12 Apr

Pendaftaran Sekolah Pengelolaan Keragaman

Sekolah Pengelolaan Keragaman

Kawan!!! Aku mau berbagi tentang ketertarikanku pada Sekolah Pengelolaan Keragaman! Sekolah ini merupakan salah satu program setingkat S-2 yang terdapat di dalam Program Studi Agama dan Lintas Budaya (Center for Religious and Cross-cultural Studies/CRCS) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sekolah Pengelolaan Keragaman

Nah, karena ada kesempatan Sekolah Pengelolaan Keragaman yang ke-VI di Yogyakarta pada tanggal 19-31 Mei 2015, aku mencoba mendaftar kawan 🙂

Syarat pendaftaran Sekolah Pengelolaan Keragaman ini tidak terlalu rumit. Intinya diperuntukkan bagi para akademisi dan praktisi yang berpengalaman paling tidak 2 tahun dalam bidang keragaman agama maupun budaya yang ada di masyarakat.

Serta menulis essay pendek tentang keragaman.

Nah karena pendaftaran sudah ditutup, aku bisa share essay yang kubuat untuk pendaftaran Sekolah Pengelolaan Keragaman 😀

Check it out guys..

Isu keragaman dapat kita temukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa Indonesia bersepakat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras manusia, dan budayanya.

Oleh sebab itu, sudah sangat jelas bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang heterogen, kaya akan keanekaragaman. Bentuk-bentuk keragaman sudah sangat jelas terlihat di dalam masyarakat kita. Sebut saja beberapa contohnya, suku-suku bangsa, bahasa-bahasa daerah, adat-adat setempat, agama dan keyakinan, dan semua terangkum dalam berbagai budaya bangsa yang beraneka warna.

Kaya. Inilah Indonesia. Jika bangsa lain mempertanyakan, apakah kekayaan sesungguhnya bangsa Indonesia? Maka kita sebagai anak bangsa harus menjawabnya bangga, keragamannya.

Namun, isu keragaman tak lepas dari tantangan utama yaitu perselisihan, pertikaian, dan perpecahan. Penyebab utamanya adalah prasangka.

Prasangka, bahwa keragaman kita adalah sebab kita tidak bisa bersatu, kita berbeda-beda, dan memang inilah hidup kita, tak akan pernah bisa menyatu. Dan jelas, hal ini diekspresikan dalam berbagai bentuk perselisihan dan pertikaian, hingga perpecahan.

Solusi yang ada saat ini, yang dipahami secara meluas, adalah ‘mari kita saling menghargai, saling toleransi akan keragaman kita’. Ya, meskipun nampak sederhana, tapi belum nampak nyata baik konsep maupun penerapannya.

Baik, saya yakin bahwa banyak kalangan sedang memperjuangkan prinsip baik itu, termasuk kita semua yang sedang terus berusaha belajar dan menerapkan isu keragaman ini.

Dan, izinkan saya berbagi apa yang menjadi keyakinan saya, dan saya juga sedang terus mempelajarinya.

Keragaman kita, adalah bentuk jasmani yang merupakan anugrah dari Sang Pencipta. Kita adalah bagaikan bunga-bunga berbagai bentuk, warna, dan wanginya dalam satu kebun, kebun umat manusia. Keindahan kebun itu terletak dari keanekaragaman bunga-bunga di dalamnya. Akankah kita melihat keindahan andai saja bunga di dalam kebun itu hanya sejenis saja?

Saya berkeyakinan bahwa kita semua, umat manusia adalah satu. Satu yang bermakna rohani. Secara spiritual, kita adalah manusia yang satu, yang berasal dari Sang Pencipta Yang Esa, yang akan selalu membimbing manusia dengan Ajaran Tuhan, melalui semua Agama yang satu, karena berasal dari satu Sumber Ilahi. Di sini lah makna dari satu kebun dari gambaran di atas, yaitu Kebun Ilahi.

Keyakinan saya, yang mana saya ingin berbagi dan tidak sedang memaksakan pandangan saya, adalah bahwa secara spiritual kita adalah manusia yang memiliki satu roh, yang berasal dari satu Tuhan, dan Tuhan menurunkan Bimbingan-Nya melalui semua Agama, yang mana adalah Agama Tuhan yang satu, adalah bersumber dari Ajaran Agama Baha’i, yang diajarkan oleh Sang Suci Baha’u’llah.

Sehingga, bagi saya, dan para pengikut Baha’u’llah, keyakinan inilah yang mendasari tujuan kesatuan umat manusia.

Berkaitan tentang studi keragaman ini, saya sangat tertarik untuk terus belajar dan semakin memahami realita masyarakat, sehingga dengan demikian akan menyumbang pada kesatuan umat manusia.

Gimana menurut kalian tentang Sekolah Pengelolaan Keragaman sobat?

Ya semoga aku bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berkontribusi dalam Sekolah Pengelolaan Keragaman ini.

Selain itu, dari Sekolah Pengelolaan Keragaman ini, paling tidak, aku mulai bisa merasakan lagi semangat untuk lanjut bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi, lebih luas, dan lebih banyak lagi 😀

Ya meskipun belajar bisa di manapun, tapi semangat, suasana, dan kenangan bersekolah itu adalah salah satu bagian hidup yang takkan terlupakan, setuju? 😉

“Sekolah Pengelolaan Keragaman, langkah awal semangatku untuk lanjut melangkah bersekolah 🙂 ” hanz

08 Apr

Teh Tawar Panas, Sobat Baruku!

Guys.. di hari yang cerah ini (kalau di tempat kalian mendung, hatinya aja yang tetap cerah ya.. 😀 ) aku mau memperkenalkan sobat baruku, yang menemani hari-hari petualanganku! Perkenalkan.. Teh Tawar Panas!

Lho, teh kok jadi sobat?

Ada-ada aja hanz!

Ya itulah spesialnya kawan! 🙂

Simple aja sih, karena memang aku lagi suka banget sama yang namanya teh tawar panas! Jadinya hari-hariku selalu ditemani sobat baruku satu ini.. sedaaap!

Aku merasakan cita rasa luar biasa saat menikmati, menyeruput teh tawar panas.. yang banyak orang bilang cita rasa seperti itu adanya saat minum kopi, ngopi 😀

Ya namanya selera beda-beda kan kawan, sip? 😉

Nah kalau aku menyeruput teh tawar panas, dua hal yang kerasakan bersamaan.. kesegaran dan kehangatan!

Ini yang menurutku istimewa..

Kesegaran teh, benar-benar terasa nikmat aroma maupun rasa khasnya.

Kehangatan seduhan teh, menghangatkan sekujur tubuh, terbuai karenanya.

Ini minum teh aja sampe segininya ya? Hahaha!

Ya dong, minum teh tawar panas itu juga merupakan seni bagiku. Sama seperti banyak orang bilang, ngopi itu ya nyeni, nice! 🙂

Okey, kalau searching di google, memang kita bisa lihat banyak banget manfaat teh, apalagi teh tawar panas.

Aku sebutkan beberapa ya kawan, selebihnya kalian bisa riset sendiri kalau butuh bukti 🙂

Teh, khususnya teh tawar panas, bisa secara cepat menghancurkan lemak dalam tubuh. Waaahhh, cocok banget buat yang ngebet diet tapi makannya yang enak berlemak terus, hehehe.. biasakan minum teh tawar panas, okey?

Antioksidan, sangat bermanfaat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh kita. Dengan begitu, daya tahan tubuh kita jadi lebih kuat, gak gampang sakit, gak terlihat lesu, layu, tua! 😀

Dan banyak manfaat lainnya, aku sebutkan dua hal itu yang tentunya berhubungan sama kesehatan dan kebugaran tubuh kita kawan..

Tapi, selain bermanfaat, tetap harus ada kontrolnya ya, karena..

Minum teh sebelum makan atau saat perut kosong gak bagus, karena bisa tingkatkan asam lambung.

Selain itu, usahakan jangan minum teh setelah makan, karena teh bisa menetralisir gizi makanan itu, percuma kan 😀

Nah dengan pertimbangan manfaat dan kontrol itu, idealnya menikmati teh tawar panas pas sore hari, sebelum olah raga, bagiku waktu yang sempurna!

Yah, itu sih beberapa hal yang aku mau bagikan soal sobat baruku, teh tawar panas kawan!

Dan, ini dia teh tawar panas favoritku!

Teh Tawar Panas

Hehehe, tampilkan merek gak apa lah, toh karena memang aku suka banget teh ini, cita rasa sempurna dipadukan eksotisme aroma buah! 😉

Gimana sobat?

Sobatmu teh, kopi, atau minuman soda? 😀

Yuk share!

“Teh tawar panas, sobatku yang membawa kesegaran dan kehangatan!” hanz