28 Jan

Anggota Masyarakat: Remaja

Para remaja berdiskusi tentang perannya di masyarakat

Para remaja berdiskusi tentang perannya di masyarakat

Guys..

Setelah anak-anak, ayo kita diskusi tentang ‘remaja’ yang juga salah satu anggota masyarakat 🙂

Remaja..

Menurut kalian remaja itu siapa? gimana? hehehe..

Wah pertanyaan itu perlu kita diskusikan, karena memang akan jadi diskusi yang menarik 🙂

Secara umum, masyarakat menganggap remaja itu ya anak-anak muda itu, kalau bahasa jaman sekarang, ABG Anak Baru Gede, hehe..

Secara usia, remaja berumur sekitar 11 – 15 tahun. Masa itu memang masa peralihan dari anak-anak menjadi seorang pemuda. Selama masa itu remaja mengalami banyak perubahan, mulai dari fisik yang tumbuh lebih besar, pemikiran yang lebih kritis, dan kepekaan rohani seperti sifat-sifat baik, kejujuran maupun rasa keadilan..

Tapi, masyarakat memandang remaja itu pembangkang, pemberontak, susah diatur, sukanya kebebasan.. Ya itu memang realita di masyarakat..

Kalau kita amati, sifat dan sikap remaja yang seperti itu bisa terjadi karena memang kondisi mereka yang sudah berubah, tapi tindakan kita terhadap mereka belum berubah. Kita masih menganggap mereka seperti anak kecil yang gak bisa apa-apa, padahal potensi mereka luar biasa.

Secara fisik, mereka tumbuh seperti orang dewasa, itu salah satu hal dimana mereka tidak mau dianggap masih anak-anak. Remaja menganggap dirinya sudah seperti orang dewasa, tapi secara tanggung jawab mereka belum bisa melakukannya.

Pemikiran mereka yang kritis menjadi sebab kenapa mereka selalu mencoba hal-hal baru baik untuk dirinya sendiri maupun di dalam lingkungan sosialnya. Rasa ingin tau yang salah arah menjadikan mereka melakukan hal-hal negatif.

Kepekaan rohani semakin nampak dimana mereka menjadi peka terhadap rasa keadilan, kejujuran, dan sifat-sifat baik lainnya. Secara rohani, mereka mulai tumbuh saat belajar mengenali mana yang benar dan mana yang salah. Itu kenapa manusia adalah makhluk rohani..

Yang kupelajari, ketiga hal itu yang sangat mempengaruhi perkembangan remaja menjadi seorang pemuda di dalam masyarakat. Kita bisa lihat potensi mereka yang luar biasa, baik dari energi, pemikiran, dan kerohanian.

Saat potensi itu tidak diberdayakan, bahkan disalahgunakan.. ya jadinya seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak remaja yang melakukan hal-hal negatif sebagai bentuk pemberontakan mereka, keingintahuan mereka yang salah arah, dan kejujuran atau sifat rohani lainnya yang tidak terasah..

So guys.. kita semua lagi belajar menjadi teman bagi remaja, mendampingi mereka, belajar dan bertindak bersama dengan mereka, supaya sama-sama bisa menggali permata-permata potensi para remaja yang sangat berguna untuk remaja itu sendiri maupun untuk semua orang 🙂

Kita yakin, remaja itu berperan penting dalam berkontribusi untuk kebaikan masyarakat dan bersama.. Karena di tangan mereka lah, harapan masyarakat masa depan yang lebih baik..

Yah berbagi sedikit dari yang kupelajari selama masa pengabdian, kawan.. Ayo kita lanjutkan diskusi! Ada tanggapan? 🙂

“Remaja bisa! untuk harapan masa depan bersama..” hanz

One thought on “Anggota Masyarakat: Remaja

  1. Pingback: Anggota Masyarakat: Muda-Mudi | lukmanhanz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *