27 Jan

Anggota Masyarakat: Anak-Anak

Anak-Anak

Okey sobat..

Melanjutkan posting tentang ‘Anggota-Anggota Masyarakat‘..

Sekarang kita diskusi tentang ‘anak-anak’ sebagai salah satu anggota masyarakat..

Anak-anak, secara fisik atau jasmani itu adalah anggota masyarakat yang paling muda, paling junior.. Anggaplah umurnya sekitar dari mulai bayi sampai sepuluh tahunan. hehehe..

Dengan umur segitu, secara fisik memang anak-anak belum bisa berbuat banyak seperti bekerja, menyelesaikan masalah-masalah, atau hal besar lainnya yang sulit untuk mereka. Sekali lagi, ini pandangan secara fisik lho.. 🙂

Tapi secara potensi, anak-anak itu seperti benih masa depan, tambang permata yang di dalamnya tersimpan permata-permata kehidupan.. Anak-anak bukan seperti anggapan ‘gelas kosong’ yang bisa diisi wawasan, ilmu dan pengetahuan oleh orang dewasa..

Jadinya anak-anak bukannya diisi seperti mengisi gelas yang kosong itu, tapi digali tambang dan potensinya untuk mengeluarkan permata-permata mereka.. Kalau diisi, sepertinya anak-anak itu gak punya potensi apa-apa kecuali apa yang diberikan atau diisi orang yang mendidiknya..

Jelas beda dengan memperlakukan anak-anak itu sebagai tambang yang kaya permata.. Pendidik bagi anak-anak itu yakin di dalam setiap anak ada potensi luar biasa untuk kehidupan mereka, sehingga akan mendidik anak-anak dengan cinta dan kasih sayang..

So, kira-kira potensi atau tambang permata anak-anak itu apa ya? Gambaran permata itu kan indah dan bernilai, jadinya anak-anak itu adalah benih masa depan yang indah dan bernilai.. Indah sebagai pribadinya di masa depan, dan bernilai bagi orang-orang lain atau kebaikan bersama semua orang..

“Karena nilai manusia terletak pada pengabdiannya untuk orang lain, bukannya keberhasilan untuk dirinya sendiri..”

Luar biasa ya kawan.. 🙂

Ayo kita sama-sama belajar menggali tambang permata anak-anak di sekitar kita, di masyarakat kita.. untuk generasi masa depan yang indah pribadinya dan bernilai pengabdiannya pada sesama..

Gimana guys.. Siap? 😀

“Anak-anak, tambang permata manusia.. permata indah dan nilainya manusia..” hanz

One thought on “Anggota Masyarakat: Anak-Anak

  1. Pingback: Anggota Masyarakat: Remaja | lukmanhanz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *