10 Feb

Mencari Kedamaian…

Langit yang biru damai

Langit yang biru damai

Hi kawan! Yang sedang mencari kedamaian!

Para petualang kehidupan!

Para pengagum keindahan seni kehidupan!

Dan para manusia yang menikmati hidup! πŸ˜€

Apakah harimu damai hari ini kawan? πŸ™‚ Atau masih mencari kedamaian itu?

Hari ini aku merasa sedang terus berusaha mencari kedamaian, oleh karena itu aku mau berbagi pikiran dengan kalian πŸ™‚

Di mana kita dapatkan atau mencari kedamaian?

Banyak orang banyak versi banyak pilihan.

Ada orang merasa damai saat kebutuhan utama hidup terpenuhi. Kebutuhan utama seperti sandang, pangan, papan. Tak perlu mewah, asalkan sehari-hari bisa cukup saja sudah merasa damai. Hidup damai yang sederhana.

Ada juga, setelah kebutuhan utama terpenuhi, terus berusaha mencari kedamaian dengan mencari lebih dan lebih lagi kebutuhan hidup, dan bahkan juga melebihi kebutuhan, yang akhirnya menjadi keinginan. Keinginan yang terpenuhi itu yang bagi mereka adalah kedamaian.

Tapi, ada juga beberapa kalangan yang kurang beruntung, hidup penuh keterbatasan, bahkan kekurangan.. bisa merasa damai. Meskipun jelas, dengan kondisi hidup seperti itu, manusia mana yang tak mengeluh. Mungkin saja perasaan damai itu karena perasaan pasrah. Itu realitanya.

Kalau bagi pecinta seni kehidupan, kondisi apapun yang dia hadapi, saat dimana kondisi itu tak menghalanginya dari hasratnya untuk terus berkarya, dia akan selalu merasa damai. Karena hidupnya mencari kedamaian dengan selalu berkarya.

Nah, bagi petualang, sama seperti pecinta seni kehidupan. Akan selalu mencari kedamaian dengan selalu bertualang, kemanapun jadi petualangan. Kondisi sedang bagus atau buruk pun, mereka para petualang akan tetap mencari kedamaian dengan bertualang.

Dari sini kita melihat, siapapun orang akan merasakan kedamaian saat benar-benar hidup sesuai kehendaknya.

Ya, memang banyak kehendak. Itu lah manusia, kawan πŸ™‚

Bahkan, kalau tak bisa mencapai kehendaknya, manusia akan menerima kondisi yang dialaminya. Entah pasrah entah bersyukur, tergantung yang menjalaninya. Dari situ pun juga bisa merasakan kedamaian.

Kalau aku, kawan..

Aku juga sedang terus belajar mencari kedamaian, sesuai kehendakku sendiri, karena ini hidupku. Dan aku tak mau diperbudak kehendak. Saat kehendak hanya akan menyiksaku, aku akan bersyukur dengan kondisi yang ada. Itu akan membuatku damai.

Kalau kalian, gimana kawan? πŸ™‚

“Mencari kedamaian, adalah saat kita berusaha mencapai kehendak sesuai hidup kita. Saat kehendak tak mampu diraih, bersyukur dengan kondisi yang ada juga akan merasa damai.” hanz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *