25 Dec

Menjelajah Bumi Jawa dengan Kereta Api

Sobat-sobatku yang luar biasa! gimana kabarnya sob?

Semoga semua baik dan sehat ya, amiiin! 🙂

Sob, aku mau cerita nih, soal petualangan pastinya! 😉

Tentang kereta api!

IMG_20150127_160807

 

Iya, kawan.. aku memang sudah mengenal dan naik kereta api sejak kecil. Bapakku, yang dulunya suka jalan-jalan juga -sekarang di rumah aja, hehe.. sering mengajak aku naik kereta api, yah rute-rute pendek aja kok.

Dari situ, aku suka banget naik kereta api 🙂 menikmati perjalanannya, alam Indonesia, perkotaan Indonesia, keramahan orang Indonesia, sampai kriminalitas Indonesia, hehehe.. Lebih pasnya Jawa ya, karena selama ini aku naik kereta masih di pulau Jawa.. 😀

Pastinya, ada banyak pengalaman menarik selama penjelajahan itu sob, aku ceritain beberapa nih 🙂

Pernah dulu itu, aku naik kereta api dari Surabaya ke Tulung Agung, sepanjang perjalanan berdiri, hehehe.. Lumayan lama juga berdirinya, sekitar 5 jam lah waktu itu.. Ya gak dapat tempat duduk, karena memang pas liburan dan kereta api lagi penuh-penuhnya..

Untung-untungan masih bisa masuk, lha malah ada yang pas berdiri di pintu masuk kereta, wiihh ekstrim! Yang lebih ekstrim, bahkan ada yang desak-desakan di dalam toilet, huakakakakak!! 😀 “Ayo bro, kita sedot bareng aroma terapinya..” 😀 😀 😀

Hmmm.. masa lalu 🙂 Iya, waktu sistem perkeretaapian masih kacau.. Tiket penumpang tanpa nomor tempat duduk, jadinya sebanyak mungkin dah penumpang itu masuk, meskipun gak dapat tempat duduk, saling berebut dah! Banyak yang sampai bertengkar.. Trus kebersihan kabin kereta dan toiletnya juga sangat jorok.. Sama perjalanannya juga mesti molor, lamaaaa banget kayaknya.. Itulah masa lalu, *cieehh 😉

Tapi sekarang, aku pribadi salut sama perubahan kereta api, BRAVO PT. KAI! 😀

Sistem penumpang sekarang lebih rapi, semua tiket ada nomor tempat duduknya jadi gak saling rebutan.. Pelayanan pelanggannya sekarang juga semakin baik, semakin ramah 🙂 Trus, kebersihannya juga aku salut! bahkan sekarang kereta ekonomi aja toiletnya wangi 😀 Nah, yang luar biasanya lagi, sekarang kereta api juga on time! Sering aku perjalanan Surabaya-Jakarta yang normalnya ya 12-an jam, berangkat jam 3 sore, sampai jam 3 pagi, kebangetan on time-nya bos! huahahaha.. Pokoknya sekarang aku salut! Lanjutkan kinerja positifnya PT. KAI 🙂

Cerita lainnya, tentang cerita kriminal sob, hehehe.. Gini, seperjalanan dengan temanku dari Surabaya ke Jakarta. Temanku yang duduk di sebelahku itu, dia menaruh barang-barangnya di tempat yang biasanya dipakai untuk minuman di kereta. Kayaknya ada cukup banyak barang, termasuk hp yang dia taruh di situ..

Dan, malamnya kita ketiduran.. trus waktu terbangun di tengah malam, temanku kebingungan nyari hp-nya yang hilang entah kemana. Dia sempat geledah barang-barangnya, dan nanya orang-orang di sebelah pada gak tau karena juga sama-sama tidur..

Yah, salah aku juga sih.. aku lupa mengingatkan dia untuk lebih hati-hati menaruh barangnya, lebih baik disimpan.. Soalnya dia gak pernah naik kereta, makanya gak tau tentang sadisnya di dalam kereta, hehe.. walaupun waktu itu kita naik kereta kelas bisnis lho, yang paling tidak lebih aman lah.. Tapi kan kita juga gak tau karena banyaknya orang lalu lalang. Sorry ya teman 🙂 Dan buat kita semua, lebih waspada ya guys…

Nah ini cerita pengalaman naik kereta api yang seru, mendebarkan, sama ada kocaknya juga, hahahaha! 😀

Dulu, waktu dari Bogor kita mau pulang ke Surabaya naik kereta api kelas bisnis di Bandung. Saat itu pas liburan tahun baru, jadi tau sendiri kan sob gimana macetnya Bogor! Hmmm, kita berangkat dari Bogor jam 11 siang, kalau normalnya sih 3 atau 4 jam sampe Bandung. Sedangkan kereta kita jadwalnya jam 5 sore berangkat.

Jalanan yang macet total, membuat perjalanan kita jadi tegang mengejar waktu, mobil kita sampai lewat jalan-jalan kecil atau tembusan biar lebih cepat, eh malah lebih lama juga.. Dan akhirnya, kita telat! Jam 6 kita baru sampai Bandung.. Untungnya, tiket gak hangus, ada teman di Bandung yang bantu mengurus uang tiketnya, jadi bisa kembali setengahnya.

Ketegangan gak sampai situ aja.. Kita terus berlarian segera naik kereta ekonomi, yang waktu itu juga mau berangkat sekitar jam 6 lebih.. Kita dapat tiket yang lebih mahal sih, 2x tiket normal, ya karena memang mau berangkat dan belinya dari calo.. Yang penting dapat deh! Untungnya temanku pintar, uangnya gak segera dikasih ke calo itu, walaupun calo itu janji kita dapat tempat duduk, tapi kita seolah minta tolong calo itu mengantar sampai tempat duduk kita. Naaahhh, calonya kepergok bohong! tempat duduk itu ternyata udah ditempati orang lain, kita semua langsung turun.. Untung aja, hampir ketipu calo! 😀 Sekali lagi, mesti hati-hati sama calo, kawan!

Kita yang masih gak jelas di Bandung, akhirnya memutuskan pulang besok pagi naik kereta eksekutif, *wuiihh, mahal bro! 😀 Ya karena teman-teman harus segera balik buat ikut ujian di sekolah katanya.. Jadi, dengan terpaksa.. kita akhirnya untuk pertama kalinya 😀 naik kereta yang paling mahal di saat kantong lagi bokek, jadinya saling utang-utangan deh, hehehe..

Okey, ketegangan udah kelar sob, kita akhirnya pulang dengan tenang dan nyaman, karena naik eksekutif, huehehehe..

Daaannn, di sini mulai kejadian kocaknya.. Kan waktu itu masih berlaku kalau kereta eksekutif itu dapat makan, jadinya aku udah siap aja dapet makan gratisan, hehe.. Tapi temanku juga bilang kalau cuman sekali dapat gratisannya, jadi mesti hati-hati, mana yang gratis mana yang bayar, hehehe..

Nah, pramusajinya itu juga pinter kayaknya menyembunyikan mana yang gratis mana yang bayar. Waktu sarapan, dia menawarkan ‘Sarapan mas?’ tanpa ngomong ini bayar apa gak, lah aku ya malu toh nanya, hahaha.. Aku mikir, mungkin siang lah makan gratisnya.. Jadi aku tolak deh..

Waahh, waktunya makan siang nih! Pramusaji datang, ‘makan siang mas?’ Ya langsung aku ambil, dan makan lahap. Tapi porsinya dikit banget bagiku yang lagi kelaparan, hahaha.. Sehabis makan, lha kok pramusaji datang bawa nota, ‘ini mas totalnya 40 ribu!’ Waduuuhhh, buseeettt, kaget banget aku..

‘Lho katanya dapat makan gratis mbak?’ aku nanya dengan polosnya 😀

‘Yang gratis pas sarapan tadi mas..’ jawab mbak pramusaji itu yang membuatku langsung lesu..

‘Yaudah deh, aku ambil lagi yang makanan pagi tadi..’ ngenes banget! Huakakakak.. Biarin deh, namanya kelaparan 😛

‘Udah habis mas, tinggal ada jeruk aja yang gratis, mau?’ *duar-daarr-daar* langsung mengkerut wajahku.. perut kerucuk-kerucuk mau disiram jeruk? hikss.. hiksss..

Apes.. apeeessss, hahahahaha! Itu kejadian kocak kereta eksekutif yang gak bakal aku lupain sobat 😀 😀 😀 Untungnya beberapa jam kemudian aku turun bentar di stasiun saat kereta berhenti di Madiun.. Lumayan laahh ganjel perut makan pecel Madiun 😀

Okey guys.. panjang bener ya ceritanya, hehehe.. Ya itu sekilas cerita-ceritaku bertualang naik kereta api! 🙂 Ayo kawan ceritakan kisah-kisah seru, menegangkan, atau konyol waktu kalian naik kereta api! 😀

“Seru, menegangkan, dan kocak! 😀 itu ceritaku bertualang dengan kereta api.. :)” hanz

2 thoughts on “Menjelajah Bumi Jawa dengan Kereta Api

  1. Wah menarik dan seru juga pengalaman naek kereta wktu jaman berdarah2 pt.kai dulu wkwkw, oh ya btw masnya railfans kah ?

    • facebook-profile-picture

      Hehehe iya mas gilang, seru-serunya tuh masa itu 😀
      Tak kan terlupakan 😀
      Iya bener bgt! Aku cinta kereta api, mas!
      Kalo pengalaman mas gilang gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *