31 Dec

Refleksi Akhir Tahun

Hi kawan!

Sudah tanggal 31 Desember ya, akhir tahun! πŸ™‚

Kalau aku sih nggak mau larut dalam perdebatan soal boleh nggak boleh, baik nggak baiknya membuat evaluasi, refleksi dan resolusi hidup, maupun perayaan. πŸ™‚

Well, okey.. Aku memang setuju kalau semua hal-hal itu akan lebih baik kalau tidak kita lakukan secara berlebihan. Cukup sederhana dan bermakna, meskipun juga masih fun πŸ˜€

Okey, di momen pergantian tahun ini aku mau sedikit share tentang beberapa hal yang aku alami dan pelajari selama 2015, kawan!
#2015bestnineoflukmanhanzYaa.. 2015 memang banyak sekali momen bahagia dan bermakna, nggak bisa disebutkan semua πŸ˜€

Ini beberapa cuplikannya.

Momen bersama keluarga. Ya, momen kebersamaan dengan orang tua, bapak dan ibuku, sangat bermakna dan membahagiakan. πŸ™‚ meskipun aku jarang di rumah karena tugasku, sehingga aku selalu bertualang untuk mengabdikan diri, aku selalu berusaha meyempatkan waktu untuk orang tua.

Berbagi keseharian hidup, diskusi dan musyawarah, meskipun dalam interaksi yang sederhana, tapi merasakan suasana penuh cinta.

Kita (bapak, ibu, adikku dan aku) selalu bersama berkumpul dan berdoa, lalu bermusyawarah tentang keluarga kita dan apa yang keluarga kita akan sumbangkan untuk kebaikan masyarakat bersama. Keluarga kita pun sedang terus belajar dan berusaha. πŸ™‚Β Tak hanya percakapan bermakna, sering kali ruangan dipenuhi tawa kita bersama πŸ˜€

Momen pengabdian. Dimana tugasku adalah bersama-sama dengan mitra kerjaku untuk terus belajar dan menerapkan Ajaran Baha’u’llah tentang kesatuan umat manusia, kesatuan di masyarakat, jadinya kita akan terus berusaha menerapkan itu di masyarakat.

Tugasku memang memobilisasi pengalamanan dan pembelajaran sehingga kita dapat berkoordinasi dan menyatukan visi dan tindakan untuk membangun kapasitas bersama πŸ™‚

Itu yang membuatku selalu bertualang, kawan.. Mobile kesana kemari πŸ˜€

Selain itu, kusadari sejak kecil memang jiwa dan hasratku adalah bertualang.

Momen hijrah. Nah, di tahun ini pula, aku berpindah dari Banyuwangi, salah satu kota yang sangat berkesan untukku yang mana sudah 2 tahun aku belajar dan mengabdi bersama masyarakat di sana, pindah ke kota karya Jogjakarta.

Ya, kawan.. Selain memang basis tugasku berpindah, aku juga belajar untuk lebih berkontribusi dan mengabdi di kota karya Jogjakarta. πŸ™‚

Well.. Petualangan hidup terus berlanjut. Berjuang dan terus belajar untuk mengabdi dan berkarya!

Dan sesungguhnya lah, saat mengabdi pada kesatuan dan kesejahteraan masyarakat, baik secara spiritual dan material, kita juga sedang mengabdi dan berjuang untuk kemajuan bangsa, juga menyumbang untuk kemajuan peradaban umat manusia.

Itu yang kurefleksikan di tahun 2015, kawan πŸ˜€

Tantangan selalu ada, perjalanan tidak mudah, tapi petualangan harus terus berlanjut!

Dan aku siap! πŸ™‚

28 Dec

Bedah Buku Agama Baha’i di IAIN Surakarta

Kawan.. Hari ini aku akan share petualanganku di Solo.

Tepatnya di IAIN Surakarta, sobat! πŸ™‚
IMG_20151228_075904-1Yess.. Aku menghadiri acara Bedah Buku tentang Agama Baha’i dalam Lintasan Sejarah di Jawa Tengah. Acara ini, yang kemarin aku juga sempat sharing, juga diadakan di beberapa kota (Kudus, Semarang, Jogjakarta) dan Universitas Islam lainnya, seperti UIN, STAIN, termasuk IAIN.
IMG_20151228_092145-1Acara Bedah Buku ini diselenggarakan berkat kerja sama antara pihak Universitas dan pihak penulis atau peneliti dari STAIN Kudus, yaitu Dr. Moh. Rosyid, yang merupakan peneliti Agama Baha’i khususnya di wilayah Pati, Jawa Tengah.

Ya.. Dr. Moh. Rosyid memang memfokuskan isi bukunya pada sosialisasi Undang-Undang terkait perlindungan umat beragama yang ada di Indonesia, serta mensosialisasikan Agama Baha’i sebagai agama berdiri sendiri sesuai pernyataan dari Kementrian Agama tahun 2014.
IMG_20151228_092154-1Menariknya, terbuka ruang diskusi yang saling belajar dan saling berdialog, kawan πŸ™‚ antara para mahasiswa dan akademisi dengan para umat Baha’i yang datang dari beberapa wilayah seperti Pati, Solo, Jakarta, Jogja, dan Sulawesi πŸ˜€

Well.. I got interesting learnings today πŸ™‚

Saat kita berdialog dan berdiskusi bersama, tak akan ada prasangka. Karena prasangka ada karena ketidaktahuan. Saat kita berdialog dengan penuh cinta, kita semakin sadar kalau kita semua bersaudara, saudara sesama manusia, kawan πŸ™‚

Well.. Hari yang sempurna kalau aku akhiri dengan berjalan-jalan kaki di sore hari πŸ™‚
IMG_20151228_161637-1Have a good day everyone! πŸ˜€

22 Dec

Reuni Mini Sobat Lama, Teman Masa SD

Sobat..

Surabaya hijau. Tetaplah hijau, Surabaya.
Surabaya hijau. Tetaplah hijau, Surabaya.

Petualangan hari ini, ketemu sobat lama!

Setiap kali aku pulang ke Surabaya, selain melepas kangen sama keluarga, aku juga selalu sempatkan ketemu dan ngumpul sama sobat-sobat lamaku, baik dari teman SD sampai sobat kuliah..

Masa lalu penuh kenangan, membuat kawan-kawan lama jelas tak terlupakan πŸ™‚

Hari ini rencanaku sih ngumpul sama temen SD dulu. Ya karena waktuku di Surabaya nggak panjang, jadi cuman sempat ketemu teman SD πŸ˜€

Kanan: Sandy. Kiri: lukmanhanz dan Andi.
Kanan: Sandy. Kiri: lukmanhanz dan Andi.

Kita sih masih tetap kontak-kontakan meski udah pada sibuk sendiri. Udah pada kerja sesuai bidangnya sendiri. Udah ada yang nikah, bahkan ada sobat lamaku teman SD yang udah punya 2 anak πŸ˜€

Tapi aku masih lajang πŸ˜€ hehe, hidup itu pilihan yes πŸ˜‰

Andi. Sobatku yang sudah mempunyai seorang putri cantik.
Andi. Sobatku yang sudah mempunyai seorang putri cantik.

Hari ini cuman bisa ketemu 2 teman SD-ku.Β Yah, bertiga saja sudah sangat membahagiakan.
Kita bercerita ‘ngalor-ngidul’ istilahnya ngobrol kesana-kemari.

Tentang kehidupan dan kesibukan, pekerjaan, aku juga cerita tentang pengabdian di masyarakat, dan yang nggak kalah seru adalah kita nostalgia masa-masa 90’an yang seru abis!

Yang sekarang ini banyak dibahas di Sosmed tentang bedanya generasi kekinian sama keseruan generasi 90’an πŸ˜€

Nah pas kita nongkrong, salah satu sohib lamaku juga datang, lama karena lama nggak ketemu πŸ˜€

Bareng Chef Uje, sobatku dari Jember.
Bareng Chef Uje, sobatku dari Jember.

Sobatku Chef dan pecinta Vespa ini menambah keseruan kita.

Sore sampai malam kita lewati dengan canda gurau seru.Β Hari yang menyenangkan, kawan!

So.. Ayo, hubungi kawan lamamu, sobat.. Lepaskan rindu dengan nongkrong seru! πŸ˜€

Have fun yaa!

20 Dec

Kembali Pulang untuk Melanjutkan Petualangan

Sobat!

Petualanganku hari ini, pulang! πŸ˜€

Pulang adalah petualangan paling berkesan bagi para petualang, karena dari sana lah petualangan mereka dimulai πŸ™‚

Aku, bertualang pulang ke Surabaya, naik kereta api Sritanjung, dari Lempuyangan – Jogjakarta.
IMG_20151220_100436-1Menariknya, perjalanan pulang selalu diiringi rasa ‘nggak sabar buat segera sampai’ karena kangen keluarga, pengen segera ketemu.

Semua orang pasti mengalami itu πŸ™‚ Ya.. Keluarga begitu spesial, kawan πŸ™‚

Hmm.. Perjalanan kali ini belum ada cerita khusus atau unik. Yah masih perjalanan biasa, di dalam kereta api, ngobrol dan kenalan sama teman baru, asik bareng πŸ™‚

Aku termasuk orang yang suka bersahabat dengan orang yang baru kukenal sekalipun πŸ™‚ So.. Dibuat asik aja..

Tadi aku kenalan sama 3 orang mahasiswa dari Situbondo yang kuliah di salah satu Universitas di Jogja. Mereka naik kereta api sampai tujuannya di Probolinggo.

Yang buatku tertarik, adalah daya tarik Yogyakarta yang menarik begitu banyak pelajar dari berbagai daerah, bahkan hampir seluruh Indonesia, mulai dari Barat hingga Timur Indonesia. Termasuk sobat baruku tadi, dari Situbondo, salah satu kota ujung timur di Jawa Timur πŸ˜€

Well.. Selain ngobrol banyak hal sama sahabat baru, aku juga menikmati berjalan-jalan di dalam kereta api.

Jalan-jalan di dalam kereta api
Jalan-jalan di dalam kereta api

So, bagiku, jalan-jalan nggak hanya di jalanan ataupun di mall atau pertokoan, di dalam kereta api pun jadi πŸ˜€ So, nggak bosen juga, sambil melemaskan badan dan kaki yang kaku kalau duduk berjam-jam.

Nah, karena beberapa hal itu kulakukan selama perjalanan, jadinya ya nggak kerasa juga perjalanannya. Tau-tau udah nyampe aja πŸ˜€

Jadi dari Jogja jam 7 pagi, sampai Surabaya jam 2 siang.
IMG_20151220_141209-1-1Dan aku langsung disambut hangat oleh udara Surabaya yang dikenal panas. Kalau bagiku, hal ini seperti sambutan hangat πŸ™‚ Udara panas ini juga salah satu hal yang buatku kangen dan berkesan dari Kota Pahlawan ini..

Surabaya, aku pulang.
πŸ’•

19 Dec

Mengundang Beberapa Kawanku Berdoa Bersama

Hari ini kunikmati petualangan spiritual, kawan πŸ™‚

Anyway, gimana kabar kalian? Semoga selalu gembira ya πŸ˜€ gembira itu kekuatan rohani, kekuatan dari jiwa kita, kawan πŸ™‚

Kenapa kusebut petualangan spiritual untuk hari ini? Karena kita, aku dkk (dan kawan-kawan) mengadakan pertemuan untuk berdoa bersama πŸ™‚

Doa adalah sumber kekuatan spiritual πŸ™‚ aku yakin banyak dari kalian yang setuju. Kalau nggak setuju ya boleh kok, sobat πŸ˜€

Dan, doa-doa yang kita panjatkan, bertujuan untuk kebaikan umat manusia, supaya umat manusia dapat hidup dalam cinta dan kesatuan πŸ™‚ juga untuk lingkungan sekitar kita, juga untuk pribadi-pribadi kita, supaya jadi lebih baik lagi. πŸ™‚

Dimulai dari Doa Pagi, kawan..
Teman-teman sepakat untuk berdoa bersama di UGM, di sekitar taman UGM.
Suasana pagi yang baru saja diguyur hujan gerimis membuat suasana jadi semakin sejuk..

Sejuknya udara pagi sesejuk jiwa kita yang telah berdoa pada Sang Pencipta Yang Maha Cinta.
IMG_20151219_061550-1IMG_20151219_061232-1IMG_20151219_061051-2-1Pagi yang indah.🌻

Dan, sorenya..

Petualangan spiritual berlanjut..

Menjemput sahabat-sahabatku
Menjemput sahabat-sahabatku

Aku undang beberapa sahabatku untuk datang ke tempatku dan kita berdoa bersama.

Doa bersama ini terbuka untuk siapa saja sahabatku dari berbagai keyakinan. Ada sahabatku yang Muslim, Kristiani, dan Baha’i. Beberapa aku undang. Karena aku yakin, saat kita berdoa bersama dalam kesatuan dan kerukunan, suasana juga akan sangat harmonis πŸ™‚

Bukankah Sang Pencipta Yang Maha Cinta menghendaki suasana harmonis penuh cinta dari hamba-hambanya yang seperti ini? πŸ™‚ Bisa kita renungkan, kawan..

Aku undang sekitar 15-an sahabat, ada laki-laki dan perempuan. Mereka semua para mahasiswa dari UGM, UPY, dan UIN Yogyakarta.

Berdoa bersama. Bergembira bersama.
Berdoa bersama. Bergembira bersama.

Tapi beberapa teman nggak bisa datang, so it’s okey πŸ™‚ karena rencanaku juga akan adakan doa bersama secara rutin. Tentunya akan aku undang dan ajak diskusi kawan-kawanku.

Ya, kawan.. Doa bersama adalah salah satu ruang untuk membangun keharmonisan dan kesatuan antar umat beragama, keyakinan dan tindakan yang berusaha membangun kesatuan di tengah-tengah masyarakat kita πŸ™‚

Kita sedang terus berusaha. Jadi, ayo berpartisipasi dan berkontribusi untuk masyarakat yang lebih baik, lebih bersatu.

It’s a beautiful day. I feel so happy πŸ™‚

Jiwaku gembira, wajahku cerah.

Semoga kita selalu berbahagia dan terinspirasi oleh kekuatan doa, kawan..