16 Jan

Berbagi Pandanganku tentang Keunikan Masa Muda

Hidup manusia mempunyai beberapa fase. Ada masa bayi, anak-anak, remaja, masa muda, dan kedewasaan.

Kali ini aku mau share dan diskusi sama kalian, sobat, tentang masa muda dan keunikan masa-masa itu.

Bersemangatnya masa muda!

Bersemangatnya masa muda!

Bagi kita-kita anak muda topik ini akan menarik buat dibahas 😀 Tapi siapapun terbuka untuk ikut bersuara 😀

Kalau ditelisik tentang masa muda saat ini, realitanya masa muda itu adalah saatnya bersenang-senang, menikmati masa muda sebelum hari tua. Apapun caranya menikmati masa muda itu ya. Ada yang melakukannya dengan cara yang positif ataupun juga ada yang melakukan hal-hal negatif. Apapun jalannya, bagi anak-anak muda (termasuk aku ya 😀 ) itulah caranya menikmati masa muda.

Nggak ada yang salah soal ‘menikmati masa muda’ itu, kawan! Ya memang sangat tergantung konteksnya, apakah menikmatinya dengan melakukan hal-hal negatif atau positif. Tapi apakah ‘menikmati masa muda’ hanya sebatas itu saja? Ini hal pertama yang bisa kita diskusikan 🙂

Dan realita lainnya tentang masa muda, masa ini adalah masa yang unik dalam perjalanan hidup manusia. Bagiku, uniknya karena pada masa ini potensi luar biasa dalam diri manusia mulai bermunculan. Benar saja, kekuatan daya imaginasi, mimpi, dan energi yang sangat besar menjadikan masa ini sangat menentukan sebagai persiapan untuk masa depan.

Nah, hal ini yang menarik. Apakah realita ‘menikmati masa muda’ dengan ‘memaksimalkan potensi luar biasa dari masa muda untuk masa depan’ adalah suatu hal yang kontradiktif? Bisa ya bisa tidak, tergantung perspektif kita.

Atau bisakah kita melihat kedua hal itu sebagai satu kesatuan? Apakah ‘memaksimalkan potensi masa muda’ juga bisa menjadi cara untuk ‘menikmati masa muda’?

Pertanyaan-pertanyaan yang kulontarkan bukan berarti aku tau jawaban-jawabannya, kawan 😀 Tapi untuk membuka diskusi di antara kita. Aku pun, sebagai anak muda, juga akan belajar banyak hal dari perspektif kalian, sobat-sobat mudaku maupun sahabat dari berbagai usia 🙂

Kalau bagiku saat ini.. aku merasa sedang menikmati usaha-usahaku untuk memaksimalkan potensi-potensiku, yang kuyakini dan temukan dalam diriku, adalah berimaginasi dan merangkai imaginasi itu dalam karya. Bagiku saat aku melakukan hal itu, aku tidak merasa terbebani, malahan aku menikmati proses ini, meskipun jalannya pasti tak mudah 😀 Begini caraku menikmati masa mudaku.

Itu yang mau aku bagikan dan diskusikan dengan kalian, kawan.

😀 Let’s share and discuss!

“Keunikan masa muda ada pada realita dan potensi masa muda. Jadikan masa muda untuk mencari arti sesungguhnya masa muda, kawan!” lukmanhanz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *