28 Sep

Keliling UGM

Hari ini petualanganku seru juga kawan! 😀

Btw gimana kabar sobat? Semoga harimu seseru semangatmu! 😀

Siang ini tadi aku bertualang jalan-jalan (jalan kaki) keliling UGM Jogjakarta.
PicsArt_1443443087560Ya memang rencana mau ketemu temenku sih.. tapi pas mereka pada gak bisa.

Jadinya ya aku bertualang sendiri, cari inspirasi, kali aja dapat teman baru juga 🙂

Taman Lembah UGM
Taman Lembah UGM

Jadi kangen masa kuliah 😀 karena saat melihat gerombolan mahasiswa, jadi teringat masaku dulu *hikss*

Para mahasiswa telusuri lorong kampus
Para mahasiswa telusuri lorong kampus

Ya.. ini apa yang aku amati saat bertualang guys..

Inilah, sekilas sisi Universitas Gadjah Mada!

Loker mahasiswa. Khas banget!
Loker mahasiswa. Khas banget!
This is campus rule!
This is campus rule!
Budaya diskusi, budaya universitas.
Budaya diskusi, budaya universitas.
UGM terapkan GoGreen dengan fasilitas sepeda kampus
UGM terapkan GoGreen dengan fasilitas sepeda kampus
Fasilitas sudah mewah. Kualitas harus wah.
Fasilitas sudah mewah. Kualitas harus wah.
Ada momen UGM Expo
Ada momen UGM Expo
UGM Expo, bertema lingkungan dan semesta.
UGM Expo, bertema lingkungan dan semesta.

Yaapp.. itu petualangan jalan kaki keliling UGM.

Jepretan foto di atas, jelas gak ada seujung jari dari bagian UGM yang luasnya banget!

Sorenya.. balik ke Lempuyangan.. coba berinteraksi sama remaja sekitar. Kayak yang aku bilang kemarin, kawan..

Kita, para pemuda, berusaha mengabdi di masyarakat, mengabdi dengan cara memberdayakan kapasitas para remaja (remaja itu umur 11-15 tahun) yang punya potensi besar.

Nah ini masih mengakrabkan diri, mulai lebih mengenal, mulai asik! 🙂

Kita main bola lagi nih sore ini 😀

Ini aksi kita..
IMG_20150928_163335IMG_20150928_163340Cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan 🙂
IMG_20150928_170810Seneng bareng remaja dan anak, bahagia yang sederhana dan bermakna kawan 🙂

Semoga hari kita selalu bahagia..

See yaa..

27 Sep

Kunjungan ke Seniman Bantul

Petualangan seni hari ini temanya sobat! 😀

Iya.. bertualang ke salah satu seniman di Bantul.

Ke salah satu sobatku pelukis di Bantul, kawan.. pasangan suami istri pelukis, Mas Agus dan Bu Nasim.

Pasangan Pelukis,Bu Nasim dan Mas Agus
Pasangan Pelukis,Bu Nasim dan Mas Agus

Bu Nasim ini kelahiran Iran kawan. Kalau Mas Agus kelahiran Solo.

Pasangan pelukis berdarah Persia-Jawa ini memiliki kehidupan yang unik, bersahabat dengan banyak orang, sederhana, dan selalu ceria 😀

Yah itu sekilas tentang mereka kawan..
Ini nih aku share beberapa lukisan mereka, sekalian bantu promosiin karya mereka, hehe 😀
IMG_20150927_152103-1IMG_20150927_152311-1IMG_20150927_152142-1Nah kalo 3 lukisan di atas itu dilukis cuman pakai bulpen lho.. menurutku keren banget. Berkarakter! “Temanya hitam putih”, kata Mas Agus, pelukisnya.

Lukisan selanjutnya..
IMG_20150927_152525-1IMG_20150927_152546-1IMG_20150927_154650-1Karya Mas Agus memang berkarakter.. karakternya bisa dilihat dari karakter tokohnya 🙂 “Itulah seni, berkarakter!” Mas Agus berprinsip.

Nah beda karakter dengan Bu Nasim.. kalau lukisan karya bu Nasim lebih detail dan berkarakter spiritual kawan..

Ini lukisan Bu Nasim.
IMG_20150927_152631-1IMG_20150927_154340-1Yes itu petualangan hari ini kawan!

Petualangan seni! 😀

Membuatku belajar lebih lagi tentang seni..

24 Sep

Diskusi UGM

Hi sobat!

Ayo jadikan hari kita sehat, hari kita hebat! 😀

Hari ini nih.. aku bener-bener merasakan jiwa muda, kawan! 😀

*Tapi tiap hari ya merasakan semangat muda sih, ga cuman hari ini 😀

Masih di Jogja nih..

Hari ini tadi aku diskusi sama beberapa mahasiswa dari UGM dan juga Atma Jaya.

IMG_20150924_125235-1

IMG_20150924_125307-1

Diskusi tentang perspektif dan keyakinan Agama Baha’i, yaitu tentang kesatuan umat manusia..

Ya.. kita belajar banyak, lebih memahami lagi, belajar lebih menerapkan lagi, tentang kesatuan umat manusia, tujuan utama Ajaran dari Baha’u’llah 🙂

Dari diskusi itu, implikasinya kawan.. gimana kita sebagai generasi muda, ikut menyumbang di masyarakat, untuk membangun kesatuan di masyarakat kita 🙂

Hmmm.. very nice learnings!

IMG_20150924_125621-1

Pagi sampe siang kita diskusi percakapan bermakna itu kawan..

Sorenya, aku balik ke kosan (di Jogja masih ngekos kawan 😀 )

Nah sorenya temenku sekosan, Ririk dari Lampung dan Ridwan dari Ambon, lagi enjoy banget main bola sama beberapa anak dan remaja dari lingkungan sekitar kosan.

PicsArt_1443113768079

Oya sob.. kita sih memang berencana ajak beberapa remaja dari lingkungan sekitar buat bentuk Kelompok Remaja, adalah Program Pemberdayaan Rohani Remaja, salah satu budaya masyarakat Baha’i di seluruh dunia, yang bertujuan mengeluarkan potensi dan kapasitas remaja baik spiritual dan intelektual, guna menyumbang pada kesatuan umat manusia, kebaikan semua umat manusia 🙂

Oya, remaja itu sekitar umur 11-15 kawan.. dan program ini terbuka untuk semua remaja apapun latar belakangnya..

Jadi, kita mulai berkenalan sama remaja sekitar 🙂

Ya.. ini salah satu usaha yang sedang kita lakukan kawan, untuk menerapkan Ajaran kesatuan umat manusia 🙂

Sedang terus belajar untuk mengabdi dan bermanfaat bagi lingkungan kawan 🙂 yaa.. di mulai dari lingkungan sekitar.

Nih aksi kita main bola..

IMG_20150924_171125-1

IMG_20150924_171137-1

IMG_20150924_171139-1

IMG_20150924_171249-1

Di Jawa, biasanya main bola yang ini disebut ‘kucing-kucingan’ 😀

Nah kan.. hari ini semangat banget! Jiwa muda banget! 😀

Yaahh.. kuakhiri hari dengan berkarya, sobat!

Nggambar!

Ini nih karya sederhana dan semoga memiliki makna 🙂
IMG_20150924_230653Penjelasannya ga usah aku jelasin ya 😀 klik ini saja “Manusia Pohon”.

😀

Have a blessed day guys!

23 Sep

Mulai Mencoba Bisnis Susu Kedelai

Guys!

Hari ini adalah hari penting buatku, saatnya semangat baru! 🙂

Sebenarnya sih tiap hari ya hari penting buatku 😀

Hidup itu penting, jadi tiap hari dalam hidup itu penting 😉

Anyway.. tetap semangat!

Hari ini sebenernya lumayan sibuk juga kawan..

Fiuh.. di malam sekarang ini saja (jam 23:51, pas aku lagi share petualangan hari ini) aku ngerasa capek.

Jadi ya seharian memang cukup menguras tenaga, meski hanya di rumah kos di daerah Lempuyangan Jogja.

So, ngapain hanz kok bisa capek lha wong cuman di kosan.

Gini kawan..

