24 Jul

Kreasi Goresan Warna Bermakna: Perang Peradaban

IMG_20150527_122610

Saat dunia dalam perang peradaban..

Perang kekerasan, perang kebodohan, perang kebencian, perang prasangka, perang niat, perang pikiran.. itulah perang dunia manusia.

Lantas apa peran kita dalam perang dunia manusia ini?

Pejamkan mata, tak peduli, melarikan diri..

Kobarkan bara api, ikut berperang..

Pendamai, menyelesaikan konflik, ciptakan kedamaian..

Kesatuan, berkomitmen bangun kesatuan, manusia satu keluarga..

Itulah pilihan peran kita, kawan 🙂

Silahkan mau pilih dan menempatkan dimana diri kita, itu pilihan kita, dan pasti ada Rencana Ilahi mendasarinya 🙂

“Perang peradaban, kita dihadapkan pada pilihan.. peran kita tergantung pilihan kita dan Rencana Ilahi” lukmanhanz

22 Jul

Save Our Semeru (SOS)

Kawan.. aku mau share petualangan sekawanan! 😀

Yes.. sekawanan yang bertualang ke Gunung Semeru!

Kitalah..

Berdiri dari kiri: Taufan, lukmanhanz, Youdi Rambu, Ifan, Jumei. Duduk: Funk Rule

Berdiri dari kiri: Taufan, lukmanhanz, Youdi Rambu, Ifan, Jumei. Duduk: Funk Rule

Tujuan kita bukan mau mendaki mencapai puncak tertinggi (laguis banget! 😛 *laguis, temannya puitis)

Tujuan kita mau ikut kegiatan SOS, Save Our Semeru!

Save Our Semeru, adalah bentuk kepedulian bersama pada lingkungan, khususnya di sini adalah Gunung Semeru, gunung tertinggi di Jawa! Dan konkretnya, ya bersih-bersih gunung! Dari sampah buangan manusia 😀

bersih-bersih gunung

bersih-bersih gunung

Kita ikut berkontribusi pada event ini pada momen-momen setelah hari besar nasional, pada akhir Agustus. Tepatnya kita ikutan bersih-bersih gunung di danau Ranu Kumbolo, sekitar 10 km dari Ranu Pani, desa terakhir sebelum mendaki Semeru.

Beraksi di Ranu Kumbolo

Beraksi di Ranu Kumbolo

Nah kan pada banyak tuh para pendaki yang ingin membuktikan bentuk nasionalismenya dengan mendaki puncak tertinggi, sambil berfotoforia berteriak ‘merdeka!’ 🙂 Keren! Ayo lanjutkan perjuangan hidup kita kawan, sama seperti perjuangan mendaki puncak tertinggi!

Jadi, biasanya (biasanya lho ya..) banyaknya pendaki, berbanding lurus dengan banyaknya sampah buangan para pendaki. Plastik kemasan makanan dan minuman, kaleng-kaleng bekas, tisu basah dan baterai yang mengandung bahan kimia, dimana semuanya sangaaat sulit terurai, dan butuh waktu sangat lama! Dan yang parahnya, kotoran manusia (maaf, tapi memang realita) yang jelas bisa mencemari lingkungan.

Karena hal ini adalah ‘biasanya’, yang aku bilang tadi kawan.. maka perlu proses edukasi dan tindakan berkelanjutan supaya kebiasaan ini berubah! 🙂

So.. kita sekawanan ikut berkontribusi pada event ini, supaya kita sendiri, aku sendiri, mulai belajar dan mulai sadar untuk melestarikan lingkungan. 🙂

Pelajaran yg didapatkan kawan..

Prinsip melestarikan alam!

Prinsip utama pecinta alam adalah melestarikan alam! Dan ini bentuk hakiki bagi siapa saja yang menyatakan cinta alam! 🙂 

Tujuannya jelas untuk kepentingan bersama dan untuk masa depan, sudah sangat jelas kan kontribusi alam untuk masa depan kehidupan, jadi tak perlu berpanjang teori lagi.

Sadar, kalo prinsip kita adalah melestarikan! Bukan merusak, mengeksploitasi, memanfaatkan alam untuk kepentingan sendiri.

Lakukan! Untuk melestarikan alam!

Dengan prinsip itu, petualangan kita juga akan berfokus pada ‘hal apa yang bisa kita lakukan untuk alam’ bukan ‘apa yang bisa alam berikan untuk kita’.

Misal, hal paling sederhana, ‘membuang sampah pada tempatnya, atau bagi pendaki, tidak buang sampah sembarangan, bawa turun lagi sampahnya (masak ndaki bawa kaleng berat kuat, turun bawa kaleng kosong ga kuat? ga malu sama selfienya di puncak? 😛 *just for jokes guys). Dan yang pasti, banyak sekali ‘hal-hal yang bisa kita lakukan untuk alam’ untuk melestarikan alam! Ikut penanaman pohon, tidak menebang pohon sembarangan, tidak berburu sembarangan, dan lainnya..

Nah, jadinya bukan hanya ‘apa yang bisa alam berikan untuk kita’ seperti.. demi foto keren so mesti muncak nih, atau biar bisa menikmati pemandangan mengesankan dan tak terlupakan, atau juga biar bisa menikmati udara segar dari alam. Itu semua boleh kawan, sangat boleh 🙂 bahkan alam sudah tentu menyediakannya untuk kita semua, prasmanan! 😀 Tapi ya masak gitu aja toh? Mana feedback kita ke alam?

Sebarkan semangat melestarikan alam!

Ayo kawan.. kita sebarkan mindset ‘hal apa yang bisa kita lakukan untuk alam’. Kita sendirian yang berprinsip seperti itu gak bakal bisa bro n sist! Harus banyak orang dan semakin banyak orang yang sadar! 🙂

Caranya sebarkan? jelas pertama kita berusaha memulai, dan semoga kita bisa saling menginspirasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif lainnya. Intinya, ayo kita sama-sama, semua orang bisa saling menyebarkan semangat ini.

Semoga semangat menyebarkan semangat melestarikan alam ini bertujuan murni dan alami, seperti sifat alam yang murni dan alami 🙂 tanpa ada tujuan dan motif untuk diri sendiri, yang tak lagi murni dan alami.

Terus berusaha terus lestarikan alam!

Ya! hidup kita memang dipenuhi dengan usaha 🙂 termasuk berusaha melestarikan alam!

Sudah.. ayo kita mulai melestarikan alam, kawan! 🙂

salam alam lestari dari para pecinta alam

salam alam lestari dari para pecinta alam

Nah.. ada endingnya nihhh…

Ending cerita, kegagalan cinta di tanjakan cinta *preeet 😀

Hahaha! Jadi gini ceritanya..

Waktu aku berjalan di tanjakan cinta, yang terkenal karena mitos cintanya itu.. aku coba cari spot yang pas untuk ambil foto matahari yang menghadap langsung ke tanjakan cinta.

semua berawal demi mengejar foto yang gak bagus-bagus amat ini :D

semua berawal demi mengejar foto yang gak bagus-bagus amat ini 😀

‘Bleesss..’ langsung saja kakiku terperosok masuk ke lubang yang memang tertutupi ilalang, mana pandanganku fokus menatap ke langit..

‘Aduuuhh, cerobohnya aku!’ begitu pikirku saat itu. Langsung deh, dibopong para sobat! Langsung diolesin balsem, diurut, agak mendingan, tapi ya masih sakit 😀

Dan pagi itu kita langsung turun ke bawah. Jadi deh udah kaki keseleo karena kecerobohan, jalan kaki turun sekitar 10 km dari Ranu Kumbolo ke Rani Pani.

Pengalaman berharga untukku kawan, ‘jangan ceroboh saat di alam, tetap waspada!’

Terpincang-pincang dibantu tongkat kayu :D

Terpincang-pincang dibantu tongkat kayu 😀

Jadinya, setiap ketemu pendaki lainnya saat turun, sobat-sobatku becanda dengan berkata ‘dia gagal cinta di tanjakan cinta’ lantas kita semua tertawa! 😀

Yaini endingnya.. tawa bahagia di hati serasa perih di kaki!

13 Jul

Mencari Ide, Mencari dan Terus Mencari!

Hey sobat!!! Kita diskusi yuk.. Seperti pembahasan kita sebelumnya tentang Realisasikan Idemu! Aku tertarik untuk berbagi dan diskusi dengan kalian tentang bagaimana kita bisa mencari ide..

Mencari ide

Mencari ide dengan amati sekitar

Beda lho mencari ide dan mendapatkan ide.. kalau mendapatkan ide itu secara tak terduga tiba-tiba kita dapatkan. Jadi terilhami suatu ide. Orang seperti itu terbiasa dengan visi dan intuisi.

Menurutku, itu bisa dikembangkan dalam diri kita, kawan! Saat kita terus mengasah mencari ide.

Nah, itu kenapa mencari ide perlu perjuangan!

Perlu kesabaran, ketekunan, dan keuangan *lho? hahaha.. becanda ah! 😀

Yaa bedanya mendapatkan ide itu memang anugrah, berkah. Tapi kalau mencari ide, itu perjuangan untuk mendapatkan anugrah, berkah itu 🙂

Ada saja kan, orang yang tiba-tiba terilhami mendapatkan ide brilian, dan ide itu ternyata sangat berguna. Contohnya Mark Zuckerberg yang mendapatkan ide Facebook saat dia masih kuliah, ya dia terilhami tentang Facebook..

Ada juga orang-orang yang berjuang mencari ide karena hasratnya akan ide itu. Thomas Alfa Edison contohnya, beliau berjuang siang malam mencari cara, ide supaya temuannya bisa benar-benar direalisasikan..

Itu sedikit gambaran guys tentang mencari ide..

So, gimana caranya kita mencari ide? Menurutku ada 3 cara ampuh dalam mencari ide, kawan.. 🙂

Yakin bisa! Sudah menjadi hukum universal kawan, bahwa siapa saja yang berkeyakinan ‘PASTI BISA’, dia akan benar-benar bisa melakukannya, termasuk mencari ide!

Ini aku bukan seolah-olah seperti motivator lho ya, hehehe.. Ini konteksnya pengalaman dimana banyak orang sudah mengalaminya, termasuk aku juga mengalaminya 🙂 Ketika aku YAKIN saat mencari ide, beberapa saat kemudian kudapatkan ide itu!

Bebaskan imaginasi! Seperti yang aku sampaikan juga kawan, jadilah seperti anak-anak, yang bebas tanpa beban berimaginasi sesuka mereka, dan mereka menikmatinya, dan mereka mendapatkan banyak ide di sekitarnya 🙂

Bebaskan imaginasi di sini untuk hal yang positif dan berguna lho guys.. bukannya imaginasi yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Ya sayang aja kan, daya luar biasa seperti imaginasi harus terbuang untuk hal yang nggak perlu, hehehe..

Pilih caramu, itu gayamu! Yes guys.. menurutku di sini lah kita berekspresi.. mencari ide itu bentuk kreativitas, dan gaya kreativitas setiap orang berbeda-beda.. Lakukan yang membuat kita nyaman 🙂 Jadi diri sendiri!

Banyak orang bisa produktif saat mereka merasa nyaman. Mencari ide juga gitu.. Kita ada yang nyaman menyendiri, nyaman saat di pantai, saat mau tidur, bangun tidur, bahkan ada juga orang yang nyaman nyari ide saat sedang poop, termasuk aku! 😀 It’s you, guys.. Be you! 🙂

Dan, kawan.. mencari ide itu suatu proses! Kita akan terus mencari dan mencari.. terus menikmati dan menikmati.. proses itu! 🙂

Semoga sharingku tentang mencari ide bisa bermanfaat untuk kita bersama ya..

Anything to discuss? Let’s do it!

“Mencari ide.. terus mencari dan menikmati! Be believe, be free, be you!” hanz

12 Jul

Realisasikan Ide, Ciptakan Hal Baru

realisasikan ide

Senyuman saat realisasikan ide

Smile for you, guys.. 🙂 Ayo awali hari dengan senyuman 🙂 Dengan begitu harimu akan seindah senyummu *cieh! Okeh, langsung saja aku mau berbagi dan diskusi dengan kalian, sobat.. tentang ide! Khususnya tentang realisasikan ide!

“Hmmmm… Apa ya?” begini ini pikiran semua orang kalau sedang mikirin sesuatu yang namanya ide..

Mikirin ide bisa bikin galau daripada mikirin pacar, hahaha.. karena mikirin ide susah-susah gampang, penuh gejolak, tapi menyenangkan 😀

Mikirin ide Skripsi (nah loh!), ide gimana caranya nyari pacar, atau juga ide gimana biar anti galau kalau pacaran (kalau ada bukunya pasti laku keras nih 😀 ), sama ide gimana biar bisa dapat duit *paling bikin galau, yakan? 😛

Hmmm.. sepertinya itu ide untuk diri sendiri saja. Tapi bagi orang yang berjiwa sosial, pasti nyari ide gimana bisa bermanfaat untuk lingkungan dan orang lain di sekitarnya.. Mantap!

Well, itu tujuannya ide-ide tadi yah, untuk ini lah, untuk itu lah.. Semua orang berhak punya tujuan masing-masing saat mencari ide..

Menurutku itu aspek pertama untuk realisasikan ide; tentukan tujuan!

Yang kedua, cari atau dapatkan ide!

Mencari ide, yang memang susaaaahhh, tapi gampang.. sering bikin gak enak makan, gak enak tidur, dan gak enak ngapa-ngapain, karena gak nemu-nemu idenya.

Ini bagi orang yang sudah punya tujuan jelas, tapi gak tau ide apa untuk mencapai tujuannya. Misal tujuannya jelas untuk Skripsi, tapi gak tau ide apa untuk Skripsi.

Menurutku, semakin berat kita mencari ide, semakin gak ketemu, semakin sulit realisasikan ide.. karena ide itu mengalir alami dari pikiran kita. Saat kita tenang, pikiran senang dan tanpa beban, kita mengamati apa saja pasti dapat ide!

Coba kita lihat anak kecil, kok mereka banyak sekali ide-idenya saat main.. Yaa, imaginasi mereka bebas tanpa beban! Ayo tiru anak kecil, bebaskan imaginasi, tanpa beban.. cari ide brilian! 🙂

Ide ada di mana-mana, inspirasi dari apa saja. Jadi ide bisa muncul kapan saja meski tanpa kita cari.. Itu kenapa, ide nggak hanya kita cari, tapi juga bisa kita dapatkan tiba-tiba.. seperti dapet ilham gitu lah, hehe..

So guys.. itu 2 hal penting untuk realisasikan ide; mencari atau mendapatkan ide dan tujuan dari ide itu sepaket, saling berkolaborasi!

Yaa kalau sudah ada tujuan yang jelas, bebaskan imaginasimu, amati sekitarmu, cari idemu, dan realisasikan ide itu!

Tapi kalau terilhami ide brilian, catat dan ingat! Lalu tetapkan tujuan ke depan, dan realisasikan ide itu!

Saatnya realisasikan ide kita kawan, ciptakan hal-hal baru, buat dunia lebih berwarna dengan kontribusi kita bersama!

Nice! 🙂

Ayo, kawan.. kita diskusi tentang hal ini!

“Kolaborasikan ide dan tujuan, lalu realisasikan ide itu kawan!” hanz

03 Jul

Sepintas Ide: Silahkan Merokok

Hey my dearest friends.. Wish you are happy now.. 🙂

Yeah… Ayo be happy! 🙂

Wah-waahh dari judulnya ini kok aneh-aneh nih.. Apaan maksudnya hanz?

Silahkan merokok ;)

Silahkan merokok 😉

Hehehe.. Yes, tentang rokok.. Silahkan Merokok 😀

Ini bukan bentuk lain dari peringatan atau ancaman dilarang merokok lho! Tapi ini bentuk dukungan dari merokok..

Waahh-waahh, kok ekstrim begini???

Iya, ini bisa jadi pandangan yang ekstrim, hehehe.. So, sekarang ini kan banyak yang pro dan kontra kalau rokok itu bisa menguntungkan maupun merugikan..

Rokok itu menguntungkan secara bisnis, karena memang kerajaan bisnis rokok sangat besar.. di dalamnya bergantung jutaan orang yang bekerja menyebarluaskan rokok itu.. Itu secara bisnis..

Nah bagi yang kontra, sangat menentang rokok karena kesehatan.. Secara medis memang sudah terbukti kalau rokok itu penyebab banyak penyakit seperti paru-paru, jantung, dan lainnya sampai penyebab kematian..

Yang kupikirkan sekarang begini guys.. Okey kalau rokok itu menguntungkan secara ekonomi, berarti bisnis rokok memang menjanjikan dan bisa diteruskan..

Eitsss.. Bagi yang kontra dengan rokok, jangan protes dulu ya, hehehe.. Nah, kalau rokok merugikan kesehatan, kenapa kita tidak membuat rokok yang menyehatkan saja? 🙂

Gimana caranya??? Well, sejarah manusia dari dulu sampai sekarang adalah mengubah ketidakmungkinan menjadi kemungkinan, mengubah keraguan menjadi keyakinan.. Asalkan ada rasa ingin tau dan kemauan untuk memperjuangkannya..

Buktinya sekarang ini, manusia bisa terbang, yang dulu bahkan tak pernah ada kejadian mustahil seperti itu. Sama seperti teknologi lainnya yang membuat bumi ini serasa kecil dan dekat..

Dengan rasa ingin tau dan kemauan untuk kebaikan bersama.. dana yang luar biasa besar dari bisnis rokok itu tidak cuma habis di iklan atau promosi gila-gilaan, tapi bisa digunakan untuk penelitian dan teknologi untuk menciptakan produk sensasional berupa rokok yang menyehatkan.. 🙂

Itu idenya kawan.. Kalian ada masukan lainnya? 🙂 Ayo kita diskusi!

“Okey rokok itu merugikan, trus kenapa kita gak membuat saja rokok yang menguntungkan? 😉 ” lukmanhanz