13 Feb

Bersahabat dengan Suku Tengger – Bromo

Bersahabat dengan Suku Tengger

Bersahabat dengan Suku TenggerSobat! Kali ini aku mau berbagi tentang ceritaku bersahabat dengan Suku Tengger. Siapa itu Suku Tengger? Suku Tengger adalah suku yang hidup di wilayah Gunung Bromo, kawan πŸ™‚

Pastinya, sobat sudah banyak tau, atau paling tidak pernah mendengar tentang Suku Tengger, atau tentang Gunung Bromo. Kan termasuk salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia..

Nah, sekarang ini aku mau berbagi dan diskusi dengan kalian sobat, bukan soal Gunung Bromo-nya, tapi tentang bersahabat dengan Suku Tengger. Yah nanti lah ya aku juga akan berbagi tentang bertualang ke Gunung Bromo πŸ˜€

Tentang bersahabat dengan Suku Tengger..

Semua berawal ketika aku mulai sering naik ke wilayah Gunung Bromo, tepatnya Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Awalnya aku dan beberapa temanku dari Pasuruan, juga dari beberapa kota lain seperti Surabaya dan Lumajang, niatnya memang naik ke atas, berkunjung, dan mencari sahabat, bersahabat πŸ™‚

Pertama kali kita datang kesana, kita sangat kaget, tercengang! πŸ˜€

Lho, kenapa hanz?

Iya, kita datangnya siang hari, dan suasana hening, sunyi, sepi! Gak ada orang!

Wihh, bukannya daerah wisata ya? Kita berada di Desa Ngadas, masih sekitar 5 km lagi untuk ke Gunung Bromo. Kita memang sempat berhenti di Desa Ngadas, mencari sahabat di sana..

Dan dimana orang-orang Suku Tengger saat siang hari? Di ladang! Berladang! Makanya desanya terlihat sunyi sepi. Tapi, benar-benar terasa damai, kawan! πŸ™‚

Jadinya kita sempat mampir di warung sederhana pinggir ladang, karena pemilik warung itu juga berladang, tapi ladangnya ada di sebelah warung sederhana itu. Simple banget, kita ya berinteraksi di warung, ya di ladang! πŸ˜€

Dari masyarakat Suku Tengger sendiri, kita mendapatkan informasi, realita, dan kehidupan dari Suku Tengger.

Berikut ini yang kita pelajari..

Pertama. Suku Tengger, identik dengan sarung! Sarung sudah menjadi ciri khas, bahkan sudah jadi adatnya Suku Tengger. Meskipun banyak model-model pakaian terkini, Suku Tengger tetap setia menggunakan sarung. Setiap hari mereka menggunakannya, bahkan saat berladang.

Jadi, jangan mencela budaya mereka ya kawan, kita harus tetap menghormati budaya lokal πŸ™‚

Ada benarnya juga lho kalau pakai sarung! Aku pernah mencobanya.. Di malam yang dingin *ciee kayak lagu πŸ˜€ Aku pernah sangat kedinginan meskipun sudah pakai jaket. Nah aku iseng kulepas jaketku dan kucoba pakai sarung! Wah beneran anget (hangat) sob! πŸ˜€

Kedua. Budaya Suku Tengger juga identik dengan ritual, baik ritual yang bersifat spiritual dari agama, maupun ritual adat. Karena mayoritas Suku Tengger beragama Hindu, jadi budaya ritualnya mencerminkan budaya Hindu. Dan ritual adatnya seperti Upacara Kasodo di Gunung Bromo yang sangat terkenal itu.

Sekali lagi, kita harus tetap menghormati kearifan lokal, kawan! πŸ™‚

Ketiga. Bersahabat dengan Suku Tengger sangat unik. Kalian akan merasakannya saat berinteraksi langsung, bersahabat dengan Suku Tengger kawan. Keunikan itu terlihat saat interaksi sepulang dari ladang. Bagi orang baru yang sudah akrab dan dianggap seperti saudara, mereka tak akan menjamu tamunya di ruang tamu!

Lantas dimana dong? Di dapur!

Wah mantap! πŸ˜€ suasana yang akrab, saling bercengkrama dan bersenda gurau, ditemani wedang kopi yang panas, dan hangatnya suasana dari bara api di dalam tungku ataupun kompor tradisional yang berbahan bakar kayu.. itu sebabnya kenapa di dapur! Sempurna.. πŸ˜€

Itu kawan pengalamanku bersahabat dengan Suku Tengger..

Kalian ada pengalaman lainnya tentang kehidupan Suku Tengger, sobat?

Ayo kita saling berbagi pengalaman! πŸ˜‰

“Bersahabat dengan Suku Tengger, terasa damai, akrab, dan sederhana” hanz

12 Feb

Bertualang dengan Sepeda Motor!

bertualang dengan sepeda motor

bertualang dengan sepeda motorHi sobat petualang! Pasti kita yang berjiwa petualangan akan menyukai bertualang dengan sepeda motor. Karena dengan bermotor, kita merasakan angin segar petualangan.. kalau di mobil kan AC segar πŸ˜€ kecuali kalau mobil petualangan, mantap juga tuh!

Nah.. ayo sob kita bertualang dengan sepeda motor!

Ada beberapa hal asik, kenapa kita harus bertualang dengan sepeda motor.

Hemat..

Jelas, kan kawan.. apalagi sekarang ini teknologi sepeda motor sudah sangat memungkinkan untuk hemat bahan bakar. Apalagi dipakai berdua, nah lo.. udah hemat, dibagi berdua. Cocok banget kan buat petualang yang berprinsip hemat, alias lagi bokek, hehehe.. *termasuk aku kadang-kadang #eehh..

Bebas..

Seperti yang aku bilang tadi, saat bertualang dengan sepeda motor, kita bakal merasakan segarnya petualangan. Perasaan seperti itu yang selalu kurasakan kawan, dan pasti petualang bermotor juga merasakan itu. Saat itulah kita benar-benar merasakan angin kebebasan. Hanya satu hal yang bisa kita lakukan.. tersenyum menikmatinya πŸ™‚ πŸ™‚

Rasakan sensasi bermanuver..

Yes! Bertualang dengan sepeda motor bakal membuat adrenalin kita meningkat, apalagi saat bermanuver menghadapi lika-liku jalanan, melewati berbagai kendaraan.. Tapi ingat kawan, hati-hati jadi harga mati! Tetap bertualang, dan tetap titi dj, hati-hati di jalan πŸ˜€

Siap hadapi tantangan..

Tantangan apa saja yang kita hadapi saat bertualang dengan sepeda motor? Macet, membuat kita meliuk-liuk bermanuver, hehe.. Hujan, membuat kita belajar bersabar saat kehujanan dan kedinginan πŸ˜‰ Panas dan debu, nah itu baru petualangan! πŸ˜‰

Semangat persahabatan..

Seperti semua hobi lainnya, bermotor juga mendekatkan kita pada orang-orang yang sehobi, so terbentuklah komunitas, dari berbagai jenis motor, dari moge, modul-motor jadul, sampai mocil-motor kecil, hehe *ngarang! Tapi, meskipun bermotor sendirian, kita juga bisa merasakan persahabatan! Coba rasakan betapa nikmatnya istirahat di warung pinggir jalan, ngopi dan bercengkrama dengan sahabat-sahabat baru..

Istirahat kapanpun dimanapun..

So, kawan.. meskipun kita sudah berpengalaman, sudah jago bermotor.. Tapi ada satu hal yang paling penting diantara beberapa hal di atas, tetap waspada! Nah, tetap waspada ini butuh konsentrasi, fokus kita selama perjalanan. So, nggak bisa dikompromikan, saat lemes, ngantuk, bosan, saatnya istirahat! Ini asiknya bertualang dengan sepeda motor, kapanpun dan dimanapun, dibuat asik aja πŸ˜‰

Gimana sobat petualang bermotor?

Siap berangkat? πŸ˜€

Berangkaaaatttt!!!!

“Ekspresikan petualangan dengan sepeda motor!” hanz

11 Feb

Berantem dengan Sahabat, Mesti Ngapain?

Pernah berantem dengan sahabat, kan kawan? Pasti lah ya.. apalagi buat kita yang punya sahabat dekat, kayaknya bisa jadi bumbu penyedap.. karna tanpa berantem, persahabatan jadi tak sedap, hehe..

Berantem dengan sahabat kita memang jadi salah satu pelajaran yang unik dan asik dalam persahabatan. Dengan begitu, kita bisa saling banyak belajar dan semakin mengerti satu sama lain, toh.. πŸ™‚

Ya memang ada berbagai faktor yang membuat kita berantem dengan sahabat kita.. Mulai dari yang berat, misalnya masalah ketakjujuran, penipuan *lho sahabat apa kriminal, hehe.. sampai masalah yang ringan-ringan, kayak jengkel dengan karakter satu sama lain, atau masalah cinta?hehe.. itu bisa jadi ringan bisa jadi berat πŸ˜€

So.. kalau udah berantem dengan sahabat kita, trus apa yang mau kita lakuin?

Okey kawan.. aku mau berbagi beberapa pandangan dan pengalaman ya..

Pertama..

