masak-masakannya, berasa inget masa kecil pas main masak-masakan πŸ˜€ tapi ini masak makanan beneran, tapi ya kayak mainan, haha!

Daann.. Bukan sulap bukan sihir, masak-masakan yang kayak mainan ini langsung jadi kayak gini…

_20160518_102748

Hahaha! Mantab kan πŸ˜€

Itu tuh, sagunya jadi warna putih menurut Rina dan Uli itu nggak sesuai biasanya, karena biasanya warnanya bening πŸ˜€

Tapi nggak apa lah, toh rasanya juga mantab! Apalagi sambal khas Kapurungnya: sambal kacang dan teri, maknyus!

Kapurung maknyus!

Kapurung maknyus!

Buat percobaan pertama, seru juga! πŸ˜€ enjoy masak-masakan, enjoy makan bareng juga..

Petualangan kuliner yang seru! Next time coba masakan yang seru lainnya, guys! πŸ˜‰

06 May

Ikut Serta Festival Sastra UGM 2016 dan Bertualang sama Kawan Remaja Jogja

Hi sobat!

Aku mau share petualangan hari ini nih.. Petualangan hari ini seru abis!

Masih di Jogja istimewa πŸ™‚

Anyway, hari ini, pagi hari agenda utamaku adalah kumpulin Cerpen hasil karyaku yang masih perlu terus belajar πŸ™‚ ya, semangat belajar! Ke Festival Sastra UGM 2016.
IMG_20160507_110002
Jadi.. Setelah selesai karyanya, segera kukirimkan ke panitia Festival. Menurutku sih, event Sastra seperti ini menarik sekali, karena membuka ruang kesempatan bagi para pecinta sastra untuk ekspresikan karyanya. Termasuk aku, pendatang baru pecinta Sastra πŸ˜€
_20160507_110036Dan juga, keikutsertaan Festival ini bisa dibilang terjangkau. Biaya registrasi cuman 30 ribu rupiah saja! Cocok buat mahasiswa, ataupun orang-orang seperti saya yang masih merintis berkarya, hehe..

Acaranya pun banyak yang menarik, ada Lomba Cipta Cerpen, Cipta Puisi, Cipta Naskah Drama, yang mana itu Lomba Non-Live. Ada juga Lomba Live seperti Pembacaan Puisi, Musikalisasi Puisi, juga Monolog yang akan diadakan tanggal 21 Mei besok. Menarik! πŸ˜‰ Aku coba upayakan untuk datang.

Hmm.. Proses bikin Cerpen yang aku kirimkan sih, bikin baper yah! haha. Karena memang bagiku ini pengalaman baru, tapi aku rasakan semangat belajar! πŸ™‚ Jadi kemarin itu ada perasaan males nulis, perasaan seneng saat dapet ide, trus perasaan semangat saat mulai nulis dan keterusan. Ternyata nulis itu kayak kisah cinta ya, baper aja bawaannya! πŸ˜€

So, that’s it! Seneng rasanya selesaikan satu langkah awal. Selanjutnya, lanjutkan berkarya!

Sore harinya aku ajak beberapa kawan remaja di sekitar kosanku, Tegal Lempuyangan, buat bertualang jalan kaki telusuri kota Jogja. Apalagi liburan Long Weekend nih! Sekalian ngeramein Jogja lah πŸ˜€
IMG_20160506_172218Nah kan, seru kan berjalan kaki telusuri jalanan gang-gang kecil khas Jogja! Jogja lagi rame banget! Macet di mana-mana. Jogja berasa Jakarta.
_20160507_110206Makanya, seru kalo jalan kaki kayak begini. Nggak mikirin kendaraan. Paling cuman mikirin capek-haus-lapar. Haha!

Dan di sini lah kita!
_20160507_110239Icon Jogja yang selalu dituju pelancong dari mana-mana. Buat jalan-jalan, belanja, makan, dan juga foto monumental di plang Malioboro itu tentunya! πŸ˜‰

Kita nggak terlalu lama sih di Malioboro. Ramainya sih udah biasa. Tapi kita pengen coba cari suasana lain. Kita jalan menuju TBY! Taman Budaya Yogyakarta.

Nah pas ke sana, ada pameran yang cukup seru juga, Pameran Tata Kota! Karya mahasiswa jurusan Tata Kota UGM.

_20160507_111057Di sini, kita belajar mengapresiasi ide dan karya seni Tata Kota!

Apa saja hal seru yang kita lihat? Nih guys..

Kita disuguhkan peta dan sekilas realita kota Jogja..
Kita disuguhkan peta dan sekilas realita kota Jogja..
Display edukasi yang mempromosikan gerakan Go Green!
Display edukasi yang mempromosikan gerakan Go Green!
Pameran, penjelasan, dan perhatian. Menarik!
Pameran, penjelasan, dan perhatian. Menarik!
Display tentang Kepadatan Kota. Dan kawan-kawan berlagak seolah Raksasa pengganggu kota :D
Display tentang Kepadatan Kota. Dan kawan-kawan berlagak seolah Raksasa pengganggu kota πŸ˜€
Kata mereka tentang Jogja (1)
Kata mereka tentang Jogja (1)
Kata mereka tentang Jogja (2)
Kata mereka tentang Jogja (2)
Kata mereka tentang Jogja (3)
Kata mereka tentang Jogja (3)
Kata mereka tentang Jogja (4)
Kata mereka tentang Jogja (4)
Maket karya mahasiswa. Jl. Sudirman Yogyakarta.
Maket karya mahasiswa. Jl. Sudirman Yogyakarta.
Maket karya mahasiswa. Kawasan Kali Code.
Maket karya mahasiswa. Kawasan Kali Code Yogyakarta.
Maket karya mahasiswa. Jl. Malioboro.
Maket karya mahasiswa. Jl. Malioboro.

Bagi mahasiswa Tata Kota UGM, konsep utama yang mereka bangun saat merancang kota adalah bagaimana keseimbangan antara pembangunan yang modern dan juga harmoni kelestarian alam, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup warga kotanya. Nice! πŸ™‚ Lanjutkan perjuangan karya-karya kalian, sobat!

Kata-kata tentang kota. (1)
Kata-kata tentang kota. (1)
Kata-kata tentang kota. (2)
Kata-kata tentang kota. (2)
Kata-kata tentang kota. (3)
Kata-kata tentang kota. (3)

Menarik juga ya ilmu Tata Kota! πŸ™‚ Buat kalian, sobat, yang tertarik pada bidang ini, teruskan eksplorasi minat dan kapasitas kalian, sehingga bisa berkarya dan berkontribusi untuk kemajuan bersama. Nice!

dan harapan kita bersama.. mari bersama jadikan nyata.
dan harapan kita bersama.. mari bersama jadikan nyata.

Seru kan petualangan hari ini! πŸ˜€

So guys! Have a nice long weekend ya! Everyone of you, everywhere, everytime.. Enjoy Life!