Tadi aku baru mulai coba -percobaan- bikin sari kedelai 😀

Naahh.. aku sama sobatku dari Lampung, Ririk namanya.. akan buat usaha Susu Sari Kedelai. Lumayan repot juga, lumayan berantakan, karena memang masih awal-awal 😀

Sampe nih ya.. saking sibuknya, gak sempet foto-foto toh 😀 Gak sempet foto prosesnya bikin Sari Kedelai, hehehe..

Yah jadinya daripada gak difoto, mending foto ini aja mewakili 😀
IMG_20150923_231242-1Yaa itu mesin Sari Kedelai.. mesin pengolah yang kita pakai untuk mulai bisnis.

Nih buktinya kalau hasil Sari Kedelainya mantabbb!
IMG_20150923_222704-1Habis.. sisa dikit (sekalian deh habisin)

Hmm.. asik juga.. mulai lagi usaha..
Aku suka memulai usaha merintis dari awal 🙂 bener-bener kerasa perjuangannya!

Malamnya.. bakal sempurna kalau kumpul bareng temen2 🙂
IMG_20150923_223335-1We have fun together..

Lelah sih lelah, tapi tak ada sahabat yang lelah saat have fun sama mitra kerjanya..

Oaahh.. lelah..

Sampe ketemu besok dengan petualangan selanjutnya!

21 Sep

Mengabdi dalam Kelompok Remaja

Sobat.. Gimana kabarmu hari ini? 🙂

Semoga hari kita secerah harapan kita! 🙂

Nah, terkait tentang harapan.. aku mau share tentang generasi yang penuh harapan kawan 🙂

Ya.. generasi ini adalah generasi remaja.

Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat
Para remaja belajar berkontribusi pada kebaikan masyarakat

Masa remaja, di kehidupan manusia itu sekitar usia 11-15 tahun kawan. Ya seusia SD kelas 6 sampai SMP. Memang usia-usia itu sedang mengalami masa transisi, dari anak-anak ke masa muda.

Mereka memiliki potensi sifat-sifat rohani seperti kejujuran, cinta kasih dan mencari kebenaran. Pikiran kritis mereka mulai muncul, rasa keingintahuan mereka akan banyak hal, dan energi mereka yang besar juga tak bisa dipungkiri.

Dan saat semua potensi itu diarahkan ke hal yang bermanfaat untuk kebaikan masyarakat, manfaatnya sungguh besar kawan 🙂

Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi "Tiupan-Tiupan Penguatan" yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.
Kelompok remaja salah satu temanku. Mereka belajar materi “Tiupan-Tiupan Penguatan” yang mempelajari bahwa ketika kita berusaha, Tuhan akan memberi penguatan.

Kelompok remaja adalah ruang untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki para remaja, baik potensi spiritual maupun intelektual, untuk bisa mengabdi dan berkontribusi pada lingkungan masyarakat sekitarnya 🙂

Dalam kelompok remaja itu ada elemen materi, proyek pengabdian, dan kegiatan pelengkap seperti seni dan olahraga.

Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat :)
Aku dan kawanku, Ririk, juga akan membentuk kelompok remaja di Lempuyangan, Jogjakarta. Kita sudah mulai bersahabat dengan para remaja setempat 🙂

Upaya itu dilakukan atas dasar keyakinan bahwa para remaja memiliki potensi spiritual maupun intelektual yang sangat besar, yang bila diberdayakan akan mampu berkontribusi pada kebaikan bersama 🙂

Itu sebabnya program ini disebut Program Pemberdayaan Rohani Remaja.
Program ini memang terinspirasi dari Ajaran Agama Baha’i kawan 🙂

Masyarakat Baha’i di seluruh dunia menerapkan program ini sebagai bentuk pengabdiannya pada masyarakat dan pada kesatuan dan persatuan di masyarakat, hal yang menjadi tujuan masyarakat Baha’i seluruh dunia 🙂

Yang pada dasarnya, tujuan semua Agama adalah itu kawan 🙂 tujuan semua Agama Tuhan adalah cinta dan kesatuan. Itulah tujuan Agama Tuhan, yang mana Agama Tuhan adalah satu, karena semua Agama bersumber dari Satu Sumber Ilahi, Yang Maha Kuasa.