Kalau memang suasananya sedang memanas, coba menghindar dulu. Menghindar kan bukan selalu berarti lari dari masalah. Tapi menghindar untuk tak semakin memperkeruh keadaan. Suasana yang panas perlu waktu untuk didinginkan..

Nah itu kita lakukan saat penjelasan pada sahabat kita tidak cukup. Biasanya dalam kondisi panas, siapapun tak akan mau mendengar penjelasan.. Biarkan kita saling tenang dulu, dengan begitu semoga bisa berpikir lebih jernih πŸ™‚

Jeda waktu untuk menenangkan diri juga sesuai situasi dan kondisi pastinya.. kalau situasi permasalahannya rumit, akan perlu waktu yang lebih. Nah kalau masalah sepele sih, mungkin ntar satu jam lagi ya udah saling becanda πŸ˜€

Kita juga perlu tau soal jeda waktu untuk mendinginkan soasana, sob.. So, kita akan belajar hal itu, dan semakin mengerti gimana kondisi yang bener-bener pas, kan..

Nah, setelah kita rasa waktunya cukup untuk pendinginan..

Kedua..

Datangi dia, minta maaf..

Jangan langsung mengungkit masalahnya dulu kawan. Nanti malah membuat suasana panas lagi, hehe..

Minta maaf, itu lebih efektif untuk semakin mendinginkan suasana. Dan nantinya ngobrol kita juga jadi lebih enak, karena musuh pertama, yaitu ego, sudah kita kalahkan. Ya, kan.. minta maaf itu mengalahkan ego πŸ˜‰

Toh, meskipun kita tau kita nggak salah, tapi apa salahnya sih kita minta maaf πŸ™‚ demi persahabatan.. Ya meski kita tak salah, tapi salah juga kalau membuat sahabat kita marah pada kita. Ya kan.. ya kan πŸ˜€

Biasanya, setelah kita minta maaf, sahabat kita akan jauh lebih tenang dan dia juga akan minta maaf..

Nah baru deh, ketiga..

Kalian bisa ngomong baik-baik.. kalau kita ngomong secara baik-baik, semoga solusinya bisa jadi lebih baik πŸ˜‰

Keempat,

Kalian akan mulai becandaan lagi.. mulai kompak dan biasanya.. menertawakan masalah yang buat kalian berantem πŸ˜€

Itu ya pengalamanku sih, kawan.. hehehe..

So, gimana? Ayo dicoba pas kalian lagi berantem dengan sahabat, guys..

Good luck ya..

“Saat berantem dengan sahabat, dinginkan suasana, tunggu waktu yang tepat, lalu datangi dan minta maaf, dan kita akan menertawakan masalah kita” hanz

10 Feb

Mencari Kedamaian…

Langit yang biru damai

Langit yang biru damai

Hi kawan! Yang sedang mencari kedamaian!

Para petualang kehidupan!

Para pengagum keindahan seni kehidupan!

Dan para manusia yang menikmati hidup! πŸ˜€

Apakah harimu damai hari ini kawan? πŸ™‚ Atau masih mencari kedamaian itu?

Hari ini aku merasa sedang terus berusaha mencari kedamaian, oleh karena itu aku mau berbagi pikiran dengan kalian πŸ™‚

Di mana kita dapatkan atau mencari kedamaian?

Banyak orang banyak versi banyak pilihan.

Ada orang merasa damai saat kebutuhan utama hidup terpenuhi. Kebutuhan utama seperti sandang, pangan, papan. Tak perlu mewah, asalkan sehari-hari bisa cukup saja sudah merasa damai. Hidup damai yang sederhana.

Ada juga, setelah kebutuhan utama terpenuhi, terus berusaha mencari kedamaian dengan mencari lebih dan lebih lagi kebutuhan hidup, dan bahkan juga melebihi kebutuhan, yang akhirnya menjadi keinginan. Keinginan yang terpenuhi itu yang bagi mereka adalah kedamaian.

Tapi, ada juga beberapa kalangan yang kurang beruntung, hidup penuh keterbatasan, bahkan kekurangan.. bisa merasa damai. Meskipun jelas, dengan kondisi hidup seperti itu, manusia mana yang tak mengeluh. Mungkin saja perasaan damai itu karena perasaan pasrah. Itu realitanya.

Kalau bagi pecinta seni kehidupan, kondisi apapun yang dia hadapi, saat dimana kondisi itu tak menghalanginya dari hasratnya untuk terus berkarya, dia akan selalu merasa damai. Karena hidupnya mencari kedamaian dengan selalu berkarya.

Nah, bagi petualang, sama seperti pecinta seni kehidupan. Akan selalu mencari kedamaian dengan selalu bertualang, kemanapun jadi petualangan. Kondisi sedang bagus atau buruk pun, mereka para petualang akan tetap mencari kedamaian dengan bertualang.

Dari sini kita melihat, siapapun orang akan merasakan kedamaian saat benar-benar hidup sesuai kehendaknya.

Ya, memang banyak kehendak. Itu lah manusia, kawan πŸ™‚

Bahkan, kalau tak bisa mencapai kehendaknya, manusia akan menerima kondisi yang dialaminya. Entah pasrah entah bersyukur, tergantung yang menjalaninya. Dari situ pun juga bisa merasakan kedamaian.

Kalau aku, kawan..

Aku juga sedang terus belajar mencari kedamaian, sesuai kehendakku sendiri, karena ini hidupku. Dan aku tak mau diperbudak kehendak. Saat kehendak hanya akan menyiksaku, aku akan bersyukur dengan kondisi yang ada. Itu akan membuatku damai.

Kalau kalian, gimana kawan? πŸ™‚

“Mencari kedamaian, adalah saat kita berusaha mencapai kehendak sesuai hidup kita. Saat kehendak tak mampu diraih, bersyukur dengan kondisi yang ada juga akan merasa damai.” hanz

09 Feb

Belajar Banyak Hal, Itu Baru Petualangan!

realisasikan ide

Sobat!!!

Sebagai petualang pastinya akan menghadapi banyak hal, situasi dan kondisi..

Benar begitu? πŸ˜‰

So.. jiwa petualangan kita sedang diuji ketangguhannya untuk belajar banyak hal, hal-hal baru.. mencoba hal-hal baru πŸ™‚

Dan yang pasti hal-hal baru yang bermanfaat dong πŸ™‚ baik untuk diri sendiri maupun bermanfaat untuk bersama. Belajar banyak hal, misalnya untuk meningkatkan kemampuan/skill kita, juga pengetahuan dan pengalaman kita.

Belajar banyak hal? Kok kayaknya berat ya hanz? Lha belajar satu hal aja susah kok! πŸ˜€

Iya guys.. balik lagi, semua tergantung pola pikir πŸ˜‰

Kalau kita enjoy, menikmati pembelajarannya, oke-oke aja kan.. kita nggak bakal terbebani, malah kemampuan kita meningkat. Sip toh?

Ada anggapan, kalau nggak fokus di suatu hal, hasilnya pasti nggak maksimal hanz!

Benar, aku setuju itu! Karena aku juga sedang melakukan, fokus di satu titik!

Tapi, alangkah lebih baik kalau kita bisa mengembangkan kapasitas lainnya dengan belajar banyak hal, apalagi sebagai orang yang berjiwa petualangan!

Kan petualangan nggak cuman jadi orang yang mondar-mandir kesana-kemari, tapi pengalaman hidup yang bermacam-macam pembelajaran, menjadikan kita pribadi yang kaya petualangan!

Nah, dari situ maknanya kita akan belajar banyak hal, kawan..

Aku sendiri masih terus belajar untuk belajar banyak hal πŸ™‚

Okey, aku akan share beberapa hal yang sedang aku pelajari..

Misalnya..

IMG_20150201_094222Aku sedang enjoy belajar memasak. Yaa.. meskipun masih jarang-jarang sih, hehe.. tapi aku enjoy dan mulai bisa mengerti yang katanya dunia wanita itu. Tapi sekarang ini banyak Chef cowok, kan.. keren malah!

IMG_20150201_093859Dan juga sedang enjoy belajar tentang pertanian dan perkebunan. Yah meskipun belum tentu jadi tuan tanah nantinya, hehe.. tapi pengetahuan dan skill itu kurasa sangat penting sebagai petualang yang melanglang kehidupan!

IMG_20150128_113642Belajar menggambar! I love art! Sungguh terpesona aku oleh karya kreatif tangan-tangan penuh kreativitas. Aku sedang belajar untuk mengasah daya imaginasiku biar bisa mengalir hingga ujung pensil dan menghasilkan goresan indah dan penuh makna..

IMG_20150201_094803Dan juga.. belajar bermusyawarah! Kita sebagai manusia yang hidup bermasyarakat, pasti akan saling bekerja sama dan membutuhkan. Kita sebagai manusia yang satu, yang hidup di dalam masyarakat yang satu, harus terus dan terus belajar membangun visi itu, untuk kesejahteraan bersama.

“Hadapilah segala hal dengan bermusyawarah..” itu yang kupelajari kawan πŸ™‚

Nah! Kalau dilakukan dengan senang hati, rasanya belajar banyak hal itu menyenangkan ya kawan..

Ayo kita sama-sama belajar kawan.. aku juga masih terus belajar πŸ™‚

“Belajar banyak hal, hal-hal baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas kita.. apalagi sebagai petualang sejati! Semangat belajar!” hanz