15 Sep

Jajag, Banyuwangi

Kawan!

Seperti yang sudah kubilang kemarin.. aku udah di Banyuwangi..

So.. inilah nuansa Banyuwangi!

IMG_20150915_141133-1
Panen di Desa Jajag Banyuwangi

Lagi musim panen nih sob! πŸ™‚ syukurlah, semoga berkah melimpah untuk para petani..

Jalan-jalan di jalanan tanah dan batu, berasa sensasinya πŸ˜€ IMG_20150915_141640-1Melewati perkebunan yang segar. Meski panas terik matahari, tapi ijo royo royo tetap bikin suasana adem πŸ™‚

Jalanan perkebunan memang khas.. bikin ati ayem tentrem πŸ™‚ IMG_20150915_141700-1Ya kawan.. salah satu cara atasi stress, coba keluar ke alam, amati kehijauan dan keasrian alam.

Pikiran akan ikut adem πŸ™‚ Coba deh!

Hari ini belum ada aktivitas yang memadati jadwal sih.. So, jalan-jalan menikmati alam saja dulu..

Ini nih beberapa momen yang tertangkap kameraku..

Pintu rezeki pemilik kebun jeruk
Pintu rezeki pemilik kebun jeruk
Langkah 'flash' kaki
Langkah ‘flash’ kaki
Demi bertahan hidup saat kemarau
Demi bertahan hidup saat kemarau
Sore sempurna tuk olahraga! Tak ada lapangan, sawah pun jadi, tuk main voli.
Sore sempurna tuk olahraga! Tak ada lapangan, sawah pun jadi, tuk main voli.
Apa ini? Titik-titik itu layang-layang. Maklum ya kamera nggak bagus2 amat :D
Apa ini? Titik-titik itu layang-layang. Maklum ya kamera nggak bagus2 amat πŸ˜€

Smoga hari kita keren slalu sobat! πŸ˜‰

14 Sep

Ke Banyuwangi

Hallo kawan! πŸ™‚

Hari ini nih..

Aku bakal melanjutkan perjalanan.. lanjutkan petualangan πŸ™‚

Dari Jogja.. menuju Banyuwangi πŸ™‚
IMG_20150914_195609-1Wah.. ada apa ke Banyuwangi hanz?

Iya.. aku mau ikut terlibat dan bantu acara Reuni Muda-Mudi di Banyuwangi kawan πŸ™‚

Perjalanan 12 jam lebih πŸ˜€

Jadi ngapain aja di kereta hanz?

Gini nih..
IMG_20150914_084434-1Selfie sambil nyari inspirasi πŸ™‚

Salah satu passion-ku kan memang berkarya menghasilkan kisah kawan πŸ˜‰

Tapi selain selfie.. aku ya jalan-jalan di luar kereta (pas kereta berhenti di stasiun lho..)
IMG_20150914_164118-1Nah loh pada keburu masuk pas kereta mau jalan πŸ˜€

Yah lumayan capek juga perjalanan jarak jauh! Tapi tetep semangat keleus! πŸ˜€

Ada hal unik yang aku potret di dalam kereta api kelas ekonomi ini kawan..

Dulu.. dulu ya.. dulu.. kalo dengar soal kereta ekonomi itu kan, langsung terbesit, kotor, sumpek, panas, dan sebagainya komplain negatifnya.

Ini kawan.. salah satu bentuk kecil Revolusi Kereta Api Indonesia πŸ™‚
IMG_20150914_195736-1Slogan itu gak hanya slogan, kereta api memang sudah berubah jadi lebih baik πŸ™‚

Salut untuk Kereta Api Indonesia πŸ™‚
Semoga ke depan jadi lebih baik lagi!

Waahh perjalanan panjang yang asik hari ini..

Akhirnya, sampai juga di stasiun Sumber Wadung Banyuwangi.
IMG_20150914_200623-1Di sini aku bermalam di rumah salah satu sobatku πŸ™‚

Selamat malam kawan, istirahat yang nyenyak ya..

Apalagi aku, yang baru dari perjalanan jauh! πŸ˜€

11 Sep

Jalan-Jalan Jogjakarta

Guys…

What’s up? πŸ˜€

Hope everything’s going fine and happy yah! πŸ˜€

Iya dong! Hidup dibuat happy aja.. meski banyak rintang menghadang ya dibuat happy aja πŸ™‚

Hari ini asik banget kawan!

Aku bertualang di Jogjakarta.. jalan kaki saja.. πŸ™‚

Nyantai, hemat, sehat! πŸ˜€

Apalagi siang hari.. Beuuhh..
IMG_20150911_135452-1Bisa dibayangkan gimana panasnya? πŸ˜€

Naahh.. jalan, nggak jauh-jauh amat kok..

Cuman nyari inspirasi, sama nyari keringat πŸ˜€

Iya.. aku punya cita-cita *ceileh* buat bisa rutin jalan kaki sob πŸ˜€

Ya.. setidaknya rutin 10-30 menit lah.. nggak kurang, nggak ekstrim juga.. secukupnya πŸ˜‰

Bener banget kawan.. soalnya aku ngerasain, saat jalan kaki, berasa lebih fresh banget. Pikiran tenang karena lihat kerennya pemandangan. Badan juga fresh.

Keren! Beneran.. kita harus jadikan itu budaya hidup kita kawan πŸ™‚

Hahaha.. kebanyakan cerita πŸ˜€

Nih, foto-foto yang ane abadikan saat jalan-jalan gan *ups pinjem istilah forum sebelah*

"Monggo Panjenengan liwat rumiyin, Mas Kereta Api"
“Monggo Panjenengan liwat rumiyin, Mas Kereta Api”
Suasana Kota Jogja siang ini yang ramai lancar
Suasana Kota Jogja siang ini yang ramai lancar
Secuil seni di kota seni Jogjakarta
Secuil seni di kota seni Jogjakarta
Ramai Lancar Jaya! Dengan latar belakang, ikon transportasi Jogja, TransJogja!
Ramai Lancar Jaya! Dengan latar belakang, ikon transportasi Jogja, TransJogja!
Siang yang panas, jalanan Jogja yang rindang
Siang yang panas, jalanan Jogja yang rindang
Hai TransJogja!
Hai TransJogja!
Siang panas dan macet! Hati-hati kawan, jaga kepala tetap dingin :)
Siang panas dan macet! Hati-hati kawan, jaga kepala tetap dingin πŸ™‚
Lempuyangan, Jogjakarta
Lempuyangan, Jogjakarta

Jadinya siang tadi kelilingi wilayah sekitar Lempuyangan saja kawan πŸ™‚

Jalan-jalan sekalian foto-foto, cukup 45 menit saja.

Fun, happy, and healthy πŸ™‚

Nah malemnya..

Udah kayak begini aja nih πŸ˜€
IMG_20150911_211349Raden Mas lukmanhanz Tempo Doeloe.

Keren memang budaya Jawa πŸ˜€

Jadi ceritanya malamnya maen-maen ke Mirota Malioboro.. eh beli Blangkon! πŸ˜€

Keren.. klasik, asik, nyentrik!

Okeeyy.. see yaa guys!

Have a beautiful night πŸ˜‰

09 Sep

Mbah Warsito, Seniman Spiritual dari Klaten

Aku mau perkenalkan salah satu kerabatku, sobat! πŸ™‚

Ya.. meski kita beda generasi.. beda usia.. tapi kerabat tak memandang dan membatasi itu.

Kawan, perkenalkan.. Mbah Warsito. IMG_20150907_192513Beliau putra asli Klaten. Beliau lahir, dibesarkan, dan menikmati masa tua di Desa Canan Wedi Klaten.

Yang aku tau kawan, dari cerita beliau, beliau adalah pensiunan Pegawai Negeri, sebagai seorang tanpa tanda jasa.. sang pendidik, guru.

Tapi bukan soal itu yang mau aku bagikan ke kalian sobat..

Adalah tentang sisi lainnya yang buatku terkesan πŸ™‚

Adalah sisi seni. Darah seni Jawa yang mengalir dalam dirinya. Yang pasti inspirasi dari tanah kelahirannya, pun juga inspirasi dari warisan budaya leluhurnya.

Seni yang beliau cintai adalah Tembang Jawa. Nah bagi generasi sekarang, sepertinya seni asli Jawa ini sedikit demi sedikit mulai luntur kawan πŸ˜€

Yang populer di kalangan anak muda sekarang kan Tembang Galau, hehe πŸ˜€

Yaahh.. Dari beliau aku belajar sedikit *masih sangat sedikit* tentang seni budaya Jawa.

Yang dulunya aku nggak terlalu tau tentang seni Jawa.. setidaknya sekarang lebih tertarik πŸ˜€

Sangat menarik, karena mempelajari dan menikmati budaya leluhurku kawan, karena aku juga orang Jawa. Keturunan Majapahit malah πŸ˜€ (keluargaku dari Mojokerto kawan)

Okeh.. balik lagi ke Mbah Warsito. Tembang Jawa yang beliau cintai, bisa langsung dibuatnya secara spontan. Beliau bisa berkarya membuat Tembang Jawa secara langsung, karena memang sudah menjadi bagian hidupnya.

Beliau dulu punya grup musik tradisional Jawa. Di rumahnya masih ada peninggalan alat-alat musik tradisional, seperti Bass besar, gitar tradisional, dan pasti banyak lainnya yang nggak bisa kulihat.

Seni Tembang Jawa yang beliau cintai bertema hal-hal kerohanian kawan, hal-hal spiritual.Β Biasanya berupa wejangan atau nasihat spiritual.

Dan aku yakin wejangan itu untuk hidup beliau sendiri maupun untuk bermanfaat bagi banyak orang.

Aku masih belum mengoleksi terlalu banyak karya beliau.

Ya saat bertemu beliau saja aku melihat beliau secara spontan menciptakan karya seni tembang Jawa bernuansa kerohanian.

Ini aku share salah satu karya beliau yang sempat aku share di Instagram, kawan..
Screenshot_20150907_173650-1Ini aku dapatkan saat memperingati Hari Raya Ridwan, Hari saat Sang Suci Baha’u’llah mengumumkan diri-Nya sebagai Utusan Tuhan kepada umat manusia, memberitakan Ajaran-Nya tentang kesatuan dan perdamaian umat manusia.

Itu keyakinan umat Baha’i kawan πŸ™‚

Iya.. Mbah Warsito ini salah satu pengikut Baha’u’llah kawan. Beliau bahkan mengenal Agama Baha’i sejak 1960an silam.

Ya.. itu yang menginspirasiku kawan.. Menerapkan Ajaran Spiritual dengan karya seni πŸ™‚

Seperti yang sedang terus kupelajari dan kunikmati.. berkarya seni dan berkontribusi πŸ™‚

“Mbah Warsito, kerabatku yang mengabdi melalui karya seni Tembang Jawa untuk berbagi Ajaran Spiritual” lukmanhanz

08 Sep

Jalan-Jalan Jogja

Temans..

What’s up? πŸ™‚

Yah semoga semua dalam kondisi sehat dan bahagia ya πŸ˜€

Oya.. Pagi hari.. sempurna banget kalo jalan-jalan nikmati pagi πŸ˜€ PicsArt_1441689115286Yaa sambil kemanapun kaki melangkah..

Bertualang itu bukan hanya soal seberapa jauh langkahkan kaki, tapi juga soal menikmati langkah kaki setiap hari πŸ˜€

Okeh.. Hari ini aku sama sobatku, Ririk dari Lampung, yang mau kelar kuliah S1 nya di UKDW Jogja, mau go out, nyari mesin..

Mesin? Mesin apaan hanz?

Mesin pembuat susu kedelai. πŸ˜€ Yah kita mau buka usaha kawan πŸ™‚ Di Jogja, mau usaha jual susu kedelai.

Eh ini bukannya malah foto dapet mesinnya, tapi foto ini.. IMG_20150908_134721-2Seniman Jalanan di pinggir lampu lalu lintas di Jogja πŸ˜€

Aku apresiasi karya mereka kawan πŸ™‚ keren! Selamat berjuang sobat! Tetap jaga kreativitas, tetap jaga ketertiban umum πŸ™‚

Btw, mesinnya belom dapet nih πŸ˜€ masih nyari!

Naahh.. trus kita mampir ke rumah Ibu Sri.. Bu Sri ini adalah anak dari Almarhum Bapak Yudi. IMG_20150908_143642-1Bapak Yudi adalah salah satu orang Baha’i asli Jogja sejak tahun 1954. Begitu kata Bu Sri, anaknya.

Pak Yudi meninggal pada tahun 2005. Bu Sri sekilas menceritakan tentang sosok Ayahnya kawan πŸ™‚

Pak Yudi adalah sosok yang sederhana dan lemah lembut. Beliau selalu menunjukkan kasih sayang pada keluarga dan masyarakat.

Menarik.. share tentang kisah orang-orang Baha’i pertama di tanah Jogja πŸ™‚

Then… Sorenya.. hari masih panjang.. kita sekumpulan sobat di sini sepakat mau main billiard. Waahh mantap πŸ˜€ PicsArt_1441774500315Aku lamaaa bgt nggak main billiard sobat πŸ˜€ kayaknya sejak SMA, yaa 7-8 tahun yang lalu laahh πŸ˜€

Jadi deh aku cupu banget pas main billiard, hahaha.. Tapi overall.. have fun banget πŸ˜€

Aku jadi tertarik lagi sama salah satu olahraga yang mengandalkan insting dan akurasi ini..

Well done for today!

Happy day yaa.. See you!