13 Apr

Wednesday Forum CRCS UGM

Hari ini bertualang ke Pasca Sarjana UGM, kawan!

_20160414_205147

Tepatnya di program studi CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies), yang mana program studi ini secara aktif dan konsisten membuka ruang dialog yang terbuka untuk umum. Ruang ini bernama Wednesday Forum.

_20160411_215612

Wednesday Forum membahas topik-topik yang sesuai ranah CRCS, yaitu terkait agama, kepercayaan, dan keragaman dalam masyarakat. Menarik! 🙂

Tema untuk hari rabu kali ini adalah tentang agama Baha’i, sobat..

_20160414_205212

Ya.. Aku datang karena ingin berbagi dan berdiskusi bersama kawan-kawan di sini tentang agama Baha’i, dan juga ingin melihat ruang pembelajaran Wednesday Forum!

Menarik pembahasan tentang agama Baha’i kali ini, karena yang berbagi adalah seorang Ph.D candidate, yaitu Amanah Nurish, yang sedang terus meneliti agama Baha’i. Lingkup penelitiannya adalah agama Baha’i di wilayah Asean.

IMG-20160414-WA0000

Topik-topik utamanya terkait sejarah agama Baha’i di Iran hingga persebarannya, terutama ke wilayah Asia Tenggara. Tentang tantangan-tantangan yang diterima umat Baha’i di masyarakat karena perbedaan keyakinannya, sebagaimana tantangan masyarakat saat ini yang sensitif terhadap perbedaan.

Peneliti juga menemukan pembelajaran menarik tentang masyarakat Baha’i yang berusaha berkontribusi pada kesatuan di masyarakat yang merupakan salah satu tujuan agama Baha’i. Ruang-ruang kesatuan yang diupayakan masyarakat Baha’i melalui aktivitas yang dibangun dimana masyarakat Baha’i berada.

Misalnya pendidikan yang memajukan kapasitas spiritual, intelektual dan material untuk anak, remaja, pemuda, hingga dewasa. Yang merupakan sistem pendidikan yang memberdayakan kapasitas masyarakat untuk mengabdi dan mewujudkan nilai-nilai kesatuan dan kemuliaan manusia. Sistem pendidikan ini disebut Institut Ruhi, dan terbuka bagi siapa saja apapun latar belakangnya untuk terlibat. Juga ruang-ruang pembangun kesatuan seperti pertemuan doa bersama dengan siapapun dan latar belakang apapun.

Itulah bentuk kontribusi yang sedang terus diupayakan masyarakat Baha’i untuk mewujudkan kesatuan di masyarakat.

Yeap! Itu sekilas petualangan hari ini sobat!

Semoga hari kita selalu penuh petualangan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *