21 Sep

Mengabdi dalam Kelompok Remaja

Sobat.. Gimana kabarmu hari ini? 🙂

Semoga hari kita secerah harapan kita! 🙂

Nah, terkait tentang harapan.. aku mau share tentang generasi yang penuh harapan kawan 🙂

Ya.. generasi ini adalah generasi remaja.

Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat
Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat

Masa remaja, di kehidupan manusia itu sekitar usia 11-15 tahun kawan. Ya seusia SD kelas 6 sampai SMP. Memang usia-usia itu sedang mengalami masa transisi, dari anak-anak ke masa muda.

Mereka memiliki potensi sifat-sifat rohani seperti kejujuran, cinta kasih dan mencari kebenaran. Pikiran kritis mereka mulai muncul, rasa keingintahuan mereka akan banyak hal, dan energi mereka yang besar juga tak bisa dipungkiri.

Dan saat semua potensi itu diarahkan ke hal yang bermanfaat untuk kebaikan masyarakat, manfaatnya sungguh besar kawan 🙂

Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi "Tiupan-Tiupan Penguatan" yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.
Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi “Tiupan-Tiupan Penguatan” yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.

Kelompok remaja adalah ruang untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki para remaja, baik potensi spiritual maupun intelektual, untuk bisa mengabdi dan berkontribusi pada lingkungan masyarakat sekitarnya 🙂

Dalam kelompok remaja itu ada elemen materi, proyek pengabdian, dan kegiatan pelengkap seperti seni dan olahraga.

Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat :)
Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat 🙂

Upaya itu dilakukan atas dasar keyakinan bahwa para remaja memiliki potensi spiritual maupun intelektual yang sangat besar, yang bila diberdayakan akan mampu berkontribusi pada kebaikan bersama 🙂

Itu sebabnya program ini disebut Program Pemberdayaan Rohani Remaja.
Program ini memang terinspirasi dari Ajaran Agama Baha’i kawan 🙂

Masyarakat Baha’i di seluruh dunia menerapkan program ini sebagai bentuk pengabdiannya pada masyarakat dan pada kesatuan dan persatuan di masyarakat, hal yang menjadi tujuan masyarakat Baha’i seluruh dunia 🙂

Yang pada dasarnya, tujuan semua Agama adalah itu kawan 🙂 tujuan semua Agama Tuhan adalah cinta dan kesatuan. Itulah tujuan Agama Tuhan, yang mana Agama Tuhan adalah satu, karena semua Agama bersumber dari Satu Sumber Ilahi, Